Analisa Modal Usaha Laundry Dan Keuntungannya

Seiring waktu berjalan usaha laundry terus mengalami peningkatan, hal ini di karenakan pertumbuhan penduduk yang juga terus meningkat. Berbagai aktifitas yang menuntut masyarakat untuk berkegiatan membuat kesibukan setiap harinya sulit di hindarkan, ini pun membuat bisnis ini subur di berbagai tempat.

Bagi anda yang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menghasilkan keuntungan, tentunya harus segera berfikir cepat untuk ikut juga memulai menjalankan bisnis laundry ini di wilayah setempat. Terlebih untuk modal usaha laundry ini juga terbilang tidak begitu menguras biaya.

Jika sebelumnya anda merasa penasaran akan analisa perkiraan modal yang perlu di keluarkan serta gambaran keuntungan yang bisa di dapatkan, pada kesempatan kali ini kami akan coba mengulas bagaimana hitung-hitungannya, semoga saja bisa membantu memberikan tambahan informasi untuk anda semuanya.

Modal Usaha Laundry

Analisa Perkiraan Modal Usaha Laundry

Perlu di ketahui terlebih dahulu sekarang ini terdapat banyak pilihan jenis mesin cuci di pasaran, dari mulai yang khusus diperuntukan sebagai mesin usaha laundry, hingga mesin cuci untuk keperluan rumah tangga biasa. Sebetulnya keduanya dapat di pergunakan, namun yang membedakan adalah kapasitas menampung cucian serta daya tahan. Untuk menjalankan bisnis, tentunya mesin akan di pergunakan secara terus menerus, apalagi sistim usaha laundry ini kebanyakan di hitung berdasarkan kiloan, maka beban kerja mesin pastinya akan lebih besar.

Oleh sebab itu akan terdapat perbedaa angka yang besar untuk membuka usaha laundry jika menggunakan mesin cuci biasa dengan mesin yang memang di peruntukan untuk usaha. Sebabnya perbedaan harga di antara keduanya terpaut cukup besar, rentang harganya dari mulai angka satu jutaan hingga puluhan juta rupiah perunit mesinnya.

Berikut rincian perkiraan modal untuk menjalankan usaha laundry :

Mesin

  • Mesin Cuci 2 tabung termasuk pengering (kapasitas 20kg) Rp. 1.500.000
  • Setrika uap Rp. 500.000
  • Timbangan kapasitas 30 Kg Rp. 300.000

Peralatan Pendukung

  • Detergent, penghilang noda, pewangi, pelicin setrika -+10 Kg Rp. 500.000
  • Peralatan Lain ( ember, keranjang, sikat gantungan baju, plastik, dan sebagainya ) -+ Rp. 1.000.000

Peralatan Promosi

  • Spanduk, brosur, -+ Rp. 500.000

Total Perkiraan Modal Rp. 4.300.000

Biaya Oprasional

  • Gaji Pegawai 1 orang -+ Rp. 800.000/bulan
  • Biaya Listrik Dan Air -+ Rp. 500.000/bulan

Total Biaya Oprasional per bulan Rp. 1.300.000

Jumlah-jumlah di atas hanya berupa perkiraan saja, tentu nilainya masih bisa menjadi lebih besar ataupun sebaliknya. Angka tersebut juga belum termasuk biaya modal pengadaan tempat serta berbagai persiapan biaya penataan ruangan, dalam hal ini kita bisa menggunakan tempat sendiri atau pun dengan menyewa ruang usaha.

Baca juga tips sukses usaha laundry

Analisa Keuntungan Usaha Laundry

Saat ini ongkos jasa untuk laundry kiloan berkisar sekitar 5000 hingga 6000 rupiah perkilonya untuk pakaian biasa. Tarif akan berbeda untuk jasa mencuci barang lain seperti sprei, bed cover, karpet, gorden dan lainnya yang biasanya di hitung 10.000 – 15.000/potongnya ( tergantung ukuran ).

Untuk memudahkan memperkirakan keuntungan yang bisa di dapat, jika dalam satu hari kita mampu menerima order 20 kg pakaian, maka angka 120.000  bisa di dapat ( 6000 x 20 ). Jika dikalikan dalam satu bulan jumlah nya bisa mencapai  3.000.000 rupiah ( 120.000 x 25 hari ).

Keuntungan di atas juga baru kita hitung jika hanya memiliki 1 unit mesin cuci saja, kapasitas mencuci perharinya masih bisa di tingkatkan dengan menyiapkan unit mesin tambahan. Namun tentu saja sebelumnya kita harus menarik calon pelanggan lebih banyak, sehingga keuntungan bisa berlipat dari jumlah di atas.

Artikel Menarik lainnya :

Itulah sedikit ulasan mengenai analisa modal dan keuntungan usaha laundry kiloan. Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar maka penentuan tempat lokasi dimana usaha didirikan juga akan sangat menentukan. Umumnya daerah seperti wilayah kos-kosan pelajar, karyawan, hingga daerah perumahan menjadi lokasi strategis untuk menjalankan usaha ini.

Semoga Bermanfaat…