Panduan Ternak Ikan Gurame Dalam Kolam Terpal

Berternak ikan gurame atau gurami dalam kolam terpal untuk sekarang ini memang semakin diminati oleh masyarakat umum, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki lahan kosong dengan minim kandungan air. Jika awalnya dalam berternak ikan gurami ini dilakukan pada empang air tawar atau kolam yang terdapat aliran airnya, sekarang ikan gurame bisa diternakkan dalam kolam terpal.

Bahkan untuk kolam terpalnya sendiri yang digunakan tidaklah perlu terlalu luas, yang terpenting di sini adalah desain yang baik sesuai dengan kapasitas populasi ikan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa panduan ternak ikan gurame dalam kolam terpal yang bisa kami informasikan kepada Anda.

Panduan Singkat Ternak Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Proses Pembuatan Media Ternak

Untuk media ternaknya sendiri akan digunakan untuk membuat sebuah kolam, yakni plastik atau terpal. Selain dengan terpal atau pun plastik, untuk ternak ikan gurame dalam kolam terpal ini juga butuh batu bata merah yang nantinya akan digunakan sebagai tembok penompang, dengan ketinggan sekitar 1 m, panjang 4 m, dan lebar 2 m.

Cara Pengisian Air Kolam

Langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air dengan ketinggian sekitar 50 hingga 75 cm. Hal yang demikian ini bertujuan supaya ikannya tidak bisa mudah melompat atau pun ketika hujan airnya tidak meluap. Dan kolam yang sudah diisi air tersebut harus didiamkan selama 7 hari, sebelum penebaran benih ikan gurame dilakukan.

Takaran Jumlah Benih Tebar

Untuk ukuran kolam terpal sedang, Anda bisa menebarkan benih ikan gurame ini kurang lebih 200 ekor. Hal tersebut bertujuan supaya populasi ikan ketika semakin membesar tidak berlebihan. Selain hal itu, selama berternak ikan gurame pada kolam terpal harus secara rutin dalam memberikan pakan di waktu pagi dan sore harinya. Untuk bisa mengurangi efek panas dari sengatan sinar matahari, Anda juga bisa menambahkan eceng gondok, sehingga suhu airnya tidak terlalu berlebihan.

Sedangkan untuk perawatannya sendiri diperlukan seperti dengan membuat sariang air sama halnya dalam akuarium, sebab jenis ikan ini memang sangat membutuhkan oksigen yang baik, dan juga air yang bersih. Dalam setiap 2 minggu sekali air pada kolam terpal tersebut diberikan sanitizer, hal ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dalam kolam terpal.

Demikianlah panduan singkat ternak ikan gurame dalam kolam terpal yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel 5 usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan