Peluang Usaha Dan Cara Budidaya Buah Naga

Bagi dunia pertanian Indonesia, nama buah naga pastinya sudah tidak asing lagi. Masyarakat Indonesia sudah mengenal dekat dengan buah naga yang nikmat ini. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, buah naga juga memiliki bentuk buah yang unik dan manfaat yang besar bagi kesehatan manusia.

Buah naga sejatinya merupakan sebuah ragam buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga sendiri jenisnya ada banyak. Ada buah naga daging putih, buah naga daging kuning, buah naga daging merah, buah naga daging hitam dan masih banyak lagi.

Menanam buah naga tidak memerlukan proses yang panjang dan sulit. Mulai dari daerah dataran tinggi sampai daerah di pesisir pantai dapat menanam dan membudidayakannya. Untuk memulai budidaya buah naga juga tidak membutuhkan modal yang besar, jadi bagi anda pelaku bisnis pertanian dengan modal kecil sangat cocok melirik usaha budidaya buah ini.

peluang usaha budidaya buah naga

Bagi anda yang tertarik dengan cita rasa buah naga yang nikmat dan menyegarkan dapat dengan mudah menemukannya. Di Indonesia sendiri kini sudah banyak orang yang melakoni budidaya buah naga ini. Akan tetapi dengan permintaan pasar yang semakin besar dari waktu ke waktu jumlah persediaan ini masih kurang mencukupi pasokan. Karena itu bagi anda yang berniat membuka suatu usaha, bisnis budidaya buah naga sangat disarankan karena jumlah permintaan yang semakin lama semakin besar.

Garis Besar Cara Budidaya Buah Naga

Persiapan Lahan

Persiapan lahan ini dimulai dari pemasangan tiang panjatan, pembersihan lahan dan pengolahan lahan. Karena tanaman buah naga tumbuh dengan cara merambat maka diperlukan persiapan tiang panjatan sebagai penopang tumbuhnya batang dan juga cabang. Model atau bentuk tiang panjatan yang dapat dibuat sendiri ada dua macam yakni model bentuk tiang panjatan bentuk tunggal serta bentuk kelompok yang membentuk pagar.

Advertisement

Pengolahan Lahan dan Pemupukan Dasar

Setelah lahan disiapkan kemudian kita harus membersihkan. Setelah lahan dibersihkan kemudian diolah supaya dapat ditanami bibit tanaman buah naga. Jangan lupa juga lakukan pemupukan dasar untuk mengolah lahan agar nantinya lahan siap ditanami bibit.

Persiapan Bibit Tanaman

Setelah anda melakukan penyiapan dan pengolahan lahan, kemudian siapkan juga bibit tanaman buah naga. Upayakan siapkan bibit yang berkualitas. Ciri – ciri bibit tanaman buah naga yang berkualitas adalah sehat dan bebas dari hama penyakit.

Pembudidayaan Stek

Agar hasil buah naga nantinya berkualitas, sangat dianjurkan untuk anda mengenakan cara pembudidayaan stek. Dengan cara stek tanaman akan berkembang dengan sempurna. Namun sebelum melakukan stek pada tanaman buah naga dianjurkan tanaman buah naga yang distek usianya lebih dari 3 tahun. Pilihlah cabang – cabang yang akan ditempati stek dengan cabang – cabang yang bebas penyakit supaya meminimalisir kegagalan dalam perkembangan buah naga.

Pemupukan  

Jika manusia selalu butuh makan makanan yang mengandung gizi tinggi, maka hal yang sama terjadi pada tanaman. Tanaman juga sangat membutuhkan asupan makanan dengan nilai gizi yang tinggi. Dan asupan makanan yang dibutuhkan tanaman ini berasal dari pupuk. Karena itu senantiasa beri tanaman asupan yang pas dengan memberikan pupuk dan pelihara sebaik mungkin.

Walaupun membudidayakan buah naga tidak membutuhkan proses yang panjang lagi sulit, perhatian ekstra terhadap varietas dan kualitas perkembangan tanaman buah naga harus tetap dikontrol dan diperhatikan. Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai Peluang Usaha dan Cara Budidaya Buah Naga. Semoga dapat menjadi inspirasi usaha bagi anda. Selamat berwirausaha!.

Baca juga budidaya semangka kotak yang bernilai tinggi