Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng, Sederhana Tapi Menguntungkan

Keunikan dari kuliner nasi goreng salah satunya adalah meski masakan ini mudah dan sederhana untuk di buat, bahkan setiap orang pun dapat dengan mudah memasaknya di rumah, namun pembelinya tetap banyak. Seperti kita sering perhatikan para penjual nasi goreng di pinggir jalan yang bertebaran, terlebih di kota-kota hampir setiap sudut dapat kita temui usaha ini, dan rata-rata tidak sepi dari pembeli.

Padahal untuk dapat menikmati nasi goreng ini jika kita memasak sendiri di rumah hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk siap di santap, dan ditambah juga dengan bahan-bahan pembuatannya rata-rata mudah di dapat dan umumnya sudah tersedia di rumah-rumah.

Namun mengapa kuliner ini selalu saja banyak penggemarnya di pasaran ? salah satunya mungkin saja karena ingin menikmati citarasa nasi goreng yang lain dari buatan sendiri, dan mungkin juga karena harganya yang ringan dan rasanya yang menggugah slera.

Apapun alasannya, dengan melihat kecenderungan masyarakat kita ini, telah membuka peluang usaha yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Peminatnya yang banyak, di tambah cara pengolahannya yang mudah dapat menjadi alasan untuk kita jalankan bisnis kuliner ini. Tidak hanya itu, di balik pengolahannya yang mudah tersebut terdapat juga potensi keuntungan yang lumayan besar untuk kita dapatkan.

Baca juga usaha cireng bandung isi aneka rasa

peluang usaha nasi goreng

Advertisement

Menghitung Keuntungan Usaha Nasi Goreng

Agar lebih bersemangat, mari kita bersama analisa seberapa besar perkiraan keuntungan yang bisa di dapatkan dari menjual sepiring nasi goreng ini.

Pertama kita urut mulai dari bahan utamanya berupa beras yang selanjutnya akan di masak menjadi nasi putih lalu di goreng. Harga beras rata-rata sekarang ini berkisar 11 ribuan per kilogramnya untuk yang berkualitas menengah. Jika di kira-kirakan taruhlah 1 Kg beras ini jika dijadikan nasi goreng akan menjadi 7 porsi. Itu berarti perporsi membutuhkan modal nasi kurang lebih sebesar 1600 rupiah.

Selanjutnya bahan pelengkap nasi goreng ini umumnya adalah telur yang kita ambil rata-rata juga perbutirnya di hargai 1500 rupiah. Dari kedua bahan utama berupa nasi dan telur ini maka kita dapatkan hasil menjadi 3100 rupiah sebagai biaya modalnya.

Tentunya modal di atas belum termasuk biaya produksi ya, di tambah juga dengan bumbu-bumbu masak seperti garam, kecap, minyak goreng, dan lain sebagainya. Mari kita bulatkan saja untuk biaya tersebut menjadi 5000 rupiah sebagai modal sepiring nasi goreng siap jual.

Selanjutnya, berapa harga jual..? Saat ini di pasaran paling murah untuk harga sepiring nasi goreng jenis paling murah berkisar 10 ribuan atau bahkan ada yang mencapai 12 ribu rupiah untuk setiap porsinya. Artinya jika kita jual seharga 10 ribuan saja, keuntungannya berarti mencapai 100 % dari jumlah modal …

Berikutnya tentu anda bisa memperkirakan, jika seorang pedagang berhasil meraup omset 500 ribu rupiah dari berjualan nasi goreng, maka keuntungan bersihnya berkisar di angka 250 ribuan rupiah yang dapat di kantongi.

Lumayan menggiurkan bukan, dan jangan lupakan juga masakan ini termasuk berkategori mudah dan praktis untuk dibuat, tidak seperti kuliner lain yang setidaknya membutuhkan keahlian dalam membuatnya.

Baca juga artikel peluang usaha bakso menjanjikan untung besar