Peluang Bisnis Menggiurkan Jualan Ketan Aneka Rasa

Siapa bilang hanya dengan jualan ketan kukus tidak bisa sukses? Ada contoh menarik yang patut kita kagumi terkait jualan ketan aneka rasa ini. Jika anda pernah mendengar nama Kedai Ketan Legenda 1967, ya bisnis lawas itulah yang akan kita jadikan inspirasi dalam artikel ini. Artikel ini cocok sekali buat anda yang ingin menggeluti usaha jualan ketan aneka rasa.

Kedai Ketan Legenda 1967, sesuai namanya telah ada sejak tahun tersebut dan hingga kini eksis menjadi tongkrongan para turis lokal maupun mancanegara.

Kedai tersebut tepatnya berada di Jalan Kartini No.6 Ngaglik, Kota Batu Jawa Timur. Lokasinya tidak semewah seperti yang kita bayangkan tapi jumlah pelanggannya cukup membikin kepala geleng-geleng.

Untuk membeli satu porsi ketan di sana kira-kira butuh waktu minimal 10 menit untuk mengantri. Kalau di musim-musim liburan, bisa 2 jam antriannya. Kalau anda punya jadwal untuk berkunjung ke kota Batu Jawa Timur jangan lupa mengunjungi kedai ketan tersebut, lokasinya mudah ditemukan, yaitu di pojokan sebelah barat alun-alun kota Batu. Kedai ketan ini buka mulai pagi hari hingga tengah malam.

Jualan Ketan Aneka Rasa

Apa yang bisa kita pelajari dari usaha legendaris tersebut supaya kita bisa menangkap peluang usahanya? Akan kita coba ungkap dalam poin-poin berikut ini.

Ketan Itu Mirip Nasi, Bisa Dikasih ‘Lauk’ Bermacam-Macam

Jika kita ibaratkan seperti nasi, maka ketan memiliki sifat yang hampir sama, sangat fleksibel dan bisa diberi bermacam-macam ‘lauk’.

Jika nasi enak dimakan dengan rendang, sayur asem, lodeh, hingga sambel pecel, maka ketan juga demikian. Ketan bisa disandingkan dengan beraneka ragam pelengkap rasa dan topping, mulai dari buah-buahan, susu, keju, parutan kelapa, serondeng, bubuk kacang, hingga coklat granul.


Karena itu terciptalah berbagai jenis menu ketan paling populer di pasaran, sebut saja:

  • Ketan Susu
  • Ketan Durian
  • Ketan Kacang Hijau
  • Ketan Parut Kelapa + Keju

Melihat karakteristik ketan tersebut pada hakikatnya kita bisa mengambil pelajaran bahwa makanan berbahan ketan itu bisa diolah menjadi makanan super enak dan bernilai jual tinggi.

Jualan Ketan Bisa Dimulai Dari Langkah Kecil

Untuk bisa jualan ketan anda tidak harus memiliki kedai terlebih dahulu. Ketan itu bisa dikemas sedemikian rupa dan dijajakan ke konsumen langsung. Anda bisa memulai langkah kecil dengan membuat bingkisan-bingkisan kecil dan titipkan ke warung-warung.

Baru setalah anda mahir meracik ketan dengan berbagai macam rasa, anda bisa merencanakan untuk membuat sebuah kedai ketan.

Saya sangat yakin bahwa usaha seperti ini tidak hanya ada di kota Batu, tapi tersebar di berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Ketan adalah kuliner khas nusantara dan digemari oleh siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jenis Ketan dan Cara Memasak Ketan Jadi Kunci Utama

Dari berbagai macam ciri-khas yang ada, sebenarnya ada satu kunci lagi yang itu hanya bisa ditemukan melalui pengalaman panjang, yaitu menemukan varietas beras ketan unggulan dan mengerti cara memasak ketan yang beda dari yang lain.

Hal seperti ini cukup mudah dipahami dengan logika: dari berbagai jenis varietas tanaman padi, hanya beberapa saja yang mampu menghasilkan beras unggulan. Demikian juga ketan, dari berbagai jenis tumbuhan ketan yang ada, mungkin hanya beberapa saja yang menghasilkan beras ketan unggulan.

Tidak semua orang paham akan jenis ketan yang enak dan punel. Pun juga tidak semua orang bisa memasak ketan yang enak dan punel. Mungkin ini juga salah satu kunci kesuksesan Kedai Ketan Legenda 1967 yang ada di Kota Batu tersebut.

Baca Juga Aneka Kuliner Bandung Untuk Inspirasi Usaha

Dengan ilmu sederhana seperti yang telah disampaikan, semoga menambah kesiapan anda dalam merintis kedai ketan. Salam sukses!