Peluang Bisnis Usaha cuci dan Salon Mobil Panggilan

Pintu usaha model bisnis jemput bola di kota-kota besar masih sangat terbuka lebar peluang usahanya. Salah satunya jasa layanan auto detailing atau salon mobil dan cuci mobil panggilan.

Macet, sibuk, capek, ingin dirumah bersama keluarga itulah sebagian alasan penghuni rumah berfikir dua kali untuk pergi keluar rumah. Tidak heran saat melihat mobil kotor banyak para pemilik kendaraan menggunakan jasa cuci mobil dan salon mobil panggilan. Layanan seperti itu tampak nya mendapat sambutan positif dari konsumen, para pengusaha cuci dan salon mobil panggilan ini mengaku sering kewalahan menangani pepermintaan dari konsumen nya.

Proses pencucian dan penyalonan mobil membutuhkan waktu yang tidak sebentar, satu unit mobil membutuh kan waktu 5 – 6 jam. Untuk itu para pengusaha di bidang ini menyiapkan setidak nya beberapa tim yang terdiri dari 2 orang untuk mengerjakan 1 mobil. Trif rata-rata yang di kenakan untuk 1 unit mobil berkisar antara 300.000 sampai 700.000 dibedakan tergantung jenis mobil dan paket service yang di tawarkan, contoh nya seperti paket full meliputi body,interior,kaca, paket esksterior, paket bongkar jok dan paket fogging jika mobil anda di huni oleh kecoa atau serangga lain. bahkan sampai ada paket luxury untuk kelas mobil-mobil mewah.

Melihat keuntungan yang didapat tarif jasa yang di kenakan diatas tentu sangat menggiurkan, dengan jasa paket yang paling murah saja seharga 300.000 jika kita bisa menerima setidak nya 5 unit mobil sehari penghasilan yang didapat mencapai 1.500.000, jika di potong gaji pegawai dan oprasional lain-lain 50% kita bisa memperoleh laba 750.000 per hari. itu belum di hitung jika konsumen meminta paket jasa yang lebih lengkap tentu dengan harga jasa yang lebih tinggi. Peluang bisnis yang cukup mengiurkan bukan…?

Advertisement

Para pengusaha di bidang ini biasanya melakukan promosi yang berbeda-beda tergantung strategi bisnisnya, salah satu contoh nya dengan mempromosikan ke perumahan-perumahan, apartement, sampai ada yang mempromosikan bisnis nya ke perusahaan-perusahaan seperti pool taxi,  mereka melakukan promosi nya menggunakan brosur-brosur, demo salon mobil di mall terkemuka sampai dengan menggunakan media internet. karana promosi itu bersifat wajib untuk segala bidang usaha, coca-cola saja yang sudah berumur 100 tahun masih mempromosikan usahanya sampai sekarang.

Untuk menjalankan usaha ini diantara nya harus mempunyai kendaraan, bisa berupa mobil atau motor. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk melayani panggilan yang harus melalui jalanan macet motor menjadi pilihan terbaik demi memuaskan pelanggan dengan memberikan layanan yang tepat waktu. namun motor memiliki keterbatasan dalam pengakutan barang-barang yang di perlukan. Sedangkan peralatan yang di butuh kan untuk layanan ini sama saja seperti jasa salon dan cuci mobil di tempat yaitu vacum cleaner, mesin poles dan lain-lain.

Bagi anda yang tertarik menjalankan bisnis ini harus di perhitungkan juga layanan jasa keliling kerap menghadapi masalah di jalan, seperti macet, kena tilang, ban bocor atau paling parah kecelakaan. maka pastikan anda mempunyai sumberdaya yang berpengalaman dan handal. dan untuk mengatasi nya biasakan memberangkat kan tim ke konsumen 1-2 jam lebih awal, agar tidak terburu-buru dan menghindari hal-hal di atas.

Tips Bisnis Cuci dan salon mobil Panggilan :

  • Bekerja sama dengan vendor obat polish mobil dan berbagai macam aksesoris mobil, sehingga sambil melayani proses salon mobil bisa sekaligus menawarkan produk-produk tersebut.
  • Mengembangkan usaha dengan layanan lain seperti, jasa cat dan ketok untuk memperbaiki mobil yang rusak.
  • Mengembangkan usaha dengan menawarkan sistem member yang memberikan keringanan harga untuk konsumen yang rutin menggunakan jasa kita.