Peluang Dari Usaha Pembuatan Telur Asin

Telur asin merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber gizi yang baik, kaya akan protein hewani bahkan kabarnya lebih tinggi dari telur ayam biasa. Pengolahan dengan metode pengasinan juga membuat daya tahan telur menjadi lebih awet, selain itu cita rasa yang di hasilkan juga menjadi lebih di sukai di bandingkan dengan hanya di rebus seperti biasa.

Dengan banyak kelebihan yang di miliki kuliner ini, menjadikannya begitu di sukai masyarakat dengan berbagai usia. Maka dari itu terdapat peluang yang cukup menjanjikan dari usaha pembuatan telur asin ini. Cara produksi yang tidak begitu rumit juga semakin membuat bisnis ini cukup di minati.

Kelebihan lain usaha ini juga tidak memerlukan tempat produksi yang begitu luas, kita bisa juga memanfaatkan dapur rumah atau ruangan lain untuk pembuatannya.

Perhatikan Suplai Bahan Baku

Salah satu yang harus di perhatikan adalah suplai bahan baku yang harus mudah didapatkan, yang paling pokok tentunya adalah telur bebek. Dan agar bisa mendapatkannya dengan harga yang paling murah, harus sebisa mungkin didapatkan dari peternak bebek secara langsung.

Pilihan lainnya bahan baku telur bisa di dapatkan dari grosir atau pengepul, akan tetapi dari segi harga akan lebih tinggi di bandingkan dengan dari peternak langsung. Namun jika untuk mengawali usaha hal ini bisa untuk sementara kita jalankan, sambil mempelajari terlebih dahulu cara produksi dan juga mengamati pasar. Setelah itu jika dirasa penggunaan telur bebek semakin meningkat kita bisa mencari suplai langsung dari peternak.

Maka dari itu akan lebih baik jika lokasi pembuatan telur asin kita berada satu daerah dengan sentra peternakan bebek sebab itu menjadi bahan pokok utamanya. Tetapi jika tidak ada pilihan lain, lokasi usaha yang berjauhan dengan pusat bahan baku, kita dapat menyiasatinya dengan cara menyiapkan armada untuk mendatangi para peternak, namun dalam pembeliannya sebaiknya langsung dengan quantity yang banyak agar ongkos oprasional tidak berat.

Cara Pembuatan Telur Asin

peluang usaha pembuatan telur asin

Setiap pebisnis telur asin biasanya memiliki metode pembuatan masing-masing, cara ini di lakukan demi menghasilkan produk yang lebih di suka oleh masyarakat. Misalnya saja ada yang memilih cara pemasakan telur dengan cara di asap, dan ada juga yang memproduksi dengan telur asin dengan aneka rasa.

Advertisement

Hanya saja dasar pembuatan telur asin rata-rata pada setiap usaha sama saja, yaitu sebagai berikut :

  1. Membersihkan telur, sebelum mulai di proses pembersiha kulit telur harus dilakukan terlebih dahulu dengan cara merendam kemudian menggosoknya. Selain menghilangkan kotoran cara ini juga dipercaya dapat membuka pori-pori telur, sehingga nantinya rasa telur asin bisa meresap ke dalam.
  2. Pengasinan, Berikutnya telur bisa kita kumpulkan dalam satu wadah untuk menjalani proses pengasinan, di wadah tersebut sediakan bubuk bata merah, atau bisa juga abu gosok atau abu bekas pembakaran yang di campur air. Dalam media ini juga ditaburkan garam sebagai pemberi rasa asin pada telur, dan beberapa pembuat juga mencampurkan bahan lain seperti bawang, jahe, udang dan sebagainya, jika hendak membuat telur asin aneka rasa.
  3. Diperam atau di simpan, Biarkan telur-telur tersebut di peram pada wadah di media diatas selama kurang lebih 2 minggu, sebelumnya telur harus benar-benar rata terbungkus adonan di atas agar hasilnya bisa maksimal.
  4. Panen, setelah waktu penyimpanan tercapai maka telur bisa kita angkat untuk selanjutnya di rebus hingga matang. Ada juga beberapa usaha pembuatan telur asin yang menggunakan cara di asap sebagi pengganti perebusan, hal ini di percaya bisa memberikan rasa lebih nikmat pada telur.

Buat Telur Asin Lebih Bervariatif

Selain metode pemasakan dengan cara di asap dan menambahkan aneka rasanya, kita sebaiknya pandai-pandai berinovasi pada bidang bisnis kuliner ini, sebabnya dengan memberikan variasi lain dapat menarik perhatian konsumen untuk mencobanya, jika memproduksi telur asin yang itu-itu saja di khawatirkan konsumen akan merasa bosan, selain itu jika kita membuat produk yang sudah banyak beredar di pasaran juga menjadikan kita harus siap menghadapi persaingan yang ahirnya harga jual menjadi tidak produktif.

Dan perlu di perhatikan, inovasi tidak selalu harus di lakukan pada cita rasa telur asin yang akan kita jual, misalnya saja kita berinovasi pada kemasan, tampilan, dan sebagainya, kita harus bisa kratif mencari ide-ide baru yang bisa di terapkan. Dengan begitu produk anda menjadi beda dengan yang lainnya, dengan harapan mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat. Selamat Mencoba..

Baca juga artikel Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula