Peluang Usaha Budidaya Sayuran Organik

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sayuran organik. Hampir segala jenis sayuran bisa anda budidaya di tanah Indonesia. Kondisi seperti ini tentu sangat mendukung terciptanya peluang usaha budidaya sayuran organik. Terlebih lagi saat ini sedang timbul kesadaran untuk kembali pada alam. Artinya, banyak masyarakat yang membuka mata dan pikirannya untuk lebih mengutamakan mengonsumsi makanan sehat dari sayuran organik daripada junkfood.

Untuk menciptakan sayuran organik berarti sayuran yang ditanam di atas tanah yang diolah secara organik, pupuk yang digunakan juga haruslah bersifat organik.  Memang membutuhkan waktu yang relatif lama dan butuh kesabaran yang ekstra. Akan tetapi hasil yang didapatkan nantinya lebih dicari oleh banyak orang, dan keuntungan yang di dapatkan pun semakin besar.

Untuk menjalankan budidaya sayuran organik tidak lah memerlukan lahan yang terlalu luas, kita bisa terlebih dahulu manfaatkan lahan yang ada di rumah, seperti halaman atau teras rumah. Untuk jenis sayuran yang bisa kita budidayakan diantaranya tomat,selada,sawi,terong dan banyak lagi jenis lainnya. Waktu yang di perlukan dari mulai menanam hingga panen juga tidaklah terlalu lama, rata-rata berkisar antara 30 sampai 60 hari tergantung dari jenis yang di budidayakan.

Menjadi Supplier Sayuran Organik

Jika kita enggan menanam sendiri, kita bisa juga menjadi supplier Sayuran organik, saat ini banyak dikejar oleh masyarakat karena mengandung manfaat yang lebih baik. Sayuran organik lebih terjamin kesehatannya jika dibandingkan dengan yang non organik. Sebab, sayuran organik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimiawi lainnya. Sayuran organik lebih memanfaatkan limbah ternak sebagai penyubur tanah. Untuk itulah hasil dari sayuran organik lebih terjamin dan menyehatkan. Mungkin karena hal inilah banyak masyarakat mulai melirik budidaya sayuran organik.

Advertisement

peluang usaha budidaya sayur organik

Karena manfaatnya yang banyak maka peluang bisnis pun masih terbuka lebar. Jika anda tidak menentukan sebagai petani sayuran organik maka anda pun bisa mulai melirik peluang emas sebagai supplier sayuran organik ini. Target pemasaran bisa kita arahkan kepada supermarket-supermarket besar di kota anda. Misalnya, sayuran sawi daging, tomat, kentang, wortel, dan lain sebagainya. semua jenis sayuran yang dibutuhkan oleh supermarket tersebut dapat anda kembangkan dan menjadikan supermarket sebagai pasar yang berharga. Hingga saat ini jumlah permintaan masih lebih tinggi daripada produksi. Maka peluang usaha pun masih terbuka lebar.

Memanfaatkan Sayuran Organik Sebagai Gaya Hidup Sehat

Peluang bisnis lainnya adalah sayuran organik sebagai penunjang kesehatan berbahan herbal. Poin ini juga mampu anda jadikan patokan dalam mengembangkan budidaya sayuran organik. Sebab, para selebritis dan juga masyarakat modern saat ini lebih mengutamakan mengonsumsi sayuran-sayuran organik demi menjaga kecantikan dan kesehatan dirinya.

Gaya hidup sehat yang saat ini sedang ramai diterapkan di masyarakat kota besar dan kini mulai menjalar ke wilayah lainnya, akan sangat menguntungkan para pengusaha sayuran organik, karena permintaan akan semakin banyak

Bahkan, dunia farmasi pun membutuhkan sayuran organik sebagai bahan dasar kosmetik. Jika anda memiliki hobi bertani maka pilihan untuk mengembangkan sayuran organik layak dikembangkan dan dibudidayakan.