Panduan Lengkap Menjadi Dropshipper Sukses

Pernah mendengar istilah dropshipper kan ? Dialah sebutan untuk seorang yang menjalankan bisnis online dengan sistim dropship.

Bisnis dengan sistim dropship sendiri sekarang ini semakin banyak di pilih, karena kelebihannya yang dapat dijalankan dengan modal sangat minim atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Secara sederhana sistim dropship bekerja hanya dengan memasarkan barang pedagang lain, tanpa harus produksi, menyiapkan stok barang dagangan sendiri, bahkan mengirim barang pun tidak dilakukan sendiri.

Cukup dengan menentukan barang yang akan dijual, mencari pembeli, transaksi secara online dengan pembeli lalu meneruskannya kepada supplier.

Dengan sistim yang demikian, tak heran jika seorang dropshipper dapat menikmati keuntungan dari penjualan dengan tanpa harus mengeluarkan sejumlah modal.

Untuk lebih jelas mengenai dropship anda bisa kunjungi artikel berikut ini Arti Sistem Dropship Dan Reseller di Bisnis Online Shop

Yang selanjutnya akan dibahas pada artikel kali ini ialah bagaimana caranya menjadi seorang dropshipper sukses dari mulai memilih supplier hingga mampu menghasilkan keuntungan, berikut panduannya.

Menjadi Dropshipper Sukses

Memilih Barang yang Akan Di Pasarkan

Karena seorang dropshipper tidak perlu memiliki barang dagangan sendiri, cukup banyak pilihan yang dapat di ambil untuk menentukan barang apa yang akan di pasarkan secara dropship.

Tentunya syarat paling penting adalah barang yang akan dijual merupakan barang yang sedang cukup ramai dicari dipasaran agar mudah melakukan penjualan.

Enaknya lagi dengan sistim bisnis ini kita lebih leluasa untuk menyediakan banyak aneka barang yang dianggap potensial untuk di pasarkan, karena sekali lagi kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan stok barang.

Cukup dengan mengumpulkan gambar-gambar barang yang akan dijual untuk nantinya diperlihatkan kepada calon pembeli.

Meski dapat memasarkan banyak barang namun hendaknya produk yang dijual masih dalam satu kategori.

Misalnya khusus kategori produk makanan, produk gadget, produk fashion dan lain sebagainya.

Diharapkan dengan menjual spesifik dalam satu kategori produk, calon konsumen dapat melihat kita sebagai pedagang spesialis di kategori tersebut.

Beberapa hal yang harus dihindari dalam menentukan produk diantaranya adalah jangan pilih produk yang rentan kerusakan terutama saat pengiriman.

Pasalnya akan cukup merepotkan saat barang yang dipesan rusak diperjalanan, pembeli akan komplain ke pihak kita selaku dropshipper, sedangkan kita pun harus melanjutkan komplain kepada supplier.

Selain itu hidari juga menjual barang yang terlampau ketat persaingannya di pasaran, dapat ditandai dengan banyaknya penjual yang ikut serta memasarkan barang tersebut.

Mencari Supplier Yang Berkualitas

Selain produk yang dijual, supplier yang dimiliki oleh seorang dropshipper juga memegang peranan sangat penting dalam hal sukses tidaknya bisnis dropship yang di jalankan.

Pasalnya supplier lah yang menjadi penentu kita dalam menerapkan harga jual barang, memastikan ketersediaan stok, menjaga kualitas barang jualan hingga tanggung jawab masalah pengiriman.

Terlampau mahal harga barang dari supplier akan mengakibatkan dropshipper sulit menjual kembali karena harga yang tidak mampu bersaing,

Ketersedian stok barang yang tidak menentu akan sulit bagi dropshipper untuk menjanjikan pengiriman karena stok tidak pasti.

Begitu pula dengan menjaga kualitas barang jualan karena nantinya konsumen akan berkomunikasi dengan dropshipper mengenai kekurangan dan kelebihan barang yang dijual.


Oleh karena ini memiliki supplier yang berkualitas dan bisa diandalkan merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh seorang dropshipper jika ingin sukses dalam bisnisnya.

Untuk menjadi panduan, beberapa ciri dari supplier berkualitas diantaranya adalah, mudah diajak berkomunikasi.

Bahkan mereka memepersilahkan untuk mendropsipkan produknya kepada kita.

Memberikan harga khusus yang lebih murah untuk para dropsipper agar bisa menjual kembali dan mendapatkan keuntungan.

Terbuka mengenai kualitas produk yang dimilikinya, bagaimana kekurangan dan kelebihannya serta ketersedian stoknya.

Selain itu supplier yang kemungkinan besar dapat di andalkan juga pastinya memiliki alamat tempat berjualan, sehingga jika dengan mudah kita dapat mendatanginya.

Memilih Tempat Berjualan Strategis

Berbicara mengenai bisnis dropship umumnya media jualan yang digunakan adalah media online.

Media online untuk berjualan tentunya bisa bermacam-macam, dari mulai website pribadi, berjualan di media sosial hingga berjualan di marketplace seperti TOKOPEDIA, BUKALAPAK atau Shopee.

Setiap tempat berjualan online tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan bagi seorang dropshipper memiliki banyak tempat berjualan sudah barang tentu bisa lebih menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Meski begitu, bagi pelaku bisnis dropship pemula hendaknya fokus terhadap salah satu tempat berjualan terlebih dahulu.

Jangan sampai membuka di banyak tempat namun masing-masing tidak terkontrol dengan baik.

Melihat trend yang sedang berkembang saat ini, memilih marketplace sebagai tempat berjualan secara dropship menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan lebih dahulu.

Banyak alasan mengapa marketplace saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja online, salah satunya karena di media ini pembeli mendapatkan keamanan berbelanja dibandingkan media online lain.

Artikel Terkait :

Melayani Konsumen Dengan Baik

Sedikit berbeda dalam hal menangani konsumen, pasalnya dropshipper berada di posisi yang tidak memiliki barang jualannya secara langsung.

Jika begitu bagaimana kita menjelaskan kepada konsumen mengenai barang yang dijual ? bagaimana spesifikasinya, cara penggunaannya, serta apa saja kelebihannya.

Hal tersebut menjadi salah satu tantangan untuk seorang dropshipper.

Bagaimana menjelaskan produk yang dijual namun kita sendiri tidak memahami detailnya secara pasti.

Oleh karena itu menjalankan bisnis dropship tidak boleh sembarangan dalam hal memilih produk yang akan dijual, minimalnya kita harus sedikit memiliki gambaran atau pernah menggunakan atau minimal pernah melihat produk yang akan di pasarkan.

Jalan lainnya kita dapat mencoba membeli barang yang akan dijual terlebih dahulu sebelum kita pasarkan kembali, dengan begitu kita memiliki gambaran yang detail mengenai produk tersebut.

Selanjutnya cara melayani konsumen untuk seorang dropshipper adalah sebisa mungkin konsumen jangan mengetahui jika kita bukanlah penjual yang memiliki produk sendiri.

Oleh sebab itu kemampuan kita menjelaskan produk secara detail wajib dimiliki, sehingga mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Baca Juga Mau Belajar Bisnis Dengan Sistem Dropship? 5 Langkah Ini Bisa Membuatmu Pede!

Bagaimana apakah panduan mengenai cara menjadi dropsipper sukses diatas bisa menjadi informasi tambahan yang bermanfaat ?

Tentunya setiap jenis bisnis apapun, diawal masa merintis pastinya akan mengalami banyak rintangan. Untuk melewatinya tidak ada jalan lain selain harus memiliki mental yang pantang menyerah dan terus mencoba hingga bisnisnya bisa berjalan dengan lancar.

Semoga Menginspirasi…