Rekomendasi Mesin Amplas Kayu Terbaik Untuk Usaha

Mesin Amplas Kayu Terbaik – Dalam bidang usaha yang mengolah kayu menjadi produk jadi seperti furniture atau mereka yang memiliki pekerjaan membuat barang dari bahan kayu, mesin amplas menjadi alat utama yang harus dimiliki.

Mesin yang satu ini memiliki fungsi utama untuk menghaluskan permukaan benda berbahan kayu, meski bisa juga digunakan untuk besi, kaca dan bahan-bahan lainnya dengan menggunakan kertas amplas yang sesuai.

Sebenarnya proses penghalusan barang-barang tersebut selain menggunakan mesin dapat juga dilakukan secara manual dengan tangan. Namun untuk permukaan yang cukup lebar ataupun pekerjaan penghalusan yang cukup banyak tentunya akan menyita waktu yang sangat lama.

Mesin amplas sendiri bermacam-macam bentuknya, yang akan kita bahas pada artikel kali ini ialah mesin amplas tangan atau disebut juga mesin orbital sander yang bekerja menggunakan sistim getaran.

Mesin Amplas Kayu Terbaik

Tips Memilih Mesin Amplas

Mungkin bisa sedikit bingung dalam menentukan pilihan mana mesin amplas terbaik yang paling cocok untuk anda beli. Pasalnya dipasaran mesin ini ditawarkan dengan merk dan spesifikasi yang bermacam-macam.

Sebagai patokan untuk memilih mesin amplas yang paling sesuai berikut beberapa tipsnya.

Sesuaikan Ukuran Mesin Dengan Kebutuhan

Karena masih mengandalkan kekuatan tangan sebaiknya pilihlah mesin amplas dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda.

Proses penghalusan kayu dengan mesin ini tetap memerlukan tenaga karena getaran yang dikeluarkan cukup besar, dalam waktu yang lama aktifitas ini pun dapat menguras banyak tenaga.

Oleh karena itu gunakan mesin amplas dengan ukuran yang sesuai dengan bidang yang biasa diamplas, jangan sampai membeli mesin amplas berukuran besar dan spesifikasi berat untuk menghaluskan permukaan kayu yang kecil.

Harga Menentukan Kualitas

Selain terdapat berbagai macam pilihan andapun akan menemui harga mesin amplas kayu yang bevariasi dipasaran. Kisaran harganya mulai 200 ribuan hingga 1,5 jutaan, tergantung merk pembuat dan spesifikasi yang dimilikinya.

Tentu saja barang berharga mahal akan memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan yang lebih murah. Terutama dalam hal mesin ini ialah masa pakai atau umur mesin, keluaran merk ternama dengan harga yang tinggi umumnya memiliki masa pakai yang lebih awet.

Namun begitu sesuaikan budget yang anda miliki untuk menentukan mesin amplas yang akan dibeli, jika memiliki dana terbatas memilih mesin dengan harga murah meriah tidak akan menjadi masalah karena dari segi hasil penghalusan tidak akan jauh berbeda.

Ketersediaan Kertas Amplas

Mesin amplas orbital bekerja menghaluskan bahan dengan menggunakan kertas amplas yang dipasang pada bagian bawah mesin. Kertas amplas ini memerlukan penggantian secara rutin jika permukaan kertas sudah licin karena tidak akan dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Yang perlu diperhatikan ialah pastikan ketersediaan kertas amplas di daerah anda bisa didapat dengan mudah. Sebabnya terdapat mesin amplas yang menggunakan kertas amplas biasa dan ada juga mesin yang memerlukan kertas amplas khusus yang dipasangkan dengan sistim velcro yang mesinnya disebut mesin amplas bulat.

Rekomendasi Mesin Amplas Kayu Terbaik 2019

Jika anda masih bingung dalam menentukan pilihan mesin amplas yang akan dibeli, berikut ini adalah rekomendasi dari kami mengenai mesin amplas kayu terbaik yang ada dipasaran saat ini.

Makita BO4556

Rekomendasi pertama untuk mesin amplas kayu yang berkualitas tinggi dan juga banyak dipilih oleh para woodworking di Indonesia ialah keluaran brand asal Jepang Makita dengan salah satu type produknya BO4556.

Mesin ini membutuhkan suplay daya listrik sebesar 200 watt dengan kemampuan getaran permenit hingga 14000 opm (Orbits Per Minute).


Ukuran pad yang dimiliki mesin ini ialah 112 mm x 102 mm, ukuran kertas amplas yang dapat dipasangkan ialah 114 mm x 140 mm. Untuk berat fisik dari mesin ini sekitar 1,5 kg. Harga Makita BO4556 ditawarkan sekitar Rp.900.000 perunitnya.

Maktec MT920

Maktec merupakan merk yang juga dikeluarkan oleh perusahaan Makita Corporation Jepang sehingga dari segi kualitas pastinya tidak perlu diragukan. Meski begitu Maktec dibuat untuk menyasar pasar menengah sehingga harganya lebih terjangkau dari pada merk sebelumnya.

Salah satu type yang kami rekomendasikan yaitu Maktec MT920 karena memiliki harga yang lebih murah yakni sekitar 650 ribuan, dengan spesifikasi yang terbilang mencukupi untuk menangani berbagai pekerjaan penghalusan permukaan kayu.

Memiliki ukuran Pad 112 mm x 102 mm dan menggunakan kertas amplas berukuran 114 mm x 140 mm. Getaran yang dihasilkan mampu mencapai 14000 opm dan menggunakan daya listrik sebesar 180 Watt.

Bosch GSS2300

Bosch adalah sebuah merk asal Jerman yang telah memiliki pengalaman yang lama dalam memproduksi mesin-mesin pertukangan, pada jenis mesin sender salah satu type yang dikeluarkan adalah type GSS2300.

Spesifikasi yang di miliki mesin ini diantaranya mengkonsumsi daya listrik sebesar 190 Watt dengan kemampuan getaran yang dikeluarkan hingga 24000 opm.

Ukuran pad yang di gunakan ialah sebesar 90 mm x 182 mm dan ukuran kertas amplas yang digunakan sebesar 93 mm x 230 mm.

Harga Bosch GSS2300 dipasaran dibandrol sekitar 700 ribuan dengan garansi resmi selama 1 tahun pemakaian.

RYU ROS 13-1A

Brand Ryu di Indonesia termasuk baru namun sebenarnya merk ini telah mulai membuat berbagai tools perkayuan dari 10 tahun kebelakang. RYU adalah merk keluaran dari perusahaan Tekiro yang dibuat di negara China dengan standar kualitas Jepang.

Salah satu jajaran produknya dari mesin sander ialah RYU ROS 13-1A. Memiliki ukuran Pad seluas 90 mm x 187 mm dan ukuran kertas amplas 90 mm x 228 mm.

Mesin ini membutuhkan suplai daya listrik sebesar 180 Watt dan mampu mengeluarkan getaran permenit sebesar 10000 rpm.

Harganya ditawarkan sekitar 350 ribuan. Mesin sender yang satu ini cocok untuk anda yang mencari mesin berharga terjangkau namun dengan kualitas yang mencukupi.

Black & Decker BS200

Selanjutnya mesin amplas kayu terbaik rekomendasi kami yaitu keluaran brand Black & Decker type BS200. Brand yang satu ini berasal dari Amerika dan juga telah banyak mengeluarkan mesin-mesin pertukangan di pasar Indonesia.

Bagi anda yang memiliki budget terbatas mesin sender Black and Decker BS 200 layak menjadi pilihan karena dibandrol hanya sekitar 300 ribuan. Ukuran Pad yang digunakan ialah 110 x 100 mm dan kertas amplas 115 x 140 mm. Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin ini ialah sebesar 180 Watt.

Baca Juga Artikel :

Tips Menggunakan Mesin Amplas Kayu

Untuk cara pemakaian mesin amplas umumnya dalam setiap kemasan telah disertakan informasinya. Sebagai tambahan kami berikan juga beberapa tips penggunaan mesin amplas yang baik dan benar.

Gunakan Alat Keamanan

Biasakan setiap bekerja menggunakan mesin-mesin seperti ini kita harus perhatian keamanan apalagi jika dapat membahayakan penggunanya. Seperti debu-debu berterbangan yang di hasilkan dari gesekan kertas amplas dengan kayu pastinya berefek buruk jika terhirup kedalam tubuh.

Oleh karena itu pada umumnya setiap mesin amplas memiliki lubang untuk penampung debu, gunakan kelengkapan ini agar tidak banyak debu yang tersebar ke udara bebas.

Selain itu pertimbangkan untuk menggunakan peralatan keselamatan kerja seperti kaca mata dan juga masker agar lebih aman.

Amplas Permukaan Kayu Secara Bertahap

Jika permukaan kayu yang akan di amplas terbilang sangat kasar, ada baiknya lakukan penghamplasan menggunakan mesin ini dengan ukuran kertas amplas secara bertahap.

Misalnya gunakan kertas amplas no 200 pada tahap awal, selanjutnya ganti kertas amplas dengan ukuran yang lebih halus seperti no 300. Dengan begitu kerja mesin juga menjadi tidak terlalu berat.

Itulah artikel dari kami mengenai rekomendasi mesin amplas kayu terbaik untuk usaha yang sedang anda jalankan saat ini. Semoga dapat menjadi masukan yang bermanfaat untuk pembaca semuanya.