Menimbang Untung Rugi Berbisnis Bersama Keluarga

Keluarga adalah mereka yang selalu menemani kita dalam setiap kondisi, dalam kondisi baik maupun buruknya kehidupan. Tak lepas juga dari urusan ekonomi, dimana mereka adalah orang-orang yang selalu memahami dan menerima dampak dari kehidupan ekonomi tulang punggung keluarga.

Menanggapi hal ini, pernahkah anda berfikir untuk menjalankan sebuah bisnis bersama keluarga ? Nampaknya sebelum anda ingin memulai bisnis bersama keluarga, baiknya ketahui untung rugi berbisnis bersama mereka yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut.

Untung Rugi Berbisnis Bersama Keluarga

Beberapa Keuntungan Berbisnis Bersama Keluarga

  1. Lebih mudah sepakat

Karena biasanya dalam satu keluarga memiliki motivasi yang sama ketika menjalankan sebuah bisnis, hal ini juga meminimalisir terjadinya perbedaan tujuan atau motivasi ketika menjalankan bisnis bersama keluarga.

Selain itu, jika memang kadang terjadi sebuah perbedaan pendapat salah satu anggota pasti akan lebih memahami perbedaan tersebut dan mengalah dengan dasar rasa kekeluargaan.

  1. Menambah keakraban

Jaman sekarang, sering kali orang-orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Sehingga waktu untuk berkomunikasi dan menjalin kebersamaan bersama keluarga menjadi berkurang.

Nah dengan menjalankan bisnis bersama keluarga, anda bisa sekaligus memanfaatkannya sebagai sarana memperakrab kekeluargaan. Karena ketika menjalankan  bisnis milik bersama, secara otomatis komunikasi akan lebih intens, ya meskipun hanya membahas tentang pekerjaan.

  1. Lebih memahami karakter

Saat anda menjalankan bisnis bersama keluarga, pastilah karaker sesungguhnya dari anggota keluarga akan nampak. Misalnya, ketika terjadi masalah laporan keuangan, anda bisa melihat bagiamana anggota keluarga menanggapi hal ini. Dari sinilah, anda bisa lebih memahami karakter mereka yang berusaha untuk menyeimbangkan karakter anda denga karakter mereka agar tidak terjadi perpecahan.

Advertisement

Namun selain beberapa keuntungan di atas, terdapat pula kerugian menjalani bisnis bersama keluarga yang juga harus anda pertimbangkan dengan seksama.

Baca juga artikel untung rugi menyewa tempat usaha

Beberapa Kerugian Berbisnis Bersama Keluarga

  1. Perpecahan

Tak jarang sebuah perpecahan dalam keluarga terjadi karena uang. Ya, uang merupakan sebuah benda dimana ketika dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat namun  jika tidak akan menimbulkan perpecahan dimana-mana.

Sama halnya ketika anda menjalani bisnis bersama keluarga dan terjadi sebuah masalah yang bersangkutan dengan keuangan perusahaan, sudah pasti hal itu akan memicu terjadinya perpecahan jika tidak ditangani dengan baik.

Selain itu, perpecahan ketika menjalani bisnis bersama keluarga juga bisa terjadi karena perbedaan pendapat yang memang tidak bisa disatukan.

  1. Resiko rugi besar

Mengapa anda akan memiliki resiko kerugian yang lebih besar ketika menjalani bisnis bersama keluarga ? Sebenarnya teorinya bukanlah jumlah kerugian yang lebih besar, namun dampak yang akan dirasakan dari kerugian tersebutlah yang jauh lebih besar.

Bagaimana tidak, karena bisnis ini didirikan atas modal seluruh anggota keluarga dan dijalankan oleh anggota keluarga, maka apabila terjadi kerugian akan berdampak kepada semua anggota keluarga.

Tentu hal seperti ini tidak akan anda alami ketika menjalani bisnis bersama teman atau orang luar bukan ? Karena hanya anda yang akan menerima dampak buruk tersebut tanpa harus melibatkan anggota keluarga.

  1. Rasa iba yang lebih besar

Ketika anda mengalami sebuah situasi yang sulit dimana salah satu anggota keluarga anda melakukan kesalahan yang menimbulkan kerugian terhadap bisnis anda, biasanya tak akan dipermasalahkan secara lebih lanjut.

Ya, karena ada rasa “tidak apa-apa, toh dia keluarga saya” dalam hati anda. Nah ketika hal itu terjadi sampai beberapa kali bagaimana, apakah tidak beresiko membuat perusahaan atau bisnis anda gulung tikar ?

Dengan mengetahui keuntungan serta kerugian menjalankan bisnis bersama keluarga, diharapkan anda bisa lebih matang dalam memikirkan jadi tidaknya untuk menjalankan bisnis bersama keluarga ini.

Baca juga artikel tips berinvestasi untuk pasangan keluarga muda