Menjajaki Peluang Bisnis Pembibitan Tanaman

Dewasa ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan sebuah bisnis, banyak orang berbondongbondong untuk mulai menjalankannya. Salah satu bisnis yang bisa menjadi pilihan di masa kini di bidang pertanian, yaitu bisnis pembibitan tanaman.

Mengapa bisnis ini layak di pilih ? salah satu sebabnya adalah karena dalam bidang pertanian, pembibitan tanaman ini termasuk praktis di jalankan karena tidak begitu memerlukan area lahan yang luas, bahkan adakalanya di jalankan secara rumahan bagi mereka yang memiliki halaman agak luas. Selain itu, bisnis pembibitan juga tidak di terbatasi oleh masa kadaluarsa bahkan semakin besar bibit umumnya harga jual pun menjadi lebih tinggi.

Penyedia bibit tanaman juga berpotensi bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal, hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menjalankan budidaya tanaman baik itu buah, sayur atau yang lainnya, namun masih minim jumlah penyedia bibit yang ada.

Sedangkan dalam setiap produksi budidaya tentunya bibit adalah faktor produksi utamanya. Pelaku budidaya tidak akan pernah dapat membudidayakan tanamannya dan tak akan pernah bisa mulai menanam tanpa adanya bibit. Karena itu ketersediaan bibit sangatlah diperlukan.

Menjajaki Bisnis Pembibitan Tanaman

Beberapa Jenis Usaha Pembibitan Tanaman

Cukup beragam jenis usaha pembibitan yang bisa di jalankan, untuk menentukannya hendaknya memilih jenis tanaman yang paling di butuhkan di wilayah masing-masing ataupun dengan melihat celah dari trend yang sedang berkembang saat ini. Contohnya saja seperti pembibitan tanaman buah-buahan, sayuran, hingga tanaman hias dan bunga yang banyak di perlukan di daerah perkotaan.

Advertisement

Keuntungan yang besar juga akan dapat di raih dengan menyediakan beberapa jenis bibit tanaman yang terbilang unik dan cukup langka di pasaran. Maka jika kita menjadi seorang pembibit tanaman hendaknya harus terus rajin mengumpulkan aneka informasi mengenai jenis-jenis tanaman yang paling potensial dan di butuhkan.

Tips Memulai Usaha Pembibitan Tanaman

Membangun usaha pembibitan sama halnya dengan membangun sebuah kepercayaan, sekali kita dapat memuaskan pelanggan, maka pelanggan tersebut akan loyal dan terus menjadi pelanggan bibit yang kita hasilkan. Karena itu ketika anda memulai bisnis ini, bangunlah terlebih dahulu reputasi dan kepercayaan pelanggan. Bagi anda yang hendak memulainya, berikut ini beberapa tips menjalankannya.

  • Produksi Bibit

Membuka usaha pembibitan tanaman tidak dibutuhkan lahan yang luas, yang dibutuhkan adalah bagaimana kita mau berusaha, bekerja keras, pantang menyerah, dan memiliki kemampuan menghasilkan sebuah bibit unggul yang berkualitas. Ketika hendak menyediakan bibit pertanian, upayakan menyediakan bibit beraneka jenis dengan varietas yang banyak diminati pelaku budidaya di sekitar wilayah anda. Telateni dan produksi bibit tersebut dengan kualitas yang memadai.

  • Kontinuitas Bibit

Kontinuitas atau kelangsungan bibit harus senantiasa dijaga dan bibit yang diminati sebagian besar pelaku budidaya ini harus tersedia terus menerus supaya tidak mengecewakan pelanggan dan pelanggan tetap setia membeli produk bibit yang kita hasilkan.

  • Pemasaran

Sebagai pelaku bisnis pembibitan tanaman, konsep pemasaran harus dipegang. Tanpa konsep pemasaran yang baik maka usaha kita akan sulit berkembang. Upaya yang bisa di lakukan salah satunya dengan merangkul pelanggan atau para petani yang akan menjadi calon konsumen dari bisnis kita. Misalnya saja dengan memberikan edukasi atau pembelajaran mengenai bibit tanaman yang kita jual, hingga membina mereka agar sukses sampai menjual tanamannya kelak.

Semoga Terinspirasi…