Olahan Singkong Populer Inspirasi Untuk Berbisnis

Singkong merupakan salah satu hasil bumi yang patut kita olah menjadi aneka makanan yang bernilai jual tinggi. Terlebih singkong ini telah lama dikenal masyakat sebagai makanan populer yang digemari segala kalangan, dari anak hingga orang dewasa.

Meski dalam pembudidayaannya singkong ini tidak begitu memiliki nilai jual yang maksimal, berbeda dengan hasil olahannya. Semakin bisa kita berkreasi mengemasnya dengan apik, unik dan bercitarasa tinggi, maka harga jualnya pun bisa terdongkrak berkali-kali lipat lebih tinggi.

Paling sering ditemui olahan singkong yang sukses laris manis dipasaran ialah berjenis makanan ringan atau cemilan. Jika anda sekarang ini sedang mencari inspirasi produk makanan ringan dari singkong untuk berbisnis, berikut beberapa diantaranya yang mungkin bisa menjadi masukan.

Singkong Keju Melepuh

singkong melepuh

Singkong yang diolah dengan cara digoreng sudah barang tentu tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, membuatnya pun sebagaian besar dari kita sudah paham benar karena memang sangat sederhana. Tetapi bagaimana dengan singkong melepuh, atau ada yang juga menyebutnya dengan sebutan Singkong keju melepuh, apakah anda sudah pernah pernah menikmatinya ?

Inovasi baru dalam pembuatan singkong goreng, mungkin kuliner inilah yang menjadi salah satu yang cukup menyita perhatian. Dengan beberapa inovasi baru pada prosesnya singkong goreng ini memiliki citarasa yang lebih lembut melepuh namun tetap renyah saat di santap.

Rahasianya adalah, pengolahan pada tahap awal yang dikukus terlebih dahulu lalu direndam dalam air es yang telah dicampur berbagai bumbu dan rempah sebelum akan digoreng seperti biasanya.

Kripik Singkong Dengan Level Pedas

Olahan Singkong

Tidak kalah fenomenal dengan olahan sebelumnya, inovasi kripik singkong dengan penerapan level pedas yang bisa dipilih konsumen, menjadi populer diberbagai wilayah hingga saat ini.

Salah satu merk yang memprakarsai trend ini adalah kripik singkong pedas maicih asal kota Bandung, yang berhasil sukses menjadi produk ternama di Indonesia. Lewat produknya bahkan brand ini mampu menginspirasi pebisnis lain untuk menciptakan camilan sejenis yang bukan hanya berbahan dari kripik singkong saja.

Getuk Lindri Singkong

getuk

Getuk Lindiri yang dibuat dari bahan singkong adalah sebuah kuliner legendaris asli dari Indonesia tepatnya dari daerah Jawa Tengah. Kuliner yang masuk dalam kategori kue ini, telah lama diminati masyarakat dan biasanya menjadi salah satu produk oleh-oleh populer saat berkunjung ke daerah asalnya.

Salah satu inovasi dari produk getuk yang namanya cukup populer yakni getuk tri warna atau tiga warna. Disebut demikian karena getuk ini terdiri dari tiga warna yang berbeda, umumnya berwarna putih, merah muda dan coklat.

Banyak merk yang memproduksi getuk jenis ini serta tidak sedikit diataranya yang berhasil menjadi sebuah bisnis turun termurun yang terus eksis hingga kini.

Donat Singkong

donat singkong

Kendati singkong sering kali disebut sebagai makanan kampung atau pedesaan, namun nyatanya singkong ini juga bisa diolah menjadi makanan modern khas perkotaan. Diantaranya adalah menjadi bahan untuk membuat donat. Donat yang dibuat dari singkong dinilai banyak memiliki kelebihan untuk kesehatan dibadingkan dengan donat dari bahan tepung terigu.

Agar bisa lebih menarik perhatian, donat singkong pun dapat di tambahkan dengan aneka topping layaknya donat pada umumnya.

Peyeum Atau Tape

tape

Jika di Jawa Tengah ada getuk yang menjadi makanan legendaris berbahan dasar singkong. Di daerah Jawa Barat tepatnya di Bandung, ada Peyeum atau di sebut juga tape yang menjadi salah satu ikon makanan khas yang di gemari masyarakat.

Makanan ini diolah dengan sistim fermentasi ragi yang di campurkan pada singkong yang sudah di kukus, lalu dipendam dalam jangka waktu sekitar 2 malam. Proses pemendaman inilah yang menjadi sebutan untuk nama makanan ini, yang dalam bahasa sundanya adalah “dipeyeum”.

Dijajakan sebagai buah tangan asal dari kota Bandung, makanan ini bisa menarik perhatian karena memiliki citarasa manis yang unik meski dalam pembuatannya tidak menggunakan gula.

Baca juga artikel :

Itulah beberapa olahan singkong yang namanya cukup populer di masyarakat. Semoga dapat dijadikan inspirasi tambahan untuk anda yang akan atau sedang menjalani bisnis kuliner.