Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas Dengan Modal Terbatas

bisnis mobil bekasBisnis mobil bekas saat ini mulai banyak diminati orang. Ini disebabkan semakin meningkatnya permintaan pasar terhadap mobil bekas. Seakan menjadi tren, jual beli mobil bekas ternyata memang cukup menggiurkan dan sangat menjanjikan untung besar. Model bisnis ini digemari karena berbagai alasan. Mulai dari hanya sekedar hobi berbisnis, hingga kesenangan dalam mengoleksi mobil-mobil antik.

Bisnis jual beli mobil bekas saat ini pun menjadi solusi yang tepat bagi para konsumen. Ketika konsumen merasa tertarik untuk membeli suatu mobil tentu ada motivasi tersendiri. Baik itu hanya senang dengan mobil atau memang mobil yang akan dibeli tersebut terbilang antik. Peluang inilah yang mampu menghasilkan rupiah dengan mudah.

Nah, jika anda merupakan salah satu orang yang suka otomotif, terkhususnya mobil, maka peluang usaha ini sangat tepat untuk anda. Terlebih lagi, harga mobil bekas sangat terjangkau jika dibandingkan dengan mobil baru. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus anda pahami dengan benar sehingga usaha bisnis mobil bekas anda lebih menguntungkan.

 Memulai Bisnis Mobil Bekas dengan Pengetahuan

Untuk menekuni bisnis yang satu ini memang butuh pengetahuan khusus tentang mobil. Jika anda berniat menekuninya maka anda harus benar-benar belajar memahami segala aspek mengenai mobil. Mulai dari jenis mesin mobil, harga mobil, tipe mobil, nama mobil, beserta segala onderdilnya. Hal ini berguna ketika anda harus memilah-milah mobil mana yang masih layak jual dan tidak layak. Sebab, ketika anda tidak memahaminya maka bisa jadi justru akan merugi.

Untuk mengatasi kesalahan dalam memilih mobil bekas anda memerlukan jaringan/teman. Dengan networking yang baik anda akan mampu mendapatkan barang yang bagus dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Sebab, inti dari bisnis mobil bekas terletak pada proses pembeliannya. Apabila anda mampu membeli dengan harga yang lebih murah maka para konsumen tidak akan ragu untuk segera membeli mobil bekas dari anda.

Advertisement

Manfaatkan Persaingan dengan Baik

Untuk saat ini, bisnis mobil bekas masih tergolong sangat sedikit akan tetapi tingkat keuntungannya masih sangat besar. Dengan menjual satu mobil bekas bisa dipastikan anda akan untung minimal 1 juta. Hal ini tentu menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang tinggi. Apalagi jika anda mampu memutar hasil penjualan dalam waktu yang singkat. Tentu kemungkinan rugi pun akan sangat kecil.

Selain itu, anda pun harus menciptakan persaingan dengan baik. Sebab, tidak menutup kemungkinan jika pesaing anda justru dapat menjadi relasi yang menguntungkan juga. Misalnya, ketika anda tidak memiliki modal atau mobil bekas, bisa saja anda bekerjasama dengan pesaing anda tersebut kemudian mengambil keuntungan dari selisih penjualannya.

Pilihlah Tempat Yang Strategis

Berbisnis mobil bekas memiliki beberapa kriteria tersendiri dalam memilih tempat. Untung menjaring calon konsumen maka pilihlah tempat yang ramai dengan orang. Seperti, di pinggir jalan, di dekat alon-alon kota, atau di mana orang-orang seringkali terlihat lalu-lalang. Selain itu, bisnis mobil bekas ini juga memerlukan tempat yang cukup luas untuk memarkir mobil. Dan akan lebih baik lagi jika anda menyediakan lahan untuk test drive mobil bekas.

Untuk memiliki lahan tentu anda perlu modal besar. Namun, apabila anda tidak memiliki lahan sendiri, anda bisa memanfaatkan tempat orang lain. Dengan sistem kerjasama dan bagi hasil maka akan terjadi bisnis yang saling menguntungkan. Dalam hal ini yang terpenting adalah semakin banyak mobil bekasnya terjual maka keuntungan dari bagi hasil pun akan semakin besar. Anda diuntungkan karena bisa memutar modal lebih cepat.

Bisnis mobil bekas memang gampang-gampang susah. Pasalnya, anda harus mampu memastikan bahwa barang anda tersebut masih bagus. Dan untuk meyakinkan pembeli tentunya anda harus memajang barangnya secara langsung. Bisnis ini tidak bisa atau akan lebih sulit apabila dilakukan dengan sistem yang tidak jelas barangnya.

Baca Juga Artikel : Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil