Menjalankan Peluang Usaha Jasa Kurir Dalam Kota

Jasa kurir diawali dengan padatnya arus lalu lintas dalam kota. Hal ini menyebabkan banyak orang yang enggan keluar untuk sekedar makan atau mengantar barang. Jasa kurir hadir untuk membantu dalam mengantarkan barang ke tempat yang dituju. Bagi beberapa orang yang jeli melihat peluang bisnis, jasa kurir ini menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Dalam memulai peluang usaha jasa kurir, terdapat beberapa hal yang perlu anda siapkan.

Sarana Transportasi

Sarana transportasi yang paling cocok untuk jasa kurir dalam kota ini adalah sepeda motor. Sepeda motor dapat dihandalkan pada jalanan yang padat dan macet. Sehingga lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Dari segi biaya operasional termasuk biaya perawatan, sepeda motor juga lebih murah.

Karyawan

Untuk jasa kurir dalam kota, tentunya diperlukan karyawan yang mengetahui seluk beluk kota dengan baik. Karyawan juga harus dapat dipercaya. Karena barang yang diantarkan juga termasuk dokumen penting yang harus dijaga kerahasiaannya.

jasa kurir dalam kota

Selain karyawan untuk mengantarkan barang, siapkan juga staff untuk mengurus administrasi. Staff administrasi dibutuhkan untuk menerima order dari pelanggan dan menerima keluhan dari pelanggan. Sebagai staff administrasi, diperlukan seseorang yang ramah dan sopan serta telaten dan detail.

Advertisement

Media promosi dan layanan

Internet dapat dijadikan salah satu sarana promosi yang baik. Anda juga dapat mempromosikan jasa kurir anda di media social. Promosi yang anda lakukan haruslah sesuai dengan target pasar anda. Jika anda menargetkan karyawan, maka lakukan promosi ke perusahaan – perusahaan. Anda juga dapat menyebarkan selebaran atau brosur sebagai media promosi.

Baca juga artikel Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Usaha Anda

Alat komunikasi

Alat komunikasi dibutuhkan untuk mempermudah operasional usaha jasa kurir anda. Alat komunikasi dibutuhkan untuk menghubungkan antar karyawan ataupun karyawan dengan pelanggan. Telepon seluler dapat menjadi pilihan alat komunikasi yang tepat untuk jasa kurir anda.

Penanganan resiko

Selain mempersiapkan operasional usaha jasa kurir anda, anda juga harus siap dengan kendala dalam operasional. Usaha jasa kurir bukanlah tanpa resiko. Kendala atau resiko yang terjadi bisa terjadi karena faktor cuaca, kecelakaan, atau kepadatan lalu lintas.

Yang harus selalu diperhatikan adalah ketepatan waktu barang sampai di tangan pelanggan. Lebih baik jangan menjanjikan sesuatu yang tidak dapat dipenuhi. Contohnya, janji 30 menit sampai ke alamat. Akan tetapi anda tidak bisa memprediksi secara pasti kondisi jalan dan cuaca. Sehingga tidak bisa dipastikan barang akan sampai tepat pada waktunya.