Meraba Peluang Usaha Kerajinan Anyaman Bambu

Usaha kerajinan anyaman bambu memiliki prospek yang luar biasa karena Indonesia adalah salah satu negara produsen bambu terbesar.

Dari banyaknya bambu yang ditanam masyarakat ternyata pemanfaatan bambu masih sangat terbatas pada kebutuhan short-term dan rata-rata bambu mentah dijual dengan harga yang sangat murah.

Padahal kalau kita mau mengolah bambu tersebut menjadi produk setengah jadi, produk jadi atau produk pengganti kayu, harga bambu jadi bisa tinggi.

Bahkan olahan bambu yang dijadikan sebagai bahan pengganti kayu, harganya bisa lebih mahal dari kayu, karena bambu memiliki tingkat keawetan yang luar biasa ketika diolah. Dan salah satu contoh produk jadi dari olahan bambu yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi adalah kerajinan anyaman bambu.

Berikut adalah beberapa contoh produk hasil dari usaha kerajinan anyaman bambu yang umum ditemui:

  • Wadah parcel
  • Souvenir
  • Alat memasak seperti kukusan, kukusan, tompo, irig, dsb
  • Piring bambu / piring nasi pecel
  • Kipas anyaman bambu
  • Tampah
  • Saringan peras kelapa dari bambu

Nah ternyata ada banyak produk yang bisa dihasilkan dari anyaman bambu.

Peluang Usaha Kerajinan Anyaman Bambu

Cara Memulai Usaha Kerajinan Anyaman Bambu

Kunci dari usaha ini adalah ketrampilan menganyam itu sendiri. Semakin bagus hasil anyaman dan semakin rumit anyaman yang dihasilkan makan akan semakin banyak orang yang membutuhkan.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda tempuh:

Belajar Menganyam: Ikut Kursus atau Belajar Langsung Kepada Pengrajin

Masing-masing metode punya kelebihan dan kelemahannya. Kelebihan dari mengikuti kursus anyam bambu, anda bisa mempelajari berbagai jenis teknik anyam secara sistematis. Kemungkinan untuk bisa lebih cepat. Konsekuensinya adalah biaya kursus yang cukup mahal.


Alternatif yang lebih murah adalah dengan belajar langsung kepada pengrajin anyaman bambu. Metode ini memiliki beberapa kelemahan yaitu teknik anyam yang terbatas. Sulit mencari pengrajin yang benar-benar jago di semua teknik.

Syukur-syukur kalau ada program pelatihan gratis dari pemerintah. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan berharga tersebut.

Mencari Suplier Bambu

Mencari suplier bambu dengan harga murah. Harga bambu di pedagang sudah tinggi, oleh karena itu anda harus berani ‘blusukan’ ke desa-desa untuk mencari harga kulak paling murah.

Investasi Mesin Pembantu

Untuk produksi kerajinan anyaman bambu skala besar tidak mungkin dilakukan secara konvensional. Salah satu contoh mesin vital dalam usaha kerajinan anyaman bambu adalah mesin irat bambu. Tergantung kapasitas yang dibutuhkan, mesin ini ada yang kecil juga ada yang besar.

Membangun Jaringan Pemasaran

Bersamaan dengan kegiatan produksi yang harus anda lakukan adalah membangun jaringan pemasaran. Contoh target pasar paling potensial untuk produk kerajinan anyaman bambu adalah pasar tradisional (peralatan memasak), souvenir (toko kado dan souvenir), destinasi wisata, dan toko-toko retail yang menjual kerajinan bambu.

Baca Juga Artikel :

Peluang Kerjasama Usaha Kerajinan Anyaman Bambu

Ada harus tahu bahwa bisnis di bidang kerajinan olahan bambu ini sangat diminati oleh banyak pihak, salah satunya adalah pemerintah.

Pemerintah terus menggalakkan sosialisasi tentang betapa berharganya bambu. Oleh karena itu, pemerintah melalui dinas terkait sangat sering mengadakan pameran ataupun pelatihan tentang anyaman bambu.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini sebenarnya ada banyak peluang kerjasama yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya adalah terkait dengan permodalan dan juga pemasaran.

Anda bisa membentuk sebuah kelompok usaha atau bergabung dengan kelompok usaha yang sudah ada untuk mendukung berjalannya usaha. Tidak menutup kemungkinan jika kapasitas produksi sudah lebih dari cukup, produk-produk anyaman bambu bisa diorientasikan untuk memenuhi pasar yang ada di luar negeri.