Menjalankan Usaha Dengan Persaingan Yang Sehat

Dalam bisnis, persaingan adalah hal yang wajar. Berbagai pengusaha dengan bisnis yang berbeda – beda berusaha untuk menarik pelanggan agar mendapat keuntungan yang besar.

Dengan banyaknya pengusaha, banyak pula produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Hasilnya persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat ini terkadang menciptakan persaingan yang kurang sehat. Monopoli pasar dan kompetisi dilakukan dengan cara – cara yang tidak sehat. Sehingga dapat menghancurkan kondisi pasar yang tidak baik. Salah satu cara untuk merusak kondisi pasar adalah dengan menawarkan harga yang sangat rendah sehingga harga menjadi tidak stabil.

persaingan usaha

Teknik ini dikenal dengan teknik jual-rugi atau menjual dengan harga dibawah harga produksi. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen. Memang hal ini akan menguntungkan pelanggan. Pelanggan bisa mendapat harga yang jauh lebih murah. Namun teknik ini akan mematikan bisnis perusahaan pesaing. Harga di pasaran pun menjadi tidak stabil.

Advertisement

Di sisi lain, persaingan di dunia bisnis baik untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas pebisnis. Selama persaingan yang dilakukan sehat. Pebisnis akan berlomba – lomba untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Berikut ini kiat – kiat agar bisa sukses dalam menjalankan usaha dengan persaingan yang sehat.

Unik dan inovatif

Bersaing secara sehat bukanlah sekedar dari segi harga kompetitif saja. Tetapi juga dari inovasi. Inovasi akan menghasilkan produk baru yang unik. Produk baru yang unik dapat bersaing di pasaran. Tidak hanya unik, tetapi juga harus berkualitas. Gali lagi hal – hal yang dapat anda kembangkan. Fokuslah pada suatu barang dan jasa. Lakukan modifikasi yang positif terhadap barang tersebut.

Inovasi untuk produk bisa saja dari segi bentuk, ukuran, rasa, fungsional, dan sebagainya. Sebenarnya banyak peluang yang bisa anda kembangkan lagi. Semakin anda kreatif, semakin berkembang usaha anda. Jangan cepat merasa puas dalam menghasilkan produk yang bagus.

Baca juga artikel Menarik Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik

Tepat sasaran

Menentukan target pasar yang jelas adalah hal yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha. Target pasar akan menentukan strategi promosi, harga, dan lokasi. Tetapkan target pasar secara jelas. Kemudian rencanakan strategi promosi,harga, dan pilihlah lokasi yang tepat.