Peluang Bisnis Barang Antik Yang Menguntungkan

Peluang bisnis barang antik merupakan salah satu bidang usaha menjanjikan yang menyasar konsumen sebagian besar dari kalangan penghobi atau kolektor. Oleh sebab itu umumnya bisnis dengan target pasar seperti ini, sedikit memiliki karakteristik berbeda dengan bisnis yang lain. Dan sebagian besar justru memiliki kelebihan untuk sisi penjualnya, seperti misalnya saja patokan harga jual barang yang bisa melambung tinggi.

Hal ini terjadi oleh sebab produk yang di tawarkan juga tidak seperti produk kebanyakan dipasaran yang ketersediaannya melimpah dan dapat di produksi kembali. Sedangkan untuk barang antik tidak, ketersediannya umumnya sangat langka di pasaran sehingga sesuai hukum pasar harganya akan diluar nalar atau sangat tinggi.

Dan selain itu, barang antik juga bisa memiliki nilai berupa kenangan tersendiri bagi pembelinya. Sehingga akan memiliki arti tersendiri saat di milikinya. Nilai kenangan tersebut rata-rata tidak bisa di bandingkan dengan uang, saat diinginkan seseorang berapapun harganya tidak akan menjadi halangan.

Peluang Bisnis Barang Antik

Untuk menentukan harga jual dari barang antik tidak ada standarisasi seperti produk lain yang bisa di ukur dari bahan baku pembuatan, ongkos kerja, dan cost produksi lainnya. Semakin langka dan berumur tua biasanya harga jual justru akan semakin mahal.

Maka tidak mengherankan jika ada barang antik yang dijual hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah, meski di masanya hanya bernilai sangat murah.

Advertisement

Namun begitu tidaklah mudah bagi pelaku usaha barang antik untuk mendapatkan produk jualannya. Tentu saja karena tidak akan ada supplier atau produsen yang memproduksinya lagi saat ini. Maka dalam hal inilah salah satunya yang menjadi tantangan. Meski keuntungan yang dapat di raup sangat besar namun frekuensi penjualan terbilang sangat jarang.

Begitu pula untuk mencari konsumen yang benar-benar berminat, tidaklah kalah sulitnya. Karena hanya sebagian kecil saja di masyarakat kita yang menggemari barang-barang seperti ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah promosi yang luas untuk menjaring pembeli ataupun mencari stok produk keberbagai wilayah. Selain itu perlu diupayakan juga untuk menjalin kerja sama antar para pelaku usaha serupa agar terjadi sebuah jaringan yang saling menguntungkan semua pihak.

Lalu apa saja produk yang biasa di perjual belikan pada bisnis ini ? Pada dasarnya semua produk yang ada sekarang ini memiliki versi antiknya. Misalnya saja sepeda, sepeda yang berumur tua semacam sepeda ontel jaman dulu memiliki nilai jual yang tinggi bahkan bisa lebih tinggi di banding sepeda keluaran terkini.

Lalu contohnya lagi produk kendaraan baik itu mobil ataupun motor, kamera-kamera tua, arloji atau jam dinding, audio player atau pemutar piringan hitam, peralatan rumah kuno, batu akik, keris atau pedang samurai langka, perangko, uang kuno, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga :

Tidak kalah penting juga yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis barang antik ini adalah pengetahuan akan sejarah yang berhubungan dengan barang yang akan di jual. Sebabnya konsumen akan mencari tau apa yang menjadi nilai lebih pada barang yang akan di belinya, tanpa pelaku usahanya yang bisa menjelaskan secara terperinci akan sulit untuk mendapatkan perhatian dari mereka.