Rekomendasi Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry

Menggunakan jasa laundry atau pencuci pakaian menjadi solusi untuk mereka yang berkegiatan padat setiap harinya. Pekerjaan sehari-hari yang satu ini memang cukup menyita waktu jika harus dikerjakan sendirian, tak heran kehadiran tempat laundry sangat dibutuhkan apalagi di kota-kota besar.

Melihat kebutuhannya yang cukup besar bisnis laundry ini juga banyak dilirik untuk menghasilkan keuntungan, terlebih jika dibuka di lokasi yang strategis untuk bisnis ini seperti wilayah yang terdapat banyak kos-kosan.

Peralatan yang wajib dipersiapkan untuk menjalankan bisnis ini tentu saja paling utama adalah mesin cuci, bahkan mungkin akan membutuhkan anggaran modal paling besar dalam memulai usaha ini.

Apalagi jika kita hendak menggunakan mesin cuci khusus untuk usaha laundry bukan mesin cuci yang biasa digunakan untuk rumah tangga. Mesin cuci untuk usaha laundry memiliki spesifikasi yang lebih tinggi sehingga tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry

Perbedaan Mesin Cuci Untuk Laundry dengan Mesin Cuci Biasa

Mesin cuci yang digunakan untuk usaha laundy di buat pabrikan dengan kemampuan yang jauh lebih tangguh, didesain untuk bekerja secara full time dengan kapasitas menampung cucian lebih besar.

Dari mulai fisik mesin cuci yang menggunakan bahan bermaterial lebih kuat hingga spare part dalam mesinnya sendiri berbeda dengan mesin cuci yang umumnya biasa kita gunakan dirumah.

Berikut beberapa perbedaan mesin cuci laundry dengan mesin cuci biasa secara lebih jelas.

Mampu Menampung Beban Cucian Lebih Banyak

Mesin cuci rumah tangga pada umumnya hanya akan diperuntukan untuk menangani cucian rata-rata sejumlah anggota keluarga dirumah misalnya 5 hingga 6 orang pada setiap harinya.

Jauh berbeda dengan tempat laundry yang harus mampu menangani puluhan hingga ratusan cucian orang yang menjadi pelanggannya.

Mesin cuci untuk usaha laundry minimal memiliki kapasitas 10 kilogram untuk sekali pencucian bahkan ada yang mampu menampung ratusan kilogram dalam sekali cuci.

Tentunya menjadi tidak efisien jika mesin cuci biasa yang daya tampungnya sedikit digunakan berkali-kali untuk mencuci puluhan kilo cucian.

Part Mesin Didesain Mampu Bekerja Secara Terus Menerus

Mesin cuci rumahan tidak di persiapkan untuk menangani penggunaan dengan intensitas yang terus menerus sepanjang hari. Pada umumnya mesin cuci di rumah bekerja hanya dalam beberapa jam setiap hari, dalam satu minggu mesin ini juga paling digunakan sekitar 4 hingga 5 harinya saja.

Sedangkan di tempat cucian komersial mesin cuci akan digunakan sepanjang hari untuk bekerja bahkan di tempat yang ramai pelanggan bisnis laundry bisa beroperasi hingga malam.

Meski mungkin saja mesin cuci rumahan dapat dipaksakan untuk bekerja secara demikian namun tentunya mesin dapat cepat mengalami kerusakan.

Body Mesin Dibuat Lebih Kuat

Rata-rata mesin cuci yang dibuat khusus untuk komersil memiliki body yang lebih kokoh karena penggunaan material yang full Stainless Steel. Bahan premium ini kita ketahui memiliki daya tahan yang kuat serta tahan terhadap air, sehingga tidak mudah berkarat bahkan penyok akibat benturan.


Berbeda dengan mesin cuci yang biasa digunakan di rumah, rata-rata bahan stainless steelnya hanya digunakan untuk bagian-bagian tertentu saja dan fisik body umumnya masih menggunakan material plastik.

Baca Juga Laundry Kiloan Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Mesin Cuci Terbaik Untuk Usaha Laundry

Untuk menjalankan usaha laundry dalam jangka panjang ada baiknya memilih mesin cuci yang memang khusus diperuntukan menangani pekerjaan yang berat. Salah satunya mesin cuci dengan brand IPSO yang namanya sudah cukup dikenal dalam dunia bisnis laundry premium. Beberapa rekomendasinya kami berikan berikut ini.

IPSO FWN31 (Top Load)

IPSO merupakan brand asal negara USA yang secara khusus membuat mesin cuci untuk komersial seperti untuk bisnis laundry, laundry rumah sakit, hingga hotel.

Seri FWN sendiri merupakan type yang cukup banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan seperti harga yang cukup terjangkau untuk kelas mesin cuci komersial. Kelebihan lainnya IPSO dapat menghemat penggunaan air dan listrik serta mudah dioperasikan.

Salah satu yang kami rekomendasikan yaitu IPSO FWN31 yang memiliki kapasitas cucian hingga 10,5 Kg dengan daya listrik sebesar 370 Watt. Mesin ini mampu mencuci pakaian dalam waktu sekitar 27 menit saja.

IPSO FFN (Front Load)

Selain mengeluarkan mesin cuci dengan jenis Top Load atau pintu atas, IPSO juga memiliki pilihan mesin cuci dengan jenis Front Load. Dengan bukaan pintu yang berada dibagian depan mesin ini memiliki efesiensi dalam pemakaian tempat karena mesin dapat ditumpuk kebagian atas.

IPSO FFN memiliki kapasitas cucian hingga 10,5 kg dan kecepatan putaran hingga 1200 RPM. Suplai daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin ini sebesar 670 Watt.

Fitur lain yang dimiliki Type FFN diantaranya memilki sistim penghemat listrik dan air juga memiliki peredam sistim hidrolik dan spring yang dapat menjaga getaran agar tidak terlalu besar.

IPSO FTGE (Washer & Drayer)

Untuk versi yang lebih lengkap IPSO juga memilki type FTGE yang berjenis Stacked Washer & Drayer atau mesin cuci sekaligus dilengkapi dengan pengering. Dengan type ini usaha laundry anda tidak lagi perlu khawatir menerima cucian di musin hujan.

Spesifikasi pada bagian pencucinya memilki kapasitas cucian sebesar 10,5 kg dengan daya listrik yang dikonsumsi sebesar 750 Watt. Adapun bagian pengeringnya mengandalkan sumber panas dari gas LPG yang di kombinasikan dengan sistim sirkulasi udara sehingga pakaian dapat kering lebih cepat.

Seperti type lainnya semua mesin cuci IPSO dilengkapi dengan perlindungan garansi kerusakan hingga 5 tahun.

IPSO NTL Washer & Drayer (COIN)

Seperti seri FTGE type yang satu ini juga merupakan mesin cuci berjenis Stacked Washer & Drayer namun sudah dibekali dengan sistim pengoperasian dengan mengginakan koin.

Bagi anda yang ingin membuka usaha laundry koin mesin ini layak untuk dijadikan pilihan karena sudah memiliki fitur lengkap dari mulai pencucian, pengeringan dan cukup dioperasikan dengan memasukan koin tanpa harus menyiapkan seorang operator.

Baca Juga Analisa Modal Usaha Laundry Dan Keuntungannya

Tips Memilih Mesin Cuci Untuk Laundry

Perlu diketahui harga-harga mesin cuci yang khusus diperuntukan pekerjaan komersial diatas memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin cuci rumahan, untuk type paling murahnya saja harganya bisa mencapai 15 jutaan untuk setiap unitnya. Oleh karena itu umumnya mesin-mesin seperti ini biasa digunakan untuk laundry berkelas premium.

Sedangkan kebanyakan bisnis laundry kiloan atau berkelas menengah, saat ini masih mengandalkan mesin-mesin cuci berkategori rumahan. Beberapa pelaku usaha juga ada yang mencoba mengkombinasikan antar keduanya.