Menjajaki Peluang Usaha Budidaya Pepaya California

Pepaya telah lama menjadi salah satu buah buahan yang di gemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis banyak di suka siapa saja, dari anak kecil hingga orang dewasa. Di tambah lagi juga pepaya ini meyimpan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bagi yang rutin mengkonsumsinya.

Di luar itu, kepopuleran buah pepaya juga tidak lepas dari harganya yang bisa didapat dengan terjangkau.

Bagi penikmatnya mungkin hanya sedikit saja yang mengetahui tentang berbagai jenis buah pepaya yang sering di konsumsinya. Padahal terdapat cukup beragam jenis-jenis pepaya yang beredar di pasaran saat ini. Dari beberapa jenis pepaya tersebut, salah satu yang menjadi unggulan adalah pepaya california atau nama lainnya adalah pepaya calina.

Budidaya Pepaya California

Mengenal Lebih Dekat Pepaya California

Banyak yang mempercayai bahwa jenis pepaya yang satu ini berasal dari negara Amerika Latin yang kini keberadaannya tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Karakteristik tanaman yang mudah beradaptasi pada berbagai iklim membuatnya dapat tumbuh dengan maksimal di mana saja.

Mendapatkan gelar lebih unggul dari jenis lain, pepaya california ini lebih di sukai karena memiliki daging buah yang lebih tebal, kenyal dan lebih manis. Padahal dari segi fisiknya ukuran pepaya yang satu ini terbilang lebih kecil dan bentuknya lebih lonjong.

Paling mudah membedakannya dengan pepaya lain adalah dengan melihat dari fisiknya ini. Selain ukurannya yang lebih kecil, kulitnya juga terlihat lebih hijau dan merah cerah serta bertekstur halus.

Begitupula bentuk pohon pepaya california ini memiliki perbedaan yang jelas dengan jenis lain, yakni terlihat lebih pendek dan ukurannya kurang dari 2 meter.

Baca juga :

Budidaya Pepaya California Berprosepek Cerah

Karena berbagai kelebihan-kelebihannya tadi, tidak heran jika usaha budidaya pepaya california banyak dipilih diberbagai tempat. Untuk para pembudidaya juga terdapat kelebihan lain yaitu dapat berbuah sepanjang tahun di umur yang relatif muda hanya di sekitar 9 bulanan.

Syarat utama agar tumbuh dengan optimal, perlu dipersiapkan lahan dengan tekstur agak gembur dan dipersiapkan sistim pembuangan air yang baik, karena tanaman ini tidak menyukai tanah yang becek. Perlu di persiapkan juga lahan yang dapat menerima sinar matahari sepanjang hari.

Pemeliharaan tanaman pepaya california pun perlu dilakukan dengan rutin, dengan langkah pemberian pupuk dari mulai saat menanam bibit hingga diumur sekitar 2 bulan lebih, lalu selanjutnya setiap 4 bulan sekali. Dengan cara ini buah pepaya california bisa didapat dengan bobot yang lebih berat serta minim cacat pada kulit luarnya.

Masa panen pertama dari budidaya pepaya california ini umumnya di umur pohon mencapai 8 hingga 9 bulanan. Di masa awalnya ini, buah bisa dipanen hingga periode seminggu sekali. Jika perawatan tetap dilakukan secara maksimal, para pembudidaya berpengalaman mendapati pohon ini dapat berbuah hingga lebih dari 3 tahun.