Peluang Usaha Bordir Yang Semakin Menguntungkan

Usaha Bordir masih termasuk kedalam bidang fashion yang berarti kebutuhannya yang tidak pernah surut. Seperti konveksi yang keberadaannya kini kian menjamur akibat dari semakin banyak yang membutuhkan, bordirpun demikian.

Pasar konsumen di sektor fashion yang terus tumbuh, membuat para pelaku usaha didalamnya kebanjiran pesanan. Dari mulai yang berhadapan langsung dengan konsumen seperti toko pakian dan usaha distro, hingga produsen yang memproduksi baik yang berskala perusahaan seperti garment hingga kelas UKM. Dan produk bordir ini menjadi salah satu yang mereka butuhkan.

Mengenal Teknik Bordir

Bordir sendiri sebetulnya juga termasuk kedalam bidang kerajinan tangan, pasalnya istilah yang sering kita dengan dengan sebutan bordir manual itu seluruhnya mengandalkan keterampilan tangan si pembuatnya. Teknik bordir seperti ini dikenal paling awal sebelum seperti sekarang ini yang muncul teknik bordir computer yang lebih modern. Dan teknik bordir komputer ini dalam keseluruhannya proses mengandalkan teknologi canggih yang tidak begitu memerlukan keterampilan tangan lagi.

Teknik bordir komputer muncul salah satunya karena memang kebutuhan akan kain yang akan di bordir ini menjadi semakin banyak. Karena kecanggihannya, kini ratusan bahkan ribuan pesanan bordiran bisa di kerjakan lebih cepat dan juga tentunya hasilnya bisa jauh lebih maksimal dari manual. Karena hanya dalam sekali proses saja untuk mesin bordir komputer yang canggih hingga bisa sekaligus menyelesaikan lebih dari sepuluh helai kain terbordir dengan rapih.

Namun begitu kecanggihan teknik bordir digital dengan menggunakan komputer ini menyisakan satu kelemahan yang menghambat para pelaku yang ingin terjun kedalam usaha ini. Yaitu harganya yang sangat tinggi untuk tiap unit mesinnya. Bagaimana tidak, sekurang-kurangnya kita harus mempersiapkan dana hingga puluhan juta rupiah, bahkan untuk mesin yang memiliki kualitas baik, harga yang paling murahnya bisa mencapai 75 juta rupiah itu hanya untuk mesin bordir dengan satu kepala, sedangkan untuk yang memiliki 12 kepala harganya bisa mencapai 200 juta rupiah.

Advertisement

Baca juga mengenal printer dtg untuk usaha sablon kaos

Analisa Pasar Bordir Saat Ini

Dengan begitu besarnya modal yang di perlukan untuk menjalankan bisnis bordir ini, maka seyogyanya kita harus benar-benar menganalisa pasar sebelum benar-benar terjun kedalamnya. Memang untuk mereka yang sudah berjalan saat ini hingga ada yang mampu memproduksi hingga puluhan bahkan ratusan jasa bordir setiap harinya. Harga jasanya bergantung pada tingkat kesulitan pesanan, rata-rata berkisar 15 ribu hingga 200 ribu rupiah untuk setiap produk yang di bordir.

Pesanan paling sering di dapatkan adalah dari para pelaku usaha konveksi yang membutuhkan bordiran pada pesanannya. Melihat sekarang begitu menjamurnya usaha konveksi ini maka tidak akan terlalu sulit bagi kita untuk mendapatkan pesanan dari mereka. Selain itu produk yang memerlukan bordiran saat ini juga semakin beragam, tidak hanya di perlukan pada produk pakaian saja, celana, kerudung, jaket, bahkan hingga bed cover sekarang ini sudah banyak yang mengkreasikannya dengan bordiran.

Dari hal tersebut juga sudah terlihat bahwa usaha bordir ini pasarnya akan terus menguntungkan dan berkembang seiring waktu berjalan. Dan selain itu, karena modal yang di perlukan untuk membuka usaha ini yang cukup besar tadi membuat tidak terlalu ketat persaingan dalam bisnisnya karena jumlah pelakunya yang terbatas.

Baca juga artikel peluang menjanjikan dari usaha baju ukuran besar