Menjalankan Peluang Usaha Cuci Mobil Dan Motor

Kendaraan baik itu mobil atau motor yang di pergunakan setiap hari tentu membutuhkan perawatan, salah satunya perawatan kendaraan yang rutin harus di lakukan pemilik kendaraan adalah mencuci kendaraan nya saat kotor.

Ritual mencuci mobil sendiri sebenarnya sederhana namun lumayan memerlukan tenaga dan waktu, untuk orang yang padat kegiatan sehari-harinya tentu itu akan sulit di kerjakan dan juga kegiatan mencuci sendiri kendaraan dirumah tidak akan membersihkan dengan sempurna karena keterbatasan alat yang tersedia di rumah.

Itulah biasanya yang menjadikan alasan mengapa orang mendatangi tempat usaha pencucian mobil dan motor, sebagai solusi untuk orang-orang yang tidak sempat mencuci kendaraan nya sediri dan untuk yang menginginkan kendaraan nya bersih total. Maka dari itu sekarang ini tempat usaha cuci mobil dan motor semakin menjamur, selain usaha ini termasuk yang praktis dijalankan juga usaha ini menjanjikan keuntungan yang besar. Untuk anda yang berminat menjalankan usaha ini berikut kami berikan langkah dan tipsnya.

Persiapan Tempat Usaha

Usaha cuci mobil dan motor memerlukan tempat usaha yang cukup luas, paling tidak sediakan tempat yang bisa menampung minimal 2 mobil dan beberapa unit motor. semakin banyak kendaraan yang bisa di tampung tentu akan lebih baik, akan tetapi anda harus perhitungkan juga ketersedian modal. Usaha mencuci mobil dan motor memerlukan alat pengangkat atau disebut juga hidrolik, gunanya agar bagian bawah atau kolong kendaraan mudah dijangkau, ini sangat penting karena menjadi alasan sebagian konsumen yang ingin kendaraannya bersih total. Lokasi tempat pencucian di usahakan berada di tengah-tengah pemukiman atau yang banyak terdapat komplek-komplek, karena dari situlah pangsa pasar terbesar dalam usaha ini.

Advertisement

Sediakan Peralatan Berkualitas

Yang di perlukan berikutnya adalah peralatan penunjang usaha cuci mobil dan motor, seperti yang sudah di singgung di atas, peralatan utama adalah hidrolik untuk mengangkat kendaraan. Jumlah yang di perlukan tergantung ketersedian modal anda, tentu jika tersedia lebih dari satu unit akan lebih baik, karena berpengaruh kepada kualitas layanan kepada konsumen nantinya, dan juga berpengaruh besar kepada hasil pendapatan yang bisa anda peroleh setiap harinya. Semakin banyak hidrolik seharus nya semakin banyak pula penghasilan yang di dapatkan. Selain hidrolik anda juga masih memerlukan peralatan lainnya seperti : Steam untuk cuci , Vacum Cleaner, Kompresor angin, dan juga peralatan mencuci lainnya.

Persiapan Karayawan Pencuci

Karyawan yang diperlukan untuk usaha ini tergantung kapasitas tampung kendaraan yang bisa di cuci di tempat anda. rata-rata tiap satu kendaraan di kerjakan oleh 2 orang, jadi idealnya anda harus memiliki setidaknya 3 – 6 karyawan untuk menjalankan usaha ini. Tidak ada keterampilan khusus yang di perlukan untuk karyawan, karena umumnya sudah mengerti cara mencuci mobil. Kecuali anda akan menambahkan jasa lainnya yang berhubungan dengan cuci mobil, seperti salon mobil dan menjual aksesoris mobil atau motor.

Usaha pencucian mobil dan motor ini termasuk kedalam kategori usaha kelas menengah karena memerlukan modal yang lumayan besar, setidaknya anda harus mempersiapkan modal sebesar 40 sampai 50 juta untuk kapasitas mencuci dengan 2 hidrolik, itu belum termasuk biaya untuk sewa tempat jika anda belum memilikinya. Untuk meperkirakan keuntungan yang didapat, mudah saja, Rata-rata sekarang ini biaya jasa mencuci mobil adalah 35 ribu, dan untuk motor 7 ribu rupiah. Jika di asumsikan anda kedatangan sedikitnya 10 mobil dan 20 motor perharinya, maka hasil yang didapat adalah 350 ribu dari mobil dan 140 ribu dari motor, sehingga total yang didapat mencapai 490 ribu rupiah perhari, jika di kalikan 1 bulan maka kurang lebih anda akan mendapatkan 12 juta rupiah, itu belum di potong gaji karyawan, listrik, air dan sewa tempat. Baca juga artikel : Peluang Bisnis Usaha Cuci Dan Salon Mobil Panggilan