Rekomendasi Mesin Bor Tangan Terbaik 2019

Disebut dengan istilah bor tangan karena mesin bor yang satu ini dapat dioperasikan dan fleksible dibawa kemana-mana dengan mudah karena ukuran fisiknya yang tidak terlalu besar.

Mesin bor tangan merupakan jenis mesin bor yang paling sering dibutuhkan karena dapat menangani berbagai macam pekerjaan dalam industri dan juga rumahan. Misalnya saja membuat lubang untuk menggantungkan benda ditembok, mengencangkan baut, dan lain sebagainya.

Kepala mata bor tangan dapat dibuka dengan mudah dengan kunci yang sudah tersedia. Anda dapat memasangkan mata bor untuk melubangi benda seperti tembok, besi dan kayu atau menggantinya dengan mata bor obeng untuk memasang baut.

Mesin bor tangan menggunakan listrik sebagai sumber tenaga, besar listrik yang digunakan berkisar antara 350 watt hingga 500 watt.

Selain menggunakan kabel terdapat pula mesin bor tangan listrik berjenis wireless (Cordless) atau tanpa kabel, sumber tenaga listrik disimpan dalam sebuah baterai yang dapat di isi ulang berkali-kali.

Apakah saat ini anda sedang mencari rekomendasi mesin bor tangan terbaik yang ada dipasaran ? Berikut ini kami ulas beberapa diantaranya.

Mesin Bor Tangan Listrik Berkabel

bor tangan listrik

Mesin bor tangan biasa yang dilengkapi dengan kabel colokan listrik memiliki kelebihan lebih tangguh digunakan karena memiliki suplai listrik yang besar dan stabil.

Selain itu, untuk penggunaan jangka panjang mesin bor tangan yang satu ini bisa lebih awet karena tidak dilengkapi baterai yang umumnya memliki masa pakai terbatas.

Kekurangannya tentu saja karena adanya kabel mesin bor ini akan sulit menjangkau tempat sempit dan cukup merepotkan saat dibawa.

Berikut adalah mesin bor tangan berkabel terbaik rekomendasi kami :

Makita HP1630

Nama Makita dalam dunia pertukangan sudah tidak diragukan kualitasnya, produk-produknya memiliki kelebihan tangguh digunakan dan masa pakai yang lebih awet dibandingkan merk lainnya. Mesin bor tangan keluaran merk asal Jepang ini juga dilengkapi dengan masa garansi hingga 2 tahun pemakaian.

Salah satu type mesin bor tangan yang dikeluarkan yakni Makita HP1630 memiliki spesifikasi berdaya listrik 710 watt dengan kapasitas mata bor hingga 16mm dan kecepatan putaran mencapai 3200 rpm. Dilengkapi pula dengan pengaturan speed dan pengaturan arah putaran.

Harga mesin bor Makita type HP1630 dibandrol sekitar 750 ribu rupiah per unitnya.

Makita 6412

Sebagai alternatif jika menginginkan bor tangan merk Makita dengan harga yang lebih murah bisa lirik type 6412. Bedanya daya watt yang digunakan lebih kecil yakni hanya 450 watt, dan tentu saja kekuatan type yang satu ini lebih kecil dari yang sebelumnya.

Selain daya yang di perkecil kapasitas mata bornya juga hanya sanggup menampung hingga ukuran 10mm. Sedangkan untuk fitur reversible atau dapat berputar dua arah tetap tersedia.

Harganya lebih murah, dipasaran Makita 6412 dihargai sekitar 500 ribuan. Untuk menangani pekerjaan rumahan atau bahkan industri yang tidak terlalu berat, type ini layak menjadi pilihan.

BOSCH GSB 550

Bosch merupakan salah satu merk internasional yang berasal dari negara Jerman, pengalamannya membuat berbagai peralatan teknik juga tidak perlu diragukan sehingga cukup banyak masyarakat kita yang memilihnya.

Pada produk bor listrik tangan, Bosch mengeluarkan seri GSB 550 yang memiliki spesifikasi 550 watt untuk daya listriknya dan kapasitas mata bor hingga 13mm. Fitur lain yang dimilikinya diantaranya Reversible dan tersedia juga fitur pengaturan kecepatan.

Harga mesin ini dibandrol sekitar Rp.500.000 per unitnya dengan perlindungan masa garansi selama satu tahun pemakaian.

Maktec MT60 dan MT80

Bagi anda yang ingin mencari bor listrik dengan harga yang cukup terjangkau namun tetap tidak mengorbankan kualitas, merk Maktec bisa menjadi solusinya.

Meski berharga terjangkau bor Maktec tetap bisa diandalkan menangani berbagai pekerjaan, apalagi merk ini juga masih produksi pabrikan ternama yakni Makita.


