Merintis Usaha Kuliner

peluang usaha kuliner Potensi kuliner Indonesia sangat banyak dan beragam. Banyaknya suku yang ada di Indonesia membuat negara ini kaya akan kuliner. Berbagai macam kuliner tanah air bukan hanya menyuguhkan rasa yang unik masing-masing daerah namun juga memiliki rasa yang enak. Potensi kuliner yang besar ini layak dijadikan sebuah peluang usaha kuliner untuk menambah penghasilan kita. Usaha kuliner ini selain menambah penghasilan kita juga dalam rangka melestarikan kekayaan kuliner yang ada di negara kita Indonesia.

Sudah banyak warung ataupun restoran yang merintis usaha kuliner dengan membawa kuliner suku tertentu atau daerah tertentu. Selama kuliner yang disajikan unik dan memiliki cita rasa yang enak, semua orang akan menggemari kuliner ini. Bahkan jika warung atau restoran kuliner ini lokasinya berada di daerah pelosok, pelanggan setianya akan tetap mencari dan mendapatkan kuliner tersebut. Inilah kehebatan magis usaha kuliner.

Memilih jenis kuliner

Jenis kuliner yang ada di Indonesia jumlahnya bukan hanya puluhan melainkan ratusan. Tentu ini menjadi masalah bagi kita yang ingin merintis sebuah usaha kuliner mengingat tidak mungkin kita membuka usaha kuliner dengan ratusan jenis masakan. Kita harus jeli melihat peluang sehingga kita mampu memilih kuliner paling berpotensi jual tinggi untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha. Lakukan riset terlebih dahulu yang menunjukkan bahwa kuliner tertentu memiliki daya jual lebih baik ketimbang kuliner lainnya. Biasanya masakan dari Jawa memiliki daya jual lebih baik ketimbang kuliner dari daerah lain. Contohnya saja pecel lele atau nasi tumpeng kuning.

Advertisement

Setelah kita memutuskan kuliner mana yang kita jadikan peluang usaha kuliner, saatnya memutuskan bentuk usaha kuliner kita menggunakan warung atau restoran, ataukah katering dan bisa juga makanan ringan dalam kotak. Sekarang ini masyarakat sangat menggemari warung lesehan yang menyuguhkan kuliner khas kampung ditemani suasana warung yang diatr sedemikian rupa sehingga menyerupai suasana alam di kampung.

Jika modal yang kita miliki belum cukup besar untuk membuat warung atau restoran, maka usaha katering adalah solusinya. Makanan pesan antar ini sekarang sudah banyak dirintis oleh beberapa orang dan terbukti sudah banyak menghasilkan uang tambahan. Promosi cukup dilakukan dari rekomendasi pelanggan, brosur atau bisa juga melalui internet.

 

Usaha Makanan Ringan/ Snack

snackKuliner paling digemari oleh masyarakat adalah makanan ringan. Makanan ringan ini sifatnya tidak mengenyangkan seperti kuliner lain yang sifatnya berat seperti nasi pecel lele atau nasi pecel ayam. Namun kuliner ini banyak disukai karena dapat dijadikan camilan sebelum saatnya makan berat. Makanan ringan yang sangat disukai oleh masyarakat biasanya gorengan  dan kue basah.

Beberapa kuliner gorengan seperti pisang goreng kipas sangat disukai oleh banyak orang. Dan kue basah yang berupa snack box belakangan juga banyak diorder oleh perusahaan-perusahaan untuk memenuhi konsumsi rapat dalam agenda perusahaan. Banyak peluang usaha kuliner yang dapat dirintis untuk dijadikan sebuah usaha.

 

Baca juga artikel Faktor penting menjalankan usaha bisnis makanan dan minuman