Peluang Usaha : Bisnis Jasa Penitipan Anak

Di jaman yang serba berkembang seperti sekarang ini terkadang menuntut sebuah keluarga untuk bekerja lebih keras demi kelangsungan hidupnya. Hingga tidak jarang di temui pada sebuah keluarga yang kedua orang tuanya sama-sama bekerja mencari nafkah demi mencukupi kebutuhan. Hal ini salah satunya yang melatar belakangi terbukanya peluang usaha tempat penitipan anak.

Karena tidak mungkin seorang anak yang di tinggal kedua orang tuanya untuk bekerja di biarkan ditinggal hanya dengan pengasuh atau saudara di rumah saja. Mereka akan memerlukan asupan pendidikan yang cukup, tempat bermain yang memadai, dan juga interaksi dengan anak-anak lainnya, agar pertumbuhannya sempurna. Oleh karena itu terutama di kota-kota besar yang sibuk, tempat bisnis penitipan anak ini menjadi solusi tepat merawat anak kesayangannya sementara mereka mengerjakan kegiatan lainnya.

Jika kita termasuk orang yang senang merawat anak-anak, pandai berkomunikasi sekaligus mendidik mereka, boleh kita lirik peluang usaha penitipan anak ini. Selain menguntungkan, bisnis ini juga akan semakin dibutuhkan terlebih jika kita memiliki lokasi di kota-kota besar.

Mulai Dari Lokasi Sekitar

Dalam usaha penitipan anak ini akan sangat dibutuhkan tingkat kepercayaan dari konsumen yang sangat tinggi, karena tentu saja konsumen tidak akan serta merta menitipkan anaknya kepada tempat yang tidak dikenalnya dengan baik.

Maka dari itu kita harus membangun reputasi bisnis ini dengan bertahap sedikit-demi sedikit, agar kita mampu memberikan pelayanan yang maksimal yang akan berujung kepada bertambahnya tingkat kepercayaan dari konsumen.

Caranya bisa dengan memulai terlebih dahulu mencari konsumen di lokasi sekitar atau para tetangga, jika kita cukup di kenal maka tidak akan begitu sulit untuk mandapatkan beberapa pelanggan pertama. Lama-kelamaan jika reputasi kita terlihat baik pun tidak akan mudah untuk dapat menjaring konsumen yang lebih banyak.

Sediakan Fasilitas Memadai

bisnis jasa penitipan anak

Advertisement

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, fasilitas yang kita miliki sebagai tempat penitipan anak haruslah terjamin dan lengkap. Dalam faktor kelengkapan fasilitas untuk aktivitas anak seperti tempat bermain, tentu saja sesuai dengan tarif yang akan kita berlakukan, semakin lengkap maka akan semakin tinggi pula biaya konsumen untuk menitipkan anaknya ke tempat kita.

Namun bukan hanya itu saja yang harus kita perhatikan, fasilitas juga termasuk pelayanan yang diberikan kepada si anak, misalnya tersedia pembimbing yang berpengalaman mengasuh dan mendidik anak. Sehingga konsumen memiliki alasan lebih untuk menitipkan anaknya di tempat kita, yaitu kebutuhan fisik dan mentalnya terjamin.

Baca juga mengajarkan anak berbisnis sejak dini

Sumber Daya Berkualitas

Berkaitan dengan poin di atas, tenaga pembimbing yang kita miliki harus di sleksi dengan ketat agar kualitasnya pelayanannya terjaga dengan baik, karena mereka akan berhubungan langsung dengan si anak. Akan lebih baik jika kita memiliki sumber daya yang memiliki serifikasi di bidang ini.

Selain itu harus kita berlakukan juga sistim pelatihan keterampilan yang di sesuaikan dengan konsep bisnis penitipan anak yang kita miliki, misalnya konsep usaha penitipan anak kita mengunggulkan pendidikan agama yang tinggi, maka sumber daya harus lah mengerti banyak dan paham tentang hal ini.

Baca juga usaha jualan baju anak muslim murah

Strategi Pemasaran

Setelah dirasa fasilitas, sumberdaya dan pelayanan terhadap konsumen cukup baik, maka kita bisa mulai mencari konsumen yang lebih banyak dengan menerapkan strategi pemasaran yang lebih luas. Caranya bisa dengan promosi menggunakan brosur dan menyebarkannya di kompek-komplek perumahan, manfaatkan media internet dengan membuat website yang profesional. Dan lain sebagainya…

Baca juga artikel bisnis jasa unik yang bisa jadi pilihan