Mengulas Potensi Peluang Usaha Toko Aki ( Accu )

Bidang usaha yang berkecimpung di dunia otomotif hampir selalu menawarkan banyak keuntungan yang menggiurkan, mengingat sektor ini pertumbuhannya terbilang pesat beberapa tahun belakangan. Kendaraan-kendaraan baik roda dua atau empat terus bertambah tanpa bisa di bendung, masyarakat terus memimpikan memilki kendaraan sebagai penunjang berbagai kegiatannya sehari-hari.

Karna oleh sebab itu berbagai kebutuhan produk yang menyangkut kendaraan seperti spere part juga permintaannya sangat tinggi. Tidak terkecuali sebagaian diataranya Aki atau Accu yang akan kita bahas prospek peluang usahanya pada artikel kali ini.

Peluang Usaha Toko Aki

Prospek Bisnis Toko Aki

Aki pada sebuah kendaraan menjadi salah satu komponen penting yang harus terus selalu ada dan berkondisi maksimal. Saat komponen ini terhampiri masalah seperti misalnya soak, pemilik kendaraan tidak bisa berbuat banyak selain menggantinya dengan aki yang baru, meski pun pada beberapa kasus aki masih bisa di usahakan bekerja dengan cara di charge atau di strum ulang.

Memang jika di lihat dari daya tahan, accu pada kendaraan baik itu motor ataupun mobil umurnya terbilang panjang, rata-rata mampu bertahan lebih dari satu tahun. Namun oleh sebab populasi kendaraannya yang begitu tinggi maka permintaan untuk setiap harinya pun tidak sedikit.

Terlebih untuk menjalankan bisnis toko aki ini pelaku usahanya juga tidak terlalu di tuntut harus memiliki keahlian alias mudah di jalankan. Tidak seperti bengkel yang perlu adanya ilmu pengetahuan yang mendalam untuk menjalankannya. Bisnis aki ini cukup di jalankan seperti layaknya sebuah toko biasa pada umumnya. Pengeluaran rutin untuk oprasional usahanya pun tidak terlampau banyak macamnya, hanya biaya untuk gaji karyawan, operasional toko seperti listrik, lalu penyediaan stok barang.

Lalu bagaimana dengan modal ? apakah jumlahnya harus besar ? Mungkin bagian ini lah yang akan menjadi sedikit kendala, karena harga per unit aki terbilang cukup tinggi, maka modal pun tentulah harus di sediakan cukup lumayan besar. Jika di perkirakan angkanya berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung skala toko yang akan kita bangun.

Namun tidak perlu khawatir, karena menurut beberapa sumber di internet margin atau keuntungan berbisnis aki cukuplah tinggi, persentasinya berkisar hingga 25% yang bisa dikantongi. Jadi jika diperkirakan toko kita mampu menjual 5 unit saja aki berharga 500 ribuan dalam satu harinya, maka angka keuntungannya bisa lebih dari 500 ribuan di dapatkan.

Baca juga artikel punya hobi otomotif, ini peluang bisnisnya

Tips Menjalankan Usaha Toko Aki

Jika anda ingin menjalankan usaha toko aki ini, terdapat beberapa cara yang bisa di lakukan. Pertama, bisa secara mandiri membangun usaha ini sendiri, atau bisa memilih sistim waralaba toko aki yang banyak di tawarkan sekