Peluang Usaha Di Musim Mudik Lebaran

Meski sebagaian besar masyarakat di Indonesia melakukan perjalanan pulang kampung pada saat lebaran tiba, atau istilah populernya mudik, akan tetapi ada saja seglintir orang yang tidak melakukannya. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena keuangan sedang tidak memungkinkan, malas bermacet-macetan, saudara berada dalam satu wilayah, dan banyak lagi alasan lainnya.

Bagi anda yang tidak pernah melakukan perjalanan kemana-mana pada saat musim mudik lebaran, dari pada berdiam diri, kita bisa manfaatkan moment tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Meski hanya akan berlangsung beberapa hari, namun ada beberapa usaha yang dapat berpeluang menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Usaha apa sajakah itu ? berikut ini ulasannya :

1. Rental Mobil

Punya kendaraan yang tidak dipakai ? mengapa tidak manfaatkan saja untuk di sewakan. Perjalanan mudik paling sedikit membutuhkan waktu berhari-hari, bahkan ada juga yang harus menempuh perjalanan hingga berminggu-minggu. Biaya sewa mobil yang di musim seperti ini berkisar antara 300 hingga 500 ribu perharinya (tergantung mobil), ini tentunya akan cukup menghasilkan rupiah yang lumayan.

Tidak perlu repot mencari konsumen yang mencari mobil rentalan, karena di musim seperti ini seringkali kebutuhan mobil rental tidak terpenuhi akibat banyaknya penyewa. Kita bisa tawarkan kepada tetangga yang berada di sekitaran pemukiman, saudara, atau pun rekan kerja lainnya.

2. Rest Area ( Tempat Istirahat )

peluang usaha musim mudik lebaran

Advertisement

Banyaknya pemudik di perjalanan terutama di jalur-jalur luar kota, akan membutuhkan tempat istirahat sebagai pelepas lelah untuk beberapa saat. Hal ini bisa menjadi ladang usaha musiman yang cukup lumayan menggiurkan, pasalnya mereka akan membutuhkan banyak keperluan sambil beristirahat. Misalnya saja makanan, minuman, buah tangan atau oleh-oleh untuk anggota keluarga, service kendaraan, dan banyak lagi lainnya.

Jika kita memiliki lahan,rumah ataupun tempat lainnya di tepi jalan yang sering di lalui para pemudik, kita bisa jalankan usaha ini dengan meyediakan berbagai keperluan tersebut. Dengan banyaknya para pengguna jalan pada saat musim seperti ini, akan banyak keuntungan yang bisa di hasilkan.

3. Penitipan Hewan Peliharaan

Berikutnya untuk anda penghobi memelihara binatang peliharaan, bisa terima jasa penitipan hewan sementara para pemiliknya pergi melakukan perjalanan mudik lebaran. Bagi para penghobi binatang tentu saja mengurus hewan-hewan tersebut merupakan suatu kesenangan, apa lagi jika hal ini bisa mengasilkan uang.

4. Penitipan Kendaraan

Banyak para masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, dan mereka biasanya meninggalkan rumah dengan keadaan kosong tidak berpenghuni. Meninggalkan barang berharga seperti kendaraan, tentunya bisa menimbulkan rasa khawatir jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan. Maka tidak heran banyak masyarakat lebih memilih menitipkan kendaraannya ke garasi-garasi penitipan.

Anda pun jika memiliki lahan cukup luas untuk menampung kendaraan seperti mobil ataupun motor, bisa saja menawarkan jasa penitipan tersebut. Dengan banyaknya para tetangga masyarakat sekitaran yang memerlukan, bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan.

Baca juga artikel Peluang Usaha Yang Berpotensi Di Bulan Ramadhan