Modal Usaha Pertamini dan Keuntungannya

Usaha berdagang bensin secara eceran yang belakangan banyak disebut dengan usaha pertamini atau pom bensin mini, kian hari keberadaannya terus bertambah. Paling banyak ditemui di daerah-daerah yang lokasi pengisian bensin resmi (Pertamina) masih jarang ditemui sehingga sulit dijangkau masyarakat.

Wilayah seperti ini di Indonesia masih cukup banyak maka tak heran jika usaha pertamini saat ini pun mengalami peningkatan permintaan.

Sebetulnya usaha seperti ini telah lama banyak dijalankan, namun dahulu cara penjualannya masih dilakukan secara manual. Rata-rata para pedagangnya menyediakan bensin dalam botol-botol bekas lalu di tuang kedalam tangki kendaraan pembeli.

Sekarang cara tersebut sudah mulai ditinggalkan. Gantinya kini pedagang bensin secara eceran tersebut telah menggunakan mesin khusus untuk melayani pembeli. Mesin tersebut dibuat layaknya model mesin isi bensin di pom bensin resmi sehingga lebih jauh praktis.

Karena sedang menjandi trend, tidak sedikit masyarakat yang ingin ikut menjalankan usaha ini. Apalagi keberadaan kendaraan bermotor terutama roda dua yang menjadi target utama bisnis ini jumlahnya pun terus meningkat.

Jika anda juga adalah salah satu yang sedang mencari informasi bisnis pertamini dan ingin mengetahui besaran modal untuk menjalankannya, maka berikut inilah analisa kami mengenai modal usaha pertamini beserta gambaran keuntungan yang bisa didapatkan.

Modal Usaha Pertamini

Besaran Modal Menjalankan Usaha Pertamini

Jika ingin menghitung besar modal yang perlu kita persiapkan saat akan menjalankan bisnis pertamini tentunya paling utama adalah biaya untuk pengadaan mesin pengisi bensin.

Saat ini harga mesin pertamini cukup beragam kisaran harganya mulai 5 jutaan sampai 15 juta rupiah.

Untuk harga mesin yang paling murah, sistim kerjanya masih dapat dikatakan manual karena untuk melakukan pengisian dari penampung ke tangki kendaraan tidak mengandalkan pompa.

Selain itu mesin ini juga tidak dilengkapi display layar untuk menunjukan literan bensin dan jumlah pembelian. Oleh karena ini mesin jenis ini juga tidak membutuhkan suplai listrik.

Berbeda dengan mesin pertamini digital yang memiliki harga jual minimal diatas 10 jutaan. Secara bentuk mesin ini dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan pengisi bensin di tempat resmi, lengkap dengan selang nozzel pengisian.


Tak hanya itu mesin ini juga dilengkapi dengan Display layar yang memberikan informasi dengan jelas mengenai berapa jumlah liter bensin yang dikeluarkan beserta total harga yang harus dibayar pembeli. Mesin pertamini otomatis ini juga membutuhkan suplai daya listrik kurang lebih sebesar 175 watt untuk bisa beroperasi.

Modal selanjutnya untuk menjalankan usaha pertamini ialah menyediakan bensin untuk dijual. Banyaknya bensin yang harus dipersiapkan tentunya tergantung kebutuhan, namun rata-rata untuk setiap mesin pertamini menyediakan penampung penyimpanan sebesar 210 liter.

Baca Juga Artikel Pertamini, Peluang Usaha Pom Bensin Mini

Perkiraan Nilai Keuntungan Usaha Pertamini

Untuk menghitung perkiraan nilai keuntungan yang bisa didapatkan dengan usaha pertamini ini, kita ambil contoh dengan menjual jenis bensin Pertalite yang saat ini paling umum di jajakan pedagang pertamini.

Harga bensin Pertalite di pertamina saat ini adalah Rp. 7.800 perliternya, sedangkan untuk harga jual rata-rata di pertamini adalah Rp. 9.500 perliternya. Dari nilai tersebut terdapat selisih harga sebesar 1.700 rupiah yang akan menjadi keuntungan pedagang pertamini.

Jika diperkirakan penjualan dalam satu hari dapat mencapai 50 liter saja, maka keuntungan yang didapat adalah 85 ribu rupiah. Jika penjualan tersebut bisa berjalan stabil selama satu bulan, maka keuntungan yang dapat dikantongi adalah sekitar 2,5 juta rupiah.

Besaran omset penjualan bensin 50 liter perhari tentunya bukan merupakan angka yang pasti, pada kenyataannya kita dapat menjual lebih banyak dari itu atau pun sebaliknya. Meski begitu di beberapa lokasi yang cukup strategis untuk menjalankan usaha ini, omset penjualan sebesar itu terhitung mudah untuk didapat.

Tips Menjalankan Bisnis Pertamini

Faktor utama yang paling berpengaruh untuk suksesnya bisnis pertamini ini tiada lain adalah lokasi usaha yang harus strategis. Dan yang menjadi syarat utamanya memilki lokasi strategis untuk bisnis ini adalah tempat usaha yang harus berada jauh dengan lokasi pom bensin resmi.

Jika faktor utama ini terpenuhi maka potensi untuk meraup keuntungan yang besar dengan usaha ini sudah sangat terbuka lebar.

Selanjutnya kitapun perlu mewaspadai akan munculnya kompetitor lain yang berada di daerah sekitar. Untuk cara mengatasinya salah satunya ialah dengan cara berupaya memberkan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, misalnya dengan kemudahan tempat parkir saat konsumen akan membeli, atau dengan memberikan jaminan bensin yang dijual benar-benar murni serta takaran penjualan yang pas.

Itulah ulasan dari kami mengenai modal usaha pertamini beserta perkiraan nilai keuntungan yang bisa didapatkan. Semoga bisa menginspirasi…