Ojek Syar’i Pilihan Transportasi Untuk Wanita

Inovasi pada layanan transportasi yang saat ini cukup menghebohkan kembali menghadirkan sebuah bisnis kreatif yang bisa menjadi pilihan untuk masyarakat. Yang masih sering kita dengar sekarang ini adalah sebuah bisnis yang sukses memodifikasi ojek konvensional menjadi lebih modern yaitu GOJEK, dengan kehadirannya cukup membuat gempar seluruh masyarakat di Indonesia.

Sekarang kembali muncul sebuah layanan transportasi ojek namun dengan sasaran konsumen yang lebih spesifik lagi yaitu Ojesy atau Ojek Syari. Dari namanya yang islami saja mungkin pembaca semua sudah bisa menebak siapa yang menjadi sasaran utama konsumen dari bisnis ini. Benar.. Ojesy lebih mengkhususkan menyasar konsumen dari kalangan wanita untuk menjadi pelanggannya.

Ide Brilian Dan Sangat Berpotensi

Adalah Evilita Adriani dan Reza Zamir yang awalnya memiliki ide brilian untuk menciptakan bisnis ini di kota Surabaya. Evilita yang dalam pekerjaan sehari-harinya tengah menjalani freelance sebagai kurir makanan di kota tersebut, mendapatkan inspirasi untuk menghadirkan transportasi khusus wanita ini. Berawal dari keluhan seorang teman wanitanya yang merasa risih saat di bonceng ojek dengan driver laki-laki, ide untuk menciptakan Ojek syar’i pun seketika muncul di benaknya.

Ojek Syar'i

Tentunya bukan hanya mereka saja yang merasakan kurang nyaman saat menggunakan sarana transportasi ojek yang di sopiri oleh laki-laki, pastinya seluruh perempuan pun akan merasakan hal yang sama. Bagaimana tidak, mereka harus duduk berdekatan dengan laki-laki yang mungkin saja baru di kenalnya, apalagi dalam agama islam yang cukup ketat membatasi wanita dalam berinteraksi dengan laki-laki yang bukan muhrimnya. Dengan menggunakan Ojek syari ini hal tersebut bisa di atasi karena driver yang di pilih untuk mengendarai motornya adalah dari kalangan wanita juga.

Maka dari itu ide yang Evilita hadirkan lewat usaha Ojek Syari ini sangatlah berpotensi, belum lagi pada ahir-ahir ini juga seringkali kita mendengar di berbagai media tidak kejahatan yang dilakukan di sarana transportasi publik dengan korban dari kalangan wanita. Dengan begitu Ojesy ini bisa menjadi sarana transportasi andalan prempuan yang cepat,aman dan juga nyaman.

Semakin besarnya pengguna lalu lintas sekarang ini juga cukup bisa menjadi alasan wanita untuk bepergian menggunakan ojek syar’i ini. Mobil serta kendaraan roda empat lain sepertinya menjadi kurang efektif di andalkan saat kita membutuhkan efesiensi waktu dalam berkegiatan sehari-hari. Terlebih di kota-kota besar yang lalu lintas padat dan macet telah menjadi pemandangan bisa setiap harinya.

Pengembangan Bisnis Ojesy

Meski sekarang ini belum sepopuler kompetitor bisnis sejenisnya seperti Gojek, ojek syari ini cukup serius di kembangkan. Sementara ini layanan ojesy masih menggunakan sistim booking melalui media sosial, telefon, sms serta bbm dan juga whatsapp. Sedangkan sistim booking menggunakan aplikasi smartphone masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga selamat datang gojek good bye ojek

Namun begitu, gencarnya ekspansi bisnis yang di tempuh ojek syari ini juga cukup serius di jalankan, terbukti dengan melebarnya wilayah pengembangan hingga ibu kota Jakarta, yang sebelumnya ojesy ini hanya hadir di kota Surabaya, Malang, dan Sidoarjo.

Untuk tarif kepada konsumennya, ojek syari menerapkan harga 5000 rupiah untuk tarif awal dan 3000 rupiah untuk perkilometer berikutnya. Tarif tersebut terbilang kompetitif dengan saingan bisnisnya yang telah lebih dulu hadir. Dengan begitu sang pemilik bisnis ini pun berharap ojek syari ini bisa tumbuh di seluruh kota di Indonesia dan menjadi sarana transportasi pilihan bagi perempuan.