Peralatan Kopi Untuk Modal Bisnis Coffee Shop

Menikmati secangkir kopi belakangan semakin digemari oleh kebanyakan masyarakat kita. Kopi dari sebelumnya memang sudah menjadi minuman favorit dari berbagai generasi, bahkan aktifitas ngopi dapat dikatakan telah menjadi budaya di negara kita.

Di jaman yang semakin modern seperti sekarang, untuk lebih menikmati kopi terdapat berbagai teknik khusus yang dilakukan dimulai dari cara penggilingan biji kopi hingga penyeduhan.

Tidak hanya dari cara pembuatannya saja, keberagaman varietas biji kopi yang banyak bermunculan saat ini pun dapat memberikan pengalaman menikmati kopi yang berbeda-beda.

Atas dasar itulah salah satunya mengapa sekarang ini bisnis cafe kopi atau coffee shop bisa lebih menjanjikan. Tidak seperti dahulu kopi hanya banyak ditawarkan di warkop-warkop sederhana saja.

Untuk menjalankan bisnis coffee shop dibutuhkan modal peralatan penyeduhan yang memupuni untuk menghasilkan minuman kopi yang nikmat. Beragam teknik penyeduhan yang ada dapat menjadi magnet yang bisa menarik banyak pelanggan untuk ngopi di cafe kita.

Dan berikut ini adalah beberapa peralatan dan gambaran harga yang dibutuhkan sebagai modal menjalankan bisnis Coffee Shop.

Grinder atau Penggiling Kopi

grinder kopi

Coffee Grinder menjadi alat yang paling wajib harus dimiliki setiap kedai kopi jika ingin dapat menghidangkan minuman kopi yang berkualitas.

Pasalnya kenikmatan secangkir kopi tidak dapat dirasa dengan maksimal jika menggunakan bubuk kopi yang sudah digiling dan disimpan dalam waktu lama. Kopi yang berkulitas harus disajikan dari bubuk kopi yang fresh baru saja digiling.

Mesin Grinder kopi tersedia dalam bentuk manual yang diputar menggunakan tangan untuk menggiling, atau mesin otomatis yang mengandalkan listrik untuk menggiling.

Sebagai modal bisnis sebaiknya gunakan mesin grinder otomatis agar bisa lebih cepat saat melayani pembeli. Harga mesin grinder otomatis mulai dari Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000.

Espresso Machines

espresso machine

Mesin yang satu ini berfungsi untuk membuat kopi espresso sebagai bahan untuk membuat jenis kopi seperti Cappuccino dan juga Latte. Jika anda tidak ingin menjual jenis minuman seperti ini, mesin espresso tidak perlu dipersiapkan.

Mesin Espresso memiliki banyak macam dengan rentang harga mulai 2 jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk kelas profesional.

Untuk menggunakannya pun perlu memiliki keterampilan tersendiri karena memiliki proses yang cukup rumit, espresso dibuat dengan cara ekstraksi bubuk kopi dengan penyemburan air panas bertekanan tinggi. Oleh karena itu sebaiknya kita memiliki tenaga profesional atau barista untuk mengoperasikan mesin ini.

Hario V60

hario v60

Ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan penyeduhan kopi dengan metode Pour Over atau Coffee Drip.

Hario V60 merupakan salah satu alat untuk melakukan penyeduhan  kopi dengan metode ini, sebetulnya masih ada alat lain seperti Chemex, Kalita Wave dan lain sebagainya. Namun V60 masih menjadi favorit digunakan di berbagai cafe kopi ternama.

Bentuk alat ini menyerupai cangkir model kerucut yang dibawahnya dilengkapi dengan lubang untuk keluar air kopi. Bahan yang digunakan biasanya berupa kaca, metal ataupun plastik. Untuk menggunakannya membutuhkan sebuah kertas filter yang dijual secara terpisah dengan alat seduhnya.

Harga Hario V60 mulai dari Rp.100.000 hingga Rp.500.000 sedangkan filternya berkisar Rp.50.000 hingga Rp.200.000 per pack dengan isi 50 hingga 100 lembar filter.


Aeropress

aeropress

Peralatan kopi selanjutnya yang dibutuhkan untuk coffee shop adalah Aeropress, kerja alat ini mampu mengekstrasi kopi dengan menggandalkan tekanan udara. Keunggulannya dapat menghasilkan kopi dengan minim rasa asam.

Kopi yang diseduh dengan metode aeropress ini juga rasanya sangat digemari para pecinta kopi sehingga sangat layak untuk menjadi salah satu menu di coffee shop anda.

Harga alatnya sendiri cukup terjangkau, satu paket aeropress lengkap beserta filter penyaringnya dapat ditebus dengan harga Rp.600.000.

French Press

French Press

Hampir serupa dengan aeropress, namun alat yang satu ini dapat anda tebus dengan lebih murah yakni sekitar 100 hingga 200 ribuan.

Cara kerjanya hampir sama yakni untuk menyeduh kopi dengan metode press, sehingga anda boleh memilih menyediakan keduanya french press dan aeropress, ataupun menyediakan salah satunya saja.

Kelebihan French Press terdapat pada cara pembuatannya yang lebih praktis karena tidak membutuhkan filter tambahan untuk menyaring kopi.

Vietnam Drip

vietnam drip

Sesuai namanya alat penyeduh kopi yang satu ini berasal dari negara Vietnam namun juga sudah cukup populer digunakan di dunia.

Vietnam drip digunakan untuk menyeduh kopi khas vietnam yang umumnya diberi tambahan creamer atau susu kental manis dengan disajikan dalam kondisi dingin.

Alatnya sendiri berbentuk gelas berbahan metal, cara menggunakannya cukup dengan memasukan bubuk kopi dan tuangkan air, lalu air kopi akan menetes ke cangkir dibawahnya.

Harga alat Vietnam Drip dibandrol sekitar 100 hingga 200 ribuan persetnya.

Syphon Coffee Maker

Syphon Coffee Maker

Ingin menyajikan sesuatu yang unik kepada pelanggan dalam metode penyeduhan kopi, bisa sertakan Syphon coffee maker di cafe kopi anda.

Dari segi bentuknya saja sudah dapat menarik perhatian pelanggan, jika sekilas diperhatikan terlihat seperti seperangkat botol kaca di laboratorium percobaan.

Bagian-bagian yang terdapat pada Syphon ini adalah kontainer air lalu diatasnya adalah botol untuk menyeduh kopi, dan alat ini juga dilengkapi dengan tungku pembakaran untuk memanaskan kontainer air.

Cara kerjanya, botol yang berisi air dibagian bawah akan dipanaskan sehingga akan mendorong air panas kebagian botol atas. Selanjutnya penyeduhan kopi dilakukan pada botol bagian atas, lalu hasilnya akan disaring dan kembali ke botol di bagian bawah.

Proses kerja alat ini yang cukup rumit membuat harga Syphon dibandrol cukup mahal yakni berkisar Rp.750.000 hingga Rp.2.000.000 untuk satu set lengkap.

Baca Juga Mengenal Kopi Hijau Beserta Potensi Bisnisnya

Selain alat-alat utama diatas kita juga tentu membutuhkan alat tambahan untuk coffee shop seperti cangkir, toples kaca, timbangan, thermometer, kettle, spoon dan lain sebagainya. Dengan modal peralatan yang disebutkan diatas sudah cukup memupuni untuk membuka sebuah cafe kopi sederhana dan menyediakan minuman kopi dengan rasa yang berkualitas.