Modal Yang Harus Dimiliki Pebisnis Selain Uang

Kebanyakan orang berfikiran sebelum memulai berbisnis modal paling utama yang harus di miliki adalah uang, pemikiran tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya benar. Karena bukan hanya uang saja yang kita butuhkan dalam memulai sebuah bisnis. Masih banyak yang harus di miliki selain uang, meski pada ahirnya tetap kita akan membutuhkan modal uang untuk menjalankan usaha.

Yang harus di perbaiki dari pola pikir kebanyakan masyarakat yang mengutamakan uang sebagi modal utama adalah, jangan sampai karena ketiadaan modal, kita ahirnya memilih untuk tidak jadi menjalankan usaha. Sebabnya sebelum memiliki modal berupa uang kita juga harus mempersiapkan modal lainnya yang lebih penting. Biarlah bisnis berjalan terlebih dahulu dengan modal uang seadanya, sambil itu berjalan kita pun akan berusaha menghimpun dana untuk tambahan modal berkutnya.

Lalu, apa sajakah modal utama dalam menjalankan bisnis selain uang itu ?

  • Ide Bisnis

Alangka lebih baiknya jika sebelum memikirkan modal keuangan anda memastikan terlebih dahulu ide bisnis yang akan anda jalankan, karena ini adalah tahap paling awal yang harus anda pikirkan. Jika anda mendahulukan mempersiapkan uang sebelum memiliki ide bisnis apa yang akan ada jalankan, kebanyakan usaha mereka tidak pernah berjalan. Mengapa demikian ?

Bayangkan saja jika anda di beri uang misalnya sejumlah 100 juta untuk modal usaha, sedangkan usahanya saja  belum terbayang akan mengerjakan apa, yang terjadi berikutnya adalah anda akan menghabiskan waktu untuk mencari bisnis apa yang akan di jalankan hingga uang tadi habis terpakai untuk kegiatan lainnya. Bahayanya seseorang yang memiliki uang dalam jumlah besar sering kali timbul berbagai macam keinginan yang tidak penting yang bukan merupakan kebutuhan.

modal bisnis selain uang

Akan berbeda jika anda sudah memiliki ide bisnis yang akan di jalankan dan juga sudah mempelajari secara matang perkiraan perjalanan usahanya.

Advertisement
  • Semangat Kerja Yang Tinggi

Motivasi untuk menjalankan sebuah bisnis haruslah timbul dari diri sendiri agar dapat menumbuhkan semangat kerja yang tinggi. Artinya keinginan menjalankan bisnis harus datang dari diri anda sendiri, tidak bisa karena di desak oleh pihak lain.

Jika anda menjalankan bisnis karena ada desakan dari orang lain maka di pastikan perjalanan usaha pun akan anda lewati dengan semangat kerja yang loyo. Dan sebuah bisnis tidak akan bisa sukses jika sang pemimpinnya tidak memiliki semangat kerja yang tinggi meskipun itu di dukung dengan modal uang yang besar.

Bagaimana bisa memberi semangat kerja kepada bawahan atau karyawan jika anda sendiri kurang serius menjakankan usahanya, bisnis seperti ini pada ahirnya akan terbengkalai dan berujung pada kebangkrutan.

  • Memilki Impian Yang Besar

Untuk senantiasa bisa memiliki semangat kerja yang tinggi kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri dengan hal yang bisa memacu semangat kerja kita. Salah satu hal tersebut adalah impian yang besar, impian disini bukan berarti menghayal hal yang tidak jelas, akan tetapi harus memiliki impian yang di ikuti oleh kerja keras.

Seseorang yang memiliki impian yang besar dan berusaha menggapainya akan memicu semangatnya untuk selalu lebih baik lagi dalam menjalankan sebuah bisnis.

  • Mental Yang Kuat

Dalam menjalankan bisnis nantinya akan di hadapkan dengan berbagai macam rintangan, itu sudah pasti terjadi pada setiap pebisnis dalam melewati jalan menuju puncak kesuksesan. Memiliki modal keuangan yang besar akan percuma jika tidak memiliki mental yang kuat, saat di hadapkan pada masalah yang besar, jika kita tidak bermental kuat maka akan berujung kepada berhentinya sebuah usaha.

Baca juga artikel Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Usaha

Untuk agar dapat memiliki mental yang kuat sebaiknya pebisnis ikut langsung terjun dalam menjalankan bisnisnya, jangan mengandalkan karyawannya. Dengan begitu kita akan bisa mencari solusi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.