Mesin Spray Drayer : Pembuat Aneka Minuman Instan

Sekarang ini bisnis minuman instan tidak lagi didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar, jika jaman dahulu untuk dapat memproduksi beraneka ragam minuman instan ini akan di butuhkan mesin yang rumit dan tentu saja harganya hanya terjangkau oleh kelas industri besar-besaran, kini tidak lagi.

Dengan skala usaha kecil menengah pun kini bisa memproduksi minuman instan semacam kopi, teh, kacang kedele dan bermacam-macam buah-buahan bahkan sayuran dengan mudah. Mesin spray drayer ini bisa membuat segala cairan minuman menjadi bentuk serbuk yang lazim di sebut minuman instan.

Tentu saja hal ini merupakan suatu terobosan baru dalam dunia industri makanan dan minuman, dan peluang untuk bisa ikut bersaing dan sukses dalam industri ini pun bisa lebih terbuka. Sebabnya di jaman modern seperti sekarang ini, masyarakat kita sering memilih segala sesuatu yang praktis dan instan, termasuk dalam memilih minuman untuk di konsumsi.

Cara Kerja

Prinsip kerja mesin spray drayer ini garis besarnya adalah merubah cairan minuman menjadi serbuk dengan menghilangkan unsur airnya melalui proses pemanasan. Pada prosesnya mesin ini tidak akan merubah sifat penting dari minuman tersebut, seperti misalnya kandungan nutrisi di dalamnya, rasa, dan juga warnanya.

Akan tetapi ada beberapa syarat dari minuman yang akan di rubah bentuknya menjadi serbuk menggunakan mesin spray drayer ini jika ingin hasilnya maksimal. Diantaranya adalah,

Advertisement
  • Partikel di dalam minuman harus benar-benar berukuran super kecil atau halus, misalnya untuk sari buah atau teh, yang bisa di proses mesin ini adalah hasil saringannya, sedangkan partikel besarnya tidak boleh masuk kedalam mesin. Ini akan berpengaruh kepada kualitas hasilnya dan juga jika partikel besarnya ikut masuk bisa merusak mesin.
  • Campuran antara air dan bahan harus benar-benar larut setiap cc nya, maka sebelumnya kita harus mengaduk dengan benar-benar merata, dan lakukan tes secara teliti setiap tetes hasilnya.
  • Selanjutnya kepekatan produk cairan dengan bahan harus sesuai dengan spesifikasi yang telah di tentukan.

mesin spray drayer

Proses kerjanya, cairan yang masuk kedalam mesin akan di semprotkan dengan lubang mikro bertekanan tinggi, sehingga cairannya akan berbentuk kabut sangat halus. Selanjutnya cairan tersebut akan di panaskan dengan semburan suhu dan tekanan yang tinggi juga sehingga menguapkan kandungan air didalamnya.

Berikutnya partikel yang hampir kering tersebut akan di teruskan kedalam ruang pengeringan sambil mendapatkan semburan udara hangat hingga hasilnya akan berupa serbuk kering. Setelah itu serbuk akan di alirkan kedalam wadah penampungan produk jadi.

Baca juga menggali potensi bisnis dari susu kedelai

Potensi Bisnis

Melihat potensi bisnis minuman instan yang didukung dengan ketersedian mesin pembuatanya yang bisa terjangkau oleh usaha kelas menengah ke bawah, maka prospek bisnis minuman instan ini akan semakin berkembang. Akan banyak merk-merk baru serta inovasi aneka ragam minuman yang bermacam-macam. Kita pun jika mampu menciptakan produk minuman instan yang berkualitas dan di sukai masyarakat bukan tidak mungkin bisa ikut menikmati besarnya potensi bidang ini.

Baca juga artikel usaha minuman kemasan raih keuntungan menggiurkan