Beberapa seri bor tangan keluaran Maktec yang umum dipilih diantaranya MT60 dan MT80.

MT60 memiliki spesifikasi 350 watt dengan kapasitas mata bor 10mm untuk mata bor besi. Sedangkan MT80 berspesifikasi lebih tinggi dengan daya 500 watt dan kapasitas mata bor hingga 16mm.

Harga MT60 berada di kisaran 300 ribuan sedangkan seri MT80 berharga sekitar 500 ribuan. Keduanya memiliki garansi resmi pabrikan selama 2 tahun.

Mesin Bor Tangan Listrik Wireless

bor wireless

Mesin bor tangan dengan jenis Wireless atau cordless cocok untuk anda yang ingin bekerja lebih fleksible, tentu saja dengan tanpa disertai kabel bor ini dapat digunakan dimana saja tidak bergantung kepada sumber listrik.

Untuk dibawa kemana-mana bor ini juga tidak akan merepotkan, apa lagi rata-rata bor wireless juga dibuat dengan fisik yang lebih ramping.

Yang menjadi kekurangan mesin bor wireless diantaranya tidak memiliki ketangguhan yang layaknya mesin bor berkabel karena suplai daya yang terbatas pada kapasitas baterai.

Beberapa rekomendasi mesin bor listrik wireless terbaik diantaranya sebagai berikut :

Makita DF333D

Makita menjadi pilihan utama untuk anda yang menginginkan produk bor tangan cordless berkualitas tinggi, type DF333D bisa menjadi pilihan karena memiliki spesifikasi yang cukup memupuni.

Ditenagai oleh baterai berjenis Litihium-ion berkapasitas 12Volt mesin ini mampu berputar hingga kecepatan 1700 rpm. Selain bisa menghasilkan putaran seri ini juga mampu memberikan torsi (Impact) agar aktifitas mengebor menjadi lebih kuat hingga sebesar 24 Nm.

Sedangkan untuk kapasitas mata bor mampu menggunakan bor beton maksimal 8mm, bor besi 10mm dan untuk bor kayu hingga 21mm.

Fitur lainnya juga dilengkapi dengan lampu LED, Reversible, dan kekuatan torsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga dari mesin bor tangan wireless berfitur lengkap dan berkualitas tinggi ini berkisar dari 900 ribuan hingga 1,2 jutaan. Dalam paket penjualannya juga telah dilengkapi dengan baterai cadangan.

Bosch GSB 210 Li

Setara dengan Makita, pilihan merk lain yang bisa menjadi pilihan adalah Bosch GSB 210 Li Cordless. Memiliki kapasitas baterai yang sama yaitu sebesar 12 Volt mesin bor ini mampu memberikan durasi kerja yang maksimal.

Juga memiliki Impact untuk daya tekan kepada permukaan yang di bor hingga 28Nm, besar torsi pun dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk kapasitas mata bor, seri ini mempu menampung mata bor besi hingga sebesar 6mm, bor beton 8mm dan bor kayu hingga 19mm.

Fitur pelengkap lainnya juga disertai dengan lampu penerangan LED dan Reversible.

Harga Bosch GSB 120 Li dibandrol Rp. 1.200.000 hingga Rp.1.400.000, tersedia paket penjualan yang menyertakan baterai 1 dan 2 buah.

Black & Decker BDCD8K

Mesin bor tangan cordless dengan harga yang lebih terjangkau serta kemampuan yang mencukupi untuk berbagai pekerjaan bisa lirik merk Black & Decker seri BDCD8K. Bor tangan yang satu ini memiliki kelebihan lebih ringan digunakan untuk bekerja.

Spesifikasi lengkapnya memiliki suplai baterai berkapasitas 7.2 Volt dan kapasitas bor 10mm. Meski berharga terjangkau bor ini juga sudah dilengkapi impact dengan torsi maksimal 12Nm.

Harga Black & Decker BDCD8K berkisar 500 hingga 700 ribuan.

Baca Juga Mengenal Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Fungsinya

Itulah beberapa pilihan mesin bor tangan listrik rekomendasi kami. Untuk menjatuhkan pilihan sebaiknya sesuaikan bor dengan kebutuhan pekerjaan yang dilakukan.

Misalnya jika tidak sering berpindah tempat bekerja atau jarang digunakan pada tempat yang sempit, bor tangan wireless mungkin kurang cocok untuk anda.

Berbeda jika tuntutan pekerjaan anda berada di tempat yang berpindah-pindah atau akan digunakan sebagai alat di rumah tangga, mesin bor wireless tentu akan lebih layak untuk dipilih.