Peluang Usaha Kerajinan Akrilik, Alternatif Bisnis Masa Kini

Sedang mencari inspirasi usaha yang beda dari yang lain ? Mungkin buka bisnis kerajinan akrilik bisa menjadi pilihan yang tepat. Bisnis ini cocok bagi anda yang suka dengan dunia seni, lebih tepatnya bisnis yang melibatkan kreatifitas dalam menjalankannya.

Popularitas akrilik sekarang ini hampir sama dengan kaca. Sehingga banyak pengrajin kaca (dan juga toko kaca) yang menambah menu akrilik sebagai dagangannya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan akrilik dibandingkan dengan kaca:

  • Akrilik memiliki tingkat transparansi tinggi seperti halnya kaca
  • Selain akrilik bening (transparan) juga tersedia akrilik warna-warni
  • Dilihat dari segi bobot, akrilik jauh lebih ringan dari pada kaca
  • Akrilik memiliki sifat lentur sehingga mudah dibentuk
  • Dilihat dari fleksibilitasnya akrilik jauh lebih unggul dan tidak mudah pecah seperti kaca
  • Akrilik sangat mudah dipotong menjadi berbagai jenis bentuk tidak seperti kaca
  • Tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan mirip seperti kaca

Melihat berbagai kelebihan akrilik di atas, sudah bisa dipastikan bahwa kebutuhan akrilik sangat tinggi. Dengan semua kemiripan sifatnya, akrilik dicari sebagai bahan pengganti kaca. Satu kelemahan dari akrilik yaitu soal harga. Harga kerajinan akrilik biasanya lebih mahal dari pada kerajinan dari kaca.

Peluang Usaha Kerajinan Akrilik

Berbagai Jenis Peluang Usaha Kerajinan Akrilik yang Bisa Anda Coba

Langsung saja berikut adalah beberapa ide produk-produk hasil dari kerajinan akrilik yang sudah umum beredar di pasaran serta kelebihannya:

Aquarium Minimalis Berbahan Akrilik

Satu kesan yang didapat dari aquarium berbahan akrilik, yaitu lebih rapi dan terkesan lebih elegan. Hal tersebut mungkin terjadi karena pembuat aquarium bisa dengan leluasa membuat desain aquarium dengan meminimalisir jumlah sambungan sehingga sisi-sisinya terlihat sangat rapi.

Harga aquarium berbahan akrilik cenderung lebih mahal dari aquarium berbahan kaca. Untuk membuat kerajinan aquarium dari akrilik caranya sangat mudah dan butuh peralatan yang tidak terlalu kompleks.


Dari Peralatan Rumah Tangga Hingga Perkakas Kantor

Akrilik juga sering dimodifikasi menjadi wadah atau organizer unik. Contohnya adalah holder brosur, wadah pensil, wadah papan nama, tempat sendok makan, hingga organizer kosmetik. Di kantor-kantor bahan ini juga sering dijumpai di atas meja karena sifatnya yang unik dan terkesan nyentrik.

Untuk membuat produk-produk kreatif seperti di atas terkadang butuh alat-alat spesifik tergantung dari kompleksitas desainnya. Contohnya adalah mesin laser pemotong akrilik.

Baca Juga Rotan Sintetis, Tawarkan Kelebihan Untuk Produk Kerajinan

Kanopi Akrilik

Jenis atap bening transparan yang biasa digunakan orang adalah seng plastik dan spandek transparan. Meskipun ada yang menggunakan atap kaca, tapi itu jarang sekali.

Nah, bahan lain yang bisa menjadi alternatif plastik dan kaca adalah akrilik. Selain unggul di tingkat transparansi akrilik juga lebih kuat dan lebih tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Oleh karena itu tak sedikit orang yang beralih untuk menggunakan akrilik sebagai atap bening transparan.

Bisnis kanopi akrilik cukup menjanjikan untuk dijalankan di kota-kota besar.

Neon Box

Satu lagi produk yang dibuat dari bahan akrilik adalah neon box. Akrilik dipilih sebagai bahan karena tingkat transparansi dan keawetannya.

Tulisan yang dibuat dengan akrilik terlihat menarik ketika siang hari dan tetap menyala ketika lampu dihidupkan pada malam hari. Oleh karena itu banyak instansi, fasilitas publik dan toko retail yang memilih bahan akrilik untuk neon box.

Produk Custom Berbahan Akrilik

Sebenarnya masih banyak produk yang bisa dibuat dengan bahan akrilik dan tidak menutup kemungkinan anda bisa membuka usaha ini dengan melayani pembuatan produk custom sesuai permintaan pelanggan.