Peluang Usaha Dari Barang Bekas Dan Rongsokan

Tidak ada barang jenis apapun yang tidak memberi manfaat. Mungkin kata bijak itu ada benarnya. Sebab hampir semua jenis barang yang ada di dunia ini membawa manfaatnya masing-masing. Termasuk barang bekas. Meskipun bekas akan tetapi barang tersebut ternyata dapat disulap menjadi barang yang justru lebih berguna bahkan berharga.

Siapa sangka barang rongsokan yang sudah kusam, berkarat, bahkan tidak nyaman dilihat pun ternyata bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan. Hanya saja pandangan seperti ini masih belum disadari secara penuh oleh masyarakat.

Keunikan berbisnis dengan modal barang bekas adalah anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis. Jika anda memiliki ketekunan, keuletan, kreatifitas serta kepedulian yang tinggi terhadap barang bekas yang sudah tidak terpakai, maka hal itu sudah menjadi modal yang berharga untuk mengembangkan bisnis ini.

Dengan berbekal kreatifitas anda bisa menyulap barang bekas dan rongsokan menjadi lebih berguna dan menarik perhatian orang lain. Setelah itu kita bisa mengambil keuntungan yang besar dari penjualan, sebabnya kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk pembelian bahan baku.

Dan berikut ini adalah tips mengolah barang bekas :

Mengolah barang bekas berbahan plastik

Salah satu jenis barang bekas adalah plastik. Plastik adalah bahan yang tidak mudah diurai oleh tanah. Untuk itu, sangat cocok jika barang bekas berbahan plastik tidak ditimbun tapi diolah menjadi kerajinan. Dengan barang bekas berbahan plastik maka anda bisa membuat suatu kerajinan.

peluang usaha dari barang bekas

Seperti misalnya, merubah tempat minyak goreng plastik menjadi tas atau pot bunga, botol minuman menjadi tempat bunga atau penghias bolam lampu. Khususnya botol yang memiliki warna yang unik tentu bisa dimanfaatkan sebagai penghias lampu agar tidak sekedar berwarna putih tapi bisa lebih unik lagi dengan memberikan aneka macam warna menarik.

Advertisement

Mengolah barang bekas berbahan besi

Besi adalah bahan yang mudah berkarat sehingga banyak sekali barang yang berbahan besi lebih cepat menjadi barang bekas. Akan tetapi ketika besi sudah berkarat tentu jarang sekali orang yang mau memanfaatkannya. Untuk itu, jika anda mendapatkan rongsokan besi, anda pun bisa mengolahnya menjadi barang yang antik.

Contohnya seperti, botol minuman bekas kaleng susu. Anda dapat merubahnya menjadi celengan yang unik, dengan menambahkan berbagai barang bekas lainnya sebagai hiasan. Atau anda bisa merubahnya dan menjadikannya sebagai variasi gambar dan juga hiasan tertentu.

Rongsokan besi tua memang masih laku dan lumayan berharga tinggi jika kita jual kepada pengepul besi, namun jika kita bisa mengolahnya menjadi sebuah produk yang lebih bernilai tentu akan lebih menaikan harga jual barang tersebut.

Baca juga artikel Tips Menjual Barang Bekas Via Online Di Internet

Ada seorang pengusaha dari bali yang sukses mengolah besi-besi tua menjadi art lighting atau lampu hias dengan desain yang sangat menarik, di padukan dengan ukiran-ukiran yang membuatnya tidak lagi terlihat berasal dari barang rongsokan.

Mengolah barang bekas berbahan kayu

Kayu adalah barang yang mudah sekali mengalami pelapukan. Akan tetapi anda bisa mengandalkan kreatifitas anda seperti dengan menyulap akar-akaran tumbuhan menjadi barang yang antik.

Misalnya, sisa akar pohon tua yang sudah ditebang banyak di manfaatkan menjadi sebuah meja, dengan melakukan sedikit proses seperti menghaluskan kulit bagian luar pohon dan dilajutkan dengan proses finishing dengan penyemprotan menggunakan cat khusus kayu, maka bisa menghasilkan produk furniture yang unik dan menarik.

Bahkan ada pula yang memiliki keahlian memahat, akar-akar pohon tersebut di jadikan sebuah patung hiasan dengan berbagai bentuk yang menarik.

Meski produk tersebut menggunakan bahan baku dari sisa-sisa akar pohon yang tidak berharga, jika sudah melewati proses seperti di atas, akan menjadikannya sebuah produk yang berharga sangat tinggi.

Baca juga artikel Usaha Daur Ulang Penggilingan Botol Plastik Bekas