Peluang Menjanjikan Dari Usaha Arang Batok Kelapa

Masih ada lagi ternyata barang di sekitar kita yang memiliki nilai jual tinggi namun tidak kita sadari sebelumnya. Kali ini barang tersebut adalah bongkahan batok kelapa yang tentunya banyak ditemui di berbagai tempat atau bahkan telah dibuang ke tempat sampah.

Batok kelapa sebetulnya dapat diproses kembali menjadi berbagai produk bernilai salah satunya yakni diolah menjadi arang atau briket.

Tidak main-main potensi pasar yang dapat menyerap produk ini selain di negri sendiri bahkan hingga mencapai mancanegara. Dari negara-negara di eropa seperti Amerika, Prancis, Italia, Belanda, hingga di benua Asia seperti Jepang dan Korea serta Timur Tengah.

Umumnya produk ini dibutuhkan untuk keperluan seperti memanggang atau untuk kebutuhan di restoran, serta untuk Shisa diwilayah timur tengah.

Tempurung kelapa yang diolah menjadi arang lalu di proses kembali menjadi bentuk briket, dipilih karena memiliki karena memiliki energi kalori yang tinggi sehingga dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan briket dari bahan lain.

Peluang Menjanjikan Dari Usaha Arang Batok Kelapa

Sekilas Mengenal Pengolahan Arang Batok Kelapa

Untuk menghasilkan arang dari batok kelapa prosesnya pun dapat dikatakan sederhana dan tidak membutuhkan peralatan khusus yang berharga mahal. Umumnya proses hanya dilakukan menggunakan drum bekas.

Advertisement

Tempurung kelapa yang sudah terpisah dari kulit serta serabutnya, di masukan kedalam drum setahap demi setahap sambil dibakar hingga penuh. Lama kelamaan, tempurung pun dengan sendirinya menjadi arang.

Selanjutnya hanya tinggal menyortir antara arang dan sampah-sampah hasil dari pembakaran. Dan prosesnya pun selesai.

Jika pada industri arang kelapa skala besar, setelah proses tersebut arang akan dibentuk dan dicetak sesuai permintaan pembeli. Selain itupun terdapat proses lagi yaitu penambahan bahan kimia khusus yang berguna untuk mempermudah dalam menyalakan briket nantinya.

Potensi Peluang Bisnis Arang Batok Kelapa

Cukup banyak para pelaku bisnis arang ini yang telah menjalankan bisnisnya dalam waktu lama dan menghasilkan keuntungan yang besar baik itu kelas perusahaan UKM ataupun industri besar.

Kebutuhan pasar pun seiring waktu terus meningkat baik itu untuk pasaran lokal juga pasar ekspor. Hal ini tentunya dapat membuka peluang bisnis baru yang potensinya cukup menjanjikan.

Baca juga artikel :

Namun begitu bukan berarti juga pada bidang bisnis ini tidak ditemui kendala sama sekali. Paling sering dialami adalah karena pasokan tempurung kelapa sebagai bahan membuat arang atau briket yang sulit ditemui.

Hingga tidak sedikit para pelaku usahanya berusaha mencari ke daerah lain. Selain itu pun untuk mendapatkan 1 kg arang sendiri, tempurung kelapa yang dibutuhkannya hingga harus mencapai 4 kg, sehingga memang dibutuhkan bahan yang melimpah untuk menghasilkan arang yang banyak.