Peluang Usaha Di Daerah Sekitaran Pantai

Pantai adalah salah satu tujuan favorit masyarakat untuk berlibur, tempat seperti ini umumnya ramai di kunjungi di hari libur ataupun saat weekend. Terlebih lagi di saat moment liburan panjang semacam lebaran, sering kita temui daerah seperti ini padat di kunjungi wisatawan lebih dari pada hari liburan lainnya.

Potensi bisnis di daerah seperti ini tentu saja sangat besar, banyak peluang usaha yang bisa menguntungkan dijalankan di sana. Terlebih lagi pastinya alasan masyarakat untuk berkunjung kesana adalah dalam rangka berwisata, yang umumnya pada kondisi seperti ini mereka cenderung akan royal menghabiskan sejumlah uang. Dengan begitu, harga jual produk pun akan berbeda dengan di wilayah bukan tempat wisata, umumnya akan 2 hingga 3 kali lipat jauh lebih mahal dari daerah lainnya.

Tentu saja hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha di daerah sekitaran pantai tersebut, sebabnya keuntungan yang di hasilkan bisa berlipat-lipat jumlahnya.

Bagi anda yang kebetulan berlokasi dekat dengan daerah pantai ini, bisa lirik beberapa peluang usaha yang berpotensi besar di jalankan di sana. Diantaranya sebagai berikut :

1. Sewa Penginapan

Jangan membayangkan sebuah tempat penginapan haruslah selalu mewah sehingga akan membutuhkan modal yang sangat besar untuk menjalankannya. Disini kita bisa berikan pilihan kepada pengunjung, karena tidak semua pengunjung yang datang ke pantai berasal dari kalangan atas semua, banyak juga beberapa diantaranya yang datang dari kalangan menengah kebawah.

Bagi mereka pilihan untuk bermalam di daerah wisata adalah tempat penginapan sederhana. Maka dari itu jika kita memiliki lokasi strategis dan mampu untuk mengelolanya, bisa kita jalankan bisnis sewa penginapan. Dengan membangun tempat yang tidak terlalu mewah, asalkan bersih dan layak di tinggali itu bisa menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat yang mencari penginapan dengan harga terjangkau.

Baca juga peluang bisnis menggiurkan saat liburan sekolah

peluang usaha sekitar pantai

2. Bisnis Oleh-Oleh Khas Setempat

Toko yang menyediakan berbagai cinderamata atau pun oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerahnya pun bisa sangat di minati pengunjung wisatawan di daerah pantai. Pasalnya bagi mereka moment berlibur tersebut akan akan terasa kurang berkesan tanpa membeli oleh-oleh yang menjadi ciri khas tempat yang di kunjunginya.

Misalnya saja pakaian khas daerah tersebut, berbagai cinderamata dari hasil kerajinan, beragam aksesoris, lukisan dan lain sebagainya. Kita bisa upayakan menjalin kerja sama dengan para pelaku UKM di daerah tersebut untuk membantu memasarkan produknya kepada pengunjung.

3. Usaha Kuliner Khas Pantai

Makanan pastinya akan dibutuhkan di manapun tempatnya, khusus di daerah pantai ada beberapa jenis kuliner yang biasanya menjadi incaran para pengunjung untuk mencicipi kelezatannya. Diantaranya saja seperti aneka seafood, es kelapa muda, ikan asin, dan sebagainya.

4. Tempat Penyewaan Alat Wisata

Maksudnya adalah alat-alat yang sering di sewa pengunjung untuk bermain di daerah sekitaran pantai, misalnya saja seperti sewa ban renang, sepeda, motor, ATV, peralatan snorkeling dan diving, hingga peralatan untuk wisata air seperti jetski, banana boat dan lain sebagainya.

Menyewakan barang-barang tersebut bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan di daerah pantai, bahkan terkadang di saat-saat tertentu pengunjung sering kesulitan untuk mencari penyewaan barang-barang yang di sebutkan tadi karena habis tersewa pengunjung lain.

Baca juga artikel jasa sewa motor peluang usaha menjanjikan