Peluang Untuk Guru Menjalankan Usaha Sampingan

Meski pekerjaan yang di lakukan oleh guru adalah suatu yang sangat mulia dan berharga, namun di negri ini sepertinya masih kurang memperhatikan kesejahteraan mereka. Sering kali kita mendengar para guru yang mengajar di sekolah hanya mendapatkan gaji yang sedikit, tidak sesuai dengan jasa yang sudah mereka berikan.

Banyak di bahas di media televisi gaji guru-guru honorer di sekolah terutama yang berlokasi di daerah, mereka hanya mendapatkan gaji bulanan tidak sampai 500 ribu per bulannya, hal ini tentunya membuat kita prihatin, jumlah uang yang hanya sedikit itu mana cukup untuk membiayai anaknya menuntut ilmu, bahkan mungkin untuk kesehariannya saja tidak tercukupi.

Akan tetapi para guru mau tidak mau harus menerima kenyataan ini, jangan sampai hanya berfikiran mentok sampai di situ, kembangkan ide untuk mencari peluang usaha yang bisa di kerjakan sebagai sampingan, sehingga dapat menutupi kekurangan keuangan keluarga.

Sebetulnya banyak yang bisa di kerjakan sebagai usaha tambahan untuk para guru ini, terlebih masih banyak sisa waktu dalam satu hari yang bisa di manfaatkan. Ditambah juga mereka memiliki potensi konsumen yang sudah tertarget, hanya tinggal mengarahkannya saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan, usaha apakah itu?

  • Bimbingan Belajar

peluang usaha untuk guru

Paling relevan usaha yang bisa di lakukan oleh para guru sebagai sampingan adalah membuka bimbingan belajar, tentu saja karena pastinya mereka memiliki banyak calon konsumennya yaitu para murid yang belajar di sekolah. Kebanyakan juga para orang tua dari pada membiarkan anaknya belajar sendiri di rumah, lebih baik mengikuti les khusus agar bisa lebih fokus, apalagi tenaga pengajarnya adalah guru yang sudah mereka kenal.

Alasan lainnya juga keberadaan tempat bimbingan belajar jarang terdapat di daerah-daerah, padahal kebutuhan akan ilmu pelajaran sama saja antara masyarkat di kota dan di daerah, yang membedakan hanya biaya yang dapat dijangkau oleh mereka.

Advertisement

Maka dengan itu akan sangat berpeluang menghasilkan keuntungan jika anda sebagai guru membuaka usaha bimbingan belajar ini, dan bisnis ini juga tidak begitu memerlukan modal yang besar untuk memulainya, bahkan bisa berjalan dengan tanpa modal jika anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat mengajar.

Atau jika di ruangan rumah terbatas tempatnya, bisa anda jalankan dengan sistim mengajar di rumah masing-masing murid atau private, asalkan anda bisa membagi waktu dalam satu hari dapat mengajar di beberapa rumah.

Bidang ilmu yang di ajarkan bisa beragam di sesuaikan dengan keterampilan yang di miliki, misalnya saja les bahasa, komputer, mengaji dan sebagainya terpenting anda menguasai bidang tersebut dengan benar.

Baca juga artikel Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Bisa Dijalankan Di Rumah

  • Menjual Barang Di Koprasi atau Kantin Sekolah

Umumnya disetiap sekolah sudah terdapat sarana ini, para guru bisa manfaatkan sebagai ladang usaha dengan menjajakan berbagai kebutuhan para siswa di sekolah, misalnya saja alat tulis, jajanan, perlengkapan sekolah dan sebagainya.

Selain kebutuhan siswa juga bisa manfaatkan hubungan dengan para orang tua murid dengan menawarkan berbagai macam kebutuhannya seperti alat rumah tangga, pakaian dan sejenisnya.

  • Bisnis Online

Bisnis ini dapat di katakan bisa di jalankan oleh siapapun termasuk oleh para guru sebagai sampingan, keperaktisan menjalankannya memungkinkan dapat di kerjakan meski kita memiliki waktu yang sempit. Seperti misalnya menjalankan bisnis online dengan menjadi dropshiper yang tidak memerlukan pengadaan barang, mengikuti berbagai program MLM, hingga toko online. Semua itu bisa guru-guru jalankan hanya dengan bermodalkan komputer atau smartphone yang memiliki akses internet.