Modal Usaha Cuci Mobil, Bisa Di Bawah 10 Juta !

Besar modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha cuci mobil bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita miliki, dari mulai sebesar 10 jutaan saja jika untuk membuka cucian mobil sederhana sudah bisa mencukupi.

Jika diperhatikan berdasarkan besar skala usahanya, tempat pencucian mobil yang ada saat ini terdapat mulai dari yang paling sederhana yaitu tanpa menggunakan mesin hidrolik, kelas menengah yang memiliki mesin hidrolik, dan yang berskala besar menggunakan mesin cuci mobil otomatis.

Jika anda memilki modal yang terbatas namun ingin menjalankan peluang usaha yang satu ini bisa coba rintis dari yang paling membutuhkan modal kecil, adapun jika kedepan respon pasar ternyata positif bisa bertahap mengembangkannya menjadi lebih besar.

Modal Usaha Cuci Mobil

Rincian Modal Membuka Usaha Cuci Mobil

Dalam bisnis cuci mobil hampir seluruh modal digunakan untuk penyediaan peralatan dan mesin, kita bisa mulai mempersiapkan dari yang paling penting dimiliki sebagai berikut :

1. Kompresor Udara

Fungsi kompresor ialah sebagai alat untuk bisa menghasilkan busa sabun atau yang dikenal dengan snow wash. Jika memiliki hidrolik alat ini juga digunakan sebagai tenaga penggeraknya, fungsi lainnya bisa gunakan untuk mengeringkan celah sempit pada mobil. Untuk tempat cuci mobil tanpa hidrolik cukup menggunakan kompresor berkapasitas 1/2 PK dengan bandrol harga Rp. 4.000.000

2. Tabung Snow wash

Sesuai namanya alat yang satu ini berfungsi sebagai tabung penyimpan sabun snow wash dan digunakan bersama kompresor udara untuk menghasilkan busa sabun saat mencuci mobil. Harga dari tabung snow wash ini Rp. 750.000

3. Mesin Pressure Air (Steam)

Mesin ini digunakan untuk menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke bagian mobil sehingga kotoran yang menempel pada body dan kolong mobil dapat dibersihkan dengan mudah. Mesin steam dengan spesifikasi minimal untuk usaha cuci mobil bisa didapat dengan harga Rp. 2.500.000

4. Vacum Cleaner

Mesin Vacum Cleaner atau penyedot debu digunakan untuk tahap ahir pencucian mobil yaitu membersikan bagian dalam kabin agar bersih dari kotoran. Harga dari mesin ini adalah Rp. 1.200.000

5. Peralatan Lain

Peralatan pendukung lain yang juga harus dipersiapkan diantaranya seperti selang air, lap chamois, busa spons, sabun snow wash dan juga semir ban. Untuk keperluan ini perlu dipersiapkan dana sekitar Rp. 1.000.000

Lima item diatas adalah peralatan yang wajib dimiliki tempat usaha cuci mobil dengan skala paling terjangkau. Total modal yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 9.450.000.

Bagaimana dengan mesin hidrolik ? Fungsi dari mesin hidrolik adalah untuk mengangkat body mobil seluruhnya, sehingga bagian kolong mobil dapat dibersihkan dengan merata. Sejatinya tempat cuci mobil yang profesional harus memiliki mesin ini agar pelayanan kepada konsumen bisa maksimal.

Harga dari mesin hidrolik sendiri berkisar Rp. 15.000.000 hingga Rp. 25.000.000, kami telah membuat ulasan tersendiri terkait mesin ini bisa anda baca pada artikel Tips Memilih Hidrolik Untuk Usaha Cuci Mobil.


Namun begitu sah-sah saja jika anda akan membuka usaha cuci mobil dengan tidak dilengkapi mesin hidrolik. Minimalnya tempat anda memiliki lahan yang cukup untuk parkir 1 hingga 2 kendaraan maka bisnis ini pun sudah bisa berjalan, tapi tentu saja harga jasa yang ditawarkan kepada konsumen sebaiknya dibandrol dengan lebih murah.

Baca Juga artikel :

Tips Menjalankan Bisnis Cuci Mobil

Tempat cucian mobil saat ini dapat dikatakan sudah cukup menjamur, maka sebaiknya anda memiliki strategi tersendiri agar tetap kebagian pelanggan. Beberapa tips yang bisa diterapkan diantaranya sebagai berikut :

Alternatif Mesin Hidrolik

Jika modal anda terbatas untuk menjalankan usaha ini dan tidak mampu mengadakan mesin hidrolik, terdapat alternatif lain yang bisa ditempuh yaitu dengan membangun tanjakan untuk membersihkan bagian kolong mobil. Sistem ini cukup banyak diterapkan karena dinilai lebih murah dibandingkan dengan harus membeli satu unit mesin hidrolik.

Lokasi Usaha

Strategi paling penting yang harus diterapkan adalah dalam pemilihan lokasi tempat usaha haruslah tepat. Paling baik tentu saja daerah pemukiman padat penduduk seperti komplek perumahan. Selain itu lokasi sisi jalan raya yang ramai kendaraan lalu lalang juga layak untuk dipilih.

Bagaimana jika di sekitar lokasi pilihan telah terdapat bisnis serupa yang juga menawarkan jasa ini ?

jika peminat jasa cuci mobil di lokasi tersebut cukup banyak tidak menjadi masalah, pasalnya untuk mencuci mobil membutuhkan waktu yang cukup lama rata-rata konsumen yang enggan menunggu akan mencari tempat cuci lainnya.

Tawarkan Layanan Lainnya

Pertama anda bisa menawarkan jasa salon atau poles di tempat cuci mobil, jasa ini sering dibutuhkan oleh konsumen yang ingin kendaraannya tampil jauh lebih bersih. Untuk menawarkan layanan ini hanya membutuhkan tambahan mesin poles dan cairan khusus pengkilap body mobil atau Car Wax.

Layanan lainnya yang bisa di tawarkan yaitu jasa cuci motor, karena pada dasarnya mesin-mesin yang kita miliki juga memupuni untuk mencuci kendaraan ini.

Buka Hingga Malam Hari

Jika anda memiliki karyawan dan waktu yang memadai tempat cuci mobil dapat dibuka hingga waktu malam hari misalnya sampai jam 9 malam.

Alasannya kendaraan pada pagi dan siang hari umumnya akan sering digunakan pemilikinya untuk beraktifitas sehari-hari, terlebih bagi mereka yang bekerja kantoran sore hingga malam baru memiliki waktu luang untuk membersihkan kendaraannya.

Akan tetapi sebaiknya lakukan riset beberapa minggu terlebih dahulu lalu lakukan evaluasi pada pendapatan jasa di malam hari apakah sebanding dengan biaya lembur karyawan.

Promosi

Untuk usaha yang baru di rintis tentu saja pada tahap awal kita mungkin mengalami beberapa kesulitan untuk mendatangkan pelanggan. Maka dorong dengan lakukan promosi sebagai upaya mengenalkan bisnis ke pasaran.

Promosi pada bisnis cuci mobil yang umumnya biasa dilakukan adalah dengan menerapkan promo seperti cuci 10x lalu berhak mendapatkan gratis cuci 1x, atau terapkan potongan diskon di hari-hari tertentu. Dengan program tersebut diharapkan calon konsumen mau datang secara rutin untuk membersihkan kendaraannya.

Jangan lupa juga sembari menerapkan tips diatas kita pun harus berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan tidak berpaling ke tempat lain.

Itulah ulasan dari kami mengenai modal usaha cuci mobil dan sedikit tips untuk menjalankannya.