Peluang Bisnis Online 2019, Dengan Dan Tanpa Modal

Setelah banyak di prediksikan dan mungkin kita pun telah merasakan, dari beberapa tahun belakangan beragam bisnis online melalui internet semakin sering kita dengar kiprahnya di Indonesia.

Tidak sedikit yang namanya muncul kepermukaan di kenal hingga seantero wilayah bahkan mancanegara.

Berbagai bisnis online yang sebelumnya tidak pernah kita dengar juga mendadak bisa berkembang dengan cepat. Sepertinya fenomena ini juga akan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya, termasuk di 2019 yang sedang kita jelang saat ini.

Banyak dari kita yang juga tergiur ingin ikut menghasilkan rupiah melimpah dengan melalui usaha secara online ini.

Pasalnya selain perkembangannya terlihat pesat, beberapa diantaranya juga dapat di jalankan dengan modal terbatas atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Selain itu, untuk menjalankannya terdapat pula pilihan bisnis online yang hanya bisa di kerjakan dari dalam rumah saja dan tidak membutuhkan aktifitas yang memberatkan.

Karena dalam bisnis ini kita lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi yang bisa memudahkan. Dan selain itupun masih banyak kelebihan lain yang bisa di dapatkan.

Meski terlihat menyenangkan, namun pada kenyataannya tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Bisnis inipun membutuhkan perjuangan dan keuletan untuk mencapai kesuksesan.

Seringkali orang melihat hanya dari luarnya saja menganggap pekerjaan ini dapat dilakukan secara santai bahkan sambil bermalas-malasan.

Tentu anggapan tersebut tidak benar, jika ada yang melakukannya dengan demikian pastinya bisnisnya pun tidak akan bertahan apalagi berkembang.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh dan bersiap akan terjun kedalam bisnis melalui internet ini, berikut kami sajikan beberapa pilihan peluang bisnis online sepanjang tahun hingga 2019 ini.

Siapa tahu anda berminat menjalankannya, tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan.

Menjual Barang Secara Online

Berjualan dengan cara online terbagi menjadi beberapa cara, dari yang bisa berjalan dengan modal atau pun tanpa modal sama sekali, Berikut ini diantaranya :

  • Berjualan Sistim Dropship

Sistim jualan ini menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa kita pilih karena sesungguhnya seorang dropshiper ini tidak memiliki produk sama sekali, barang yang di jual adalah milik pedagang lain.

Namun begitu konsumennya sebagian besar tidak mengetahui, karena segala sesuatu mengenai produk yang di jual hingga pembayaran pun dilakukan kepada droshiper tadi.

Model bisnis ini cukup banyak yang menjalankan, beberapa diantaranya yang cukup lihai terutama dalam hal bernegosiasi, berhasil mengumpulkan keuntungan yang tidak sedikit.

Pelakunya pun tidak terbatas hanya bisa menjual salah satu produk saja, berbagai barang yang paling sering di cari di internet bisa ditawarkan, seperti produk fashion, gadget, peralatan rumah tangga hingga kuliner.

Untuk menjaring konsumen paling sering dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, karena dengan media sosial tidak perlu adanya modal lagi untuk mempromosikan produknya kepada orang lain.

Baca juga arti sistem dropship dan reseller di bisnis online shop

  • Berjualan Di Toko Online Pribadi

Berbeda dengan Dropshiper, berjualan barang melalui toko online atau online shop pribadi membutuhkan modal paling tidak untuk membuat website toko onlinenya sendiri.

Meski begitu tidak semua online shop juga memiliki produk jualannya sendiri, ada juga yang menjajakan produk orang lain.

Modal yang dikeluarkan untuk membangun sebuah toko online salah satunya berguna untuk membuat semakin terlihat profesional di mata para konsumen.

Apalagi jika kita memiliki produk eksklusif sendiri dan ingin membangun sebuah brand populer, keberadaan toko online menjadi sebagian yang wajib ada agar produk dikenal luas dan profesional.

Selain sejumlah modal untuk membangun toko online, diperlukan juga setidaknya pengetahuan mendalam jika bisnis toko onlinenya ingin cepat berkembang.

Seperti dalam hal teknis untuk menata toko online, promosi di internet dan lain sebagainya.

  • Berjualan Di Marketplace

Marketplace sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah mall atau pusat perbelanjaannya di dunia maya.

Layaknya sebuah mall, didalamnya akan terkumpul banyak pedagang yang menawarkan beraneka ragam barang, termasuk akan banyak para calon konsumen yang akan datang kedalamnya.

Contoh marketplace lokal yang kini populer seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Kelabihan yang bisa di dapat, kita pun bisa dengan segera menjalankan usaha menjual barang tanpa perlu mempersiapkan berbagai pendukungnya seperti membangun website bahkan promosi lapak berjualan pun sudah di lakukan pengelola marketplace.

Masih di tambah juga dengan berbagai fitur yang di konsepkan seperti kemudahan dalam sisi pembayaran dan keamanan berbelanja untuk para konsumennya.

Dengan berbagai kelebihannya tersebut tidak mengherankan jika marketplace kini lebih di pilih para pebisnis online untuk berjualan.

Meski begitu dalam hal permodalan, terkadang di butuhkan untuk mempertajam promosi agar bisa lebih banyak menggaet pelanggan, karena meski di sediakan promosi gratisan seringkali efektifitasnya kurang signifikan.

Baca juga produk paling laris dijual di online shop

Bisnis Online Afiliasi

Berikutnya dari cabang bisnis online yang lainnya ada sistim yang di namakan Afiliasi untuk bisa diandalkan mendapatkan penghasilan.

Berbeda dengan berjualan, sistim ini sama sekali tidak menjual barang melainkan memberikan rekomendasi produk kepada calon pembeli.

Jika orang yang ditawarkan tersebut berminat hingga membeli, kita sebagai pelaku afiliate marketing akan mendapatkan sejumlah komisi dari pemilik produk.

Affiliasi tidak terbatas hanya merekomendasikan produk atau barang saja, namun lebih luas hingga kepada penjualan jasa, produk digital seperti ebook, keanggotaan atau membership suatu website dan banyak lagi yang lainnya.


Komisinya pun beragam tentunya sesuai dengan harga produk yang di jual, dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Media yang banyak di pilih untuk menjalankan model bisnis afiliasi ini umumnya juga seperti media sosial. Dan yang lainnya adalah melalui blog yang membahas topik sesuai dengan produk afiliasi yang di tawarkan.

Berbagai situs yang menawarkan program afiliasi seperti ini cukup beragam yang bisa kita pilih baik dari lokal ataupun yang berasal dari luar negri.

Contohnya program afiliasi terkenal seperti yang di tawarkan oleh Amazon.com dari luar negri, atau Ratakan yang murni berasal dari Indonesia, dan masih sangat banyak lagi yang lainnya.

Publisher Iklan

Publisher atau bisa di katakan juga penerbit iklan adalah seorang pebisnis online yang pekerjaannya adalah menyebar iklan kepada pengguna internet.

Seorang publisher paling sering menggunakan media website berupa blog untuk menampilkan iklan kepada pembacanya.

Namun sebelumnya, tentu harus memiliki visitor atau pengunjung yang mencari informasi dalam blog tersebut terlebih dahulu.

Maka didalam sebuah blog mesti ada berbagai artikel menarik dan informasi yang bermanfaat untuk pembacanya, jika di buat secara asal-asalan pastinya akan sepi dari pembaca.

Setelah blognya di kenal dan banyak pengunjungnnya, barulah visitor tersebut akan di ditawari oleh berbagai iklan.

Sistem iklan yang di tampilkan juga cukup beragam jenisnya, Ada yang dinamankan PPC ( Pay Per Click ) artinya kita akan di bayar jika ada yang mengklik iklan yang tayang.

PPI ( Pay Per Impression ) artinya kita akan di bayar setiap iklan dimunculkan biasanya berdasarkan per 1000 kali tayang,

atau ada juga Direct Ads yang berarti kita secara langsung menawarkan space iklan kepada para pelaku bisnis dari pembaca yang datang.

Jasa Pembuatan Website

Selanjutnya untuk pilihan menjalankan bisnis online kita pun bisa menawarkan jasa pembuatan website atau web development.

Jasa seperti ini sangat di butuhkan sekarang ini, pasalnya masa perkembangan dunia internet di Indonesia sedang terjadi dengan pesat-pesatnya,

sedangkan masih cukup banyak pengguna yang bisa di katakan awam menggunakannya, maka bagi mereka pilihan untuk memiliki website salah satunya adalah dengan menggunakan jasa pembuatan.

Untuk terjun kedalam usaha ini kita setidaknya harus memiliki pengalaman yang matang dalam seluk beluk pembuatan web, karena kita akan di hadapkan dengan para kompetitor dalam bidang yang sama.

Perlu adanya kelebihan yang bisa di tonjolkan agar mendapatkan pelanggan. Seperti dalam segi desain grafis web yang menarik, tidak pasaran, dan profesional, atau anda pun dapat mengedepankan pelayanan sehingga bisnis yang di bangun akan terpercaya.

Menjadi Youtuber

Tidak hanya bisa menjadi salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan di tahun ini, menjadi seorang youtuber juga bisa membuat anda populer ibarat artis yang dikenal banyak orang.

Jika sudah populer di mata para penontonnya seorang youtuber dapat dengan mudah meraup rupiah bahkan hingga miliaran dalam setiap bulannya.

Dari mana datangnya penghasilan untuk seorang youtuber ?

Bermacam-macam…, bisa dari program Google Adsense yang mana nantinya video anda akan diselipkan iklan dan pemilik channel youtube pun akan mendapatkan komisi saat iklan ditayangkan.

Bisa juga mendapatkan penghasilan dari endorse produk sebuah perusahaan yang ingin produknya dipromosikan melalui channel youtube anda.

Atau mungkin juga anda sendri yang menjual produknya….

Intinya setelah chennel youtube anda populer dan banyak dikenal tidak akan sulit untuk menghasilkan rupiah dengan memanfaatkannya.

Penulis Artikel

Semakin menjamur saat ini perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan adanya internet untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara yang dilakukan mereka adalah dengan membuat website untuk berpromosi agar bisnisnya lebih dikenal secara luas.

Website bisnis tersebut tentunya tidak selesai di buat lalu dibiarkan begitu saja agar program promosinya sukses menjaring pelanggan, melainkan akan membutuhkan tulisan artikel yang update setiap hari sebagai konten websitenya.

Atas dasar hal tersebutlah maka jasa penulis artikel sangat di butuhkan dalam bisnis online. Tulisan berbobot dan berkualitas dapat dihargai cukup tinggi serta banyak dibutuhkan setiap harinya.

Jika anda memiliki hobi atau keterampilan menulis dengan baik, menjalankan bisnis ini bisa sangat menjanjikan terlebih lagi tidak perlu modal besar yang harus dikeluarkan untuk menjalankannya.

Menjadi Blogger

Menulis pada sebuah blog bagi sebagian orang adalah merupakan sebuah hobi yang menyenangkan. Membagikan informasi kepada para netizen, berbagi pengalaman, hingga berbagi tentang hal yang kita sukai menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang blogger.

Kabar baiknya aktifitas yang menjadi sebuah hobi tersebut dapat kita arahkan untuk menghasilkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Kuncinya adalah memiliki blog yang cukup banyak dikunjungi pembaca.

Salah satu caranya ialah dengan mengukuti program publisher iklan seperti yang di tawarkan oleh Google melalui program Google Adsense.

Nantinya jika blog anda memenuhi kriteria dan diterima program tersebut anda dapat menyiapkan space dalam blog untuk menampilkan iklan, dan jika ada pembaca yang tertarik untuk mengunjungi iklan tersebut anda akan mendapatkan komisi bayaran.

Cara lain menghasilkan uang dari blog yaitu dengan menerima space iklan dari perusahaan-perusahaan, toko online dan sebagainya untuk memasang banner iklan di blog anda.

Baca juga Bisnis Online Untuk Pelajar yang Mudah di Jalankan

Beberapa pilihan peluang bisnis online diatas telah terbukti menghasilkan selama bertahun-tahun dan pastinya di 2019 ini pun akan semakin pesat lagi peningkatannya.

Maka dari itu, mulai dari sekarang sebisa mungkin apapun pekerjaan ataupun bisnis yang sedang dilakukan libatkanlah dengan dunia internet, jika di lakukan dengan benar bukan tidak mungkin akan bisa lebih mengingkatkan lagi pendapatan.

Semoga Sukses…