Meraup Rupiah Dari Bisnis Papercraft

Jangan berpendapat papercraft di sini serupa dengan kegiatan origami atau melipat kertas yang banyak dari kita pernah melakukannya di tingkatan pendidikan kelas dasar, meski memang kegiatan tersebut juga bisa di katakan dengan kerajinan papercraft. Namun bisnis dari papercraft yang dapat diandalkan untuk meraup keuntungan yang maksud di sini adalah kerajinan tangan dari kertas dengan tingkat yang cukup rumit karena membutuhkan kreatifitas yang tinggi dari sang pembuatnya.

Seperti misalnya miniatur sebuah kota, replika tokoh kartun, robot, kendaraan dan sejenisnya. Kertas di potong sedemikian rupa dilipat hingga di lem hingga membentuk barang yang dimaksud. Kegiatan seperti ini memerlukan kreatifitas dan ketelitian yang tinggi agar hasilnya dapat maksimal.

Memang bisnis kerajinan seperti ini biasanya hanya berlaku bagi mereka yang hobi atau mencintai keterampilan papercraft, bagi anda yang juga memiliki kegemaran yang serupa ada baiknya tingkatkan kemampuan agar hobi yang dijalankan bisa menghasilkan. Pasalnya bisnis papercraft ini selain popuper di negara kita, seniman dari mancanegara pun jumlahnya bisa lebih banyak. Dan kabarnya kualitas buatan seniman lokal pun tidak kalah bersaing dengan mereka.

Bisnis Papercraft

Masalah harga jual untuk sebuah papercraft itu tergantung tingkat kerumitan dan juga keunikan produknya, kisarannya mulai 75 ribuan hingga 250 ribu rupiah. Bahkan untuk produk dengan kualitas istimewa seorang seniman papercaft yang bernama julius pemilik website paper-replika.com pernah menjual hingga diatas $300 untuk sebuah kerajinan miliki nya karena di beli oleh perusahaan besar dari mancanegara.

Selain menjual produknya, bisnis kertas lipat ini juga ada yang menjalankanya sambil menawarkan pelatihan pembuatan kerajinan ini kepada peminat yang sehobi lainnya. Dengan semakin dikenalnya kerajinan papercraft ini membuat cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk mempelajarinya secara lebih serius lagi.

Sebagai bukti bahwa kerajinan papercraft sekarang ini sedang di gemari, bisa tengok saja berbagai komunitas papercraft yang semakin bermunculan. Diantaranya saja yang terbesar ada komunitas peri kertas yang hingga kini anggotanya telah mencapai 12.000 orang yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Dan komunitas tersebut juga cukup aktif menjalankan kegiatan seperti mengadakan pameran, event-event seminar dan workshop juga menyediakan website khusus sebagai wadah para anggotanya untuk memamerkan hasil karyanya.

Baca juga artikel usaha kerajinan tangan dengan modal kecil

Melihat dari bahan bakunya yang hanya berupa secarik kertas, bisnis papercraft ini tentunya memiliki potensi keuntungan yang sangat tinggi mengingat harga kertas yang bisa di katakan sangat murah, sedangkan harga jual produknya bisa jauh berlipat-lipat. Hanya saja pelakunya harus terus mengasah kemampuan dan berinovasi agar bisa terus menghasilkan karya-karya yang unik dan menarik perhatian.

Semoga terinspirasi…