Peluang Usaha Budidaya Cabai Rawit Modal Kecil

Usaha Budidaya Cabai Rawit, tidak perlu di lahan yang sangat luas dan tanah yang sangat lapang. Kita dapat menanam benih cabai rawit di polybag lalu dapat kita tata di rak-rak atau di teras dan halaman rumah, sehingga modal yang di perlukan untuk menjalankan usaha budidaya ini pun dapat dijalankan dengan modal yang kecil.

Hal ini juga bisa menjadikan suatu ladang bisnis di tanah Indonesia yang sangat subur. Jika kita tidak mampu membeli cabai rawit yang harganya semakin lama semakin merangkak naik, maka mengapa tidak kita menyiapkan cabai rawit sendiri dan untuk keperluan pasar, dengan demikian kita dapat menjadi seorang pemasok cabai rawit. Budidaya cabai rawit memang memberikan keuntungan yang maksimal karena pasar sangat membutuhkan, disamping itu dapat kita manfaatkan pula sebagai bahan memasak di rumah.

usaha budidaya cabai rawit

Berikut ini kami berikan garis besar panduan budidaya cabai rawit di polybag. Yuk kita simak uraiannya!

Pemilihan dan Penyemaian Benih

Pilihlah benih cabai rawit yang berkualitas. Ciri benih cabai rawit berkualitas adalah isinya tidak kopong, bebas dari hama dan penyakit serta terlihat segar dan tidak pucat. Setelah memilih benih dengan kualitas yang memadai, kemudian semaikan benih bibit cabai rawit ini di polybag yang telah anda siapkan.

Pemupukan dan Perawatan dari Hama

Advertisement

Tanaman pasti sangat membutuhkan pupuk. Karena itu lakukan pemupukan yang benar pada tanaman cabai rawit yang anda tanam. Kemudian lakukan perawatan pula dengan cara disiram dan tanaman cabai rawit dirawat agar bebas dari hama.

Memanen Cabai Rawit

Panen cabai rawit dapat dilakukan setelah 2 bulan tanam. Masa panen yang paling baik adalah sebelum cabai rawit sepenuhnya berwarna merah. Dan disitulah hasil akan kita temukan.

Pemasaran Cabai Rawit

Selain kita bisa menjualnya secara langsung hasil dari usaha budidaya cabai rawit ini kepada pengepul yang menampung. Memungkinkan juga jika kita pasok kepada pelaku usaha lain yang menggunakan cabai rawit ini sebagai bahan baku pembuatan produknya, pelaku usaha tersebut diantaranya :

Pengolahan Bumbu Instan

Cabai rawit dapat diolah menjadi bumbu instan. Berbagai camilan dapat diketahui menggunakan bumbu pedas sebagai pelengkapnya. Sehingga pembudidaya cabai rawit dapat menjadi pemasok olahan bumbu instan bagi aneka usaha camilan yang membutuhkan pelengkap bumbu pedas pada produknya.

Industri Jamu dan Obat-Obatan

Cabai rawit tak hanya berpotensi menjalankan roda bisnis dengan kerja sama kepada aneka usaha makanan. Tetapi pembudidaya cabai rawit juga dapat bekerja sama dengan industri jamu dan obat-obatan. Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak jamu dan obat-obatan yang menggunakan cabai rawit sebagai pelengkapnya karena cabai rawit juga bermanfaat untuk kesehatan.

Itulah informasi mengenai Peluang usaha budidaya cabai rawit modal kecil. Semoga artikel kali ini dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Semoga sukses dan selamat berwirausaha!.

Baca juga usaha yang dapat dikembangkan dari bidang agrobisnis