Pahami Beberapa Hal Ini Sebelum Mulai Jualan Di Lazada

Tak bisa dipungkiri Lazada merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan segala kelebihannya dibanding dengan marketplace lain seperti Shopee, Bukalapak, Blibli ataupun Tokopedia. Sebagai calon penjual (seller), anda pasti bingung memilih mana marketplace yang paling tepat untuk produk yang ingin dipasarkan.

Salah memilih marketplace untuk suatu produk tertentu bisa berdampak pada strategi pengembangan selanjutnya. Agar kita bisa mengetahui seluk-beluk tentang sebuah marketplace online, maka kita harus melakukan survey terlebih dahulu agar tahu bagaimana karakternya. Apakah disana juga ada produk pesaing? Apakah produk-produk sejenis dijual dengan harga kompetitif ? Dan berbagai karakter lainnya.

Nah, jika saat ini anda melirik Lazada sebagai basis jualan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena marketplace satu ini menurut kami memiliki keunikan tersendiri. Dan dengan keunikannya tersebut, marketplace Lazada bisa tetap eksis sampai saat ini dan memiliki pelanggan yang sangat melimpah.

Beberapa Hal Ini Sebelum Mulai Jualan Di Lazada

Setiap Marketplace Jadi Pasarnya Produk Tertentu

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa setiap marketplace memiliki keunikannya sendiri dan biasanya marketplace tertentu juga menjadi basis produk tertentu. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap marketplace memiliki kategori produk yang hampir sama dan setiap kategori tersebut pasti memiliki list produk dari para penjual.

Yang harus menjadi perhatian anda adalah menemukan ‘pasar’ sebenarnya dari sebuah produk. Misalnya anda memiliki produk di kategori kuliner, nah untuk mulai jualan di Lazada anda harus bertanya dan melakukan survey apakah produk tersebut adalah produk yang paling dicari di Lazada?


Ada LazMall Gudangnya Barang Official

Untuk kategori barang official (barang branded resmi) Lazada tidak sendirian. Ada BukaMall, Shopee Mall, dan ada Tokopedia Official Store, nama-nama saingan terberatnya. Jika anda memiliki hak paten merek, atau resmi menjadi distributor produk merek tertentu, maka tempat-tempat seperti yang disebutkan adalah opsi wajib.

Untuk menentukan Lazada sebagai basis jualan, lagi-lagi pertimbangannya adalah dengan melihat pasarnya. Kalau memang jenis produk anda banyak di jual di LazMall, maka itu adalah pilihan yang tepat.

Pahami Tata Cara dan Teknis Jualan Di Lazada

Ini menyangkut semua hal mulai dari pendaftaran hingga penanganan order dan penarikan dana. Setiap marketplace memiliki caranya sendiri-sendiri, dan itu belum tentu cocok dengan setiap seller. Contoh kecilnya adalah prosedur pendaftaran menjadi penjual. Lazada menetapkan syarat dan ketentuan khusus yang mungkin saja berbeda dengan marketplace lain seperti Shopee. Begitu juga dengan penanganan order, pilihan jasa pengiriman, peluang gratis ongkos kirim, diskon, dan lain sebagainya.

Ada 3 Jenis Seller di Lazada

Perlu anda ketahui bahwa di Lazada ada banyak kategori barang impor yang dijual langsung oleh pemilik usaha yang berada di wilayah China, Korea dan Jepang. Jika anda saat ini sedang berada di salah satu wilayah tersebut dan ingin berjualan dengan target pasar masyarakat Indonesia, maka anda bisa melakukannya dengan daftar menjadi penjual di kategori LazGlobal.

Dua pilihan lain yaitu menjadi penjual barang official (pemegang merek atau distributor resmi) atau menjadi penjual biasa.

Mengintip Review Pembeli Di Kategori Produk Tertentu

Ketika bicara soal kelebihan dan kekurangan sebuah marketplace kita tidak bisa melakukan generalisir atas semua layanan yang diberikan. Kita harus jeli dan fokus pada produk di kategori tertentu termasuk produk pesaing. Karena dalam berjualan yang paling dicari adalah ceruk atau pasar dari kategori produk tersebut, maka saran terbaik dalam memilih marketplace adalah dengan megintip review dari pembeli.

Intinya, jualan di Lazada adalah pilihan tepat dengan syarat produk anda dan strategi anda sesuai dengan karakter marketplace tersebut. Untuk mulai jualan di Lazada anda bisa mengikuti cara singkatnya disini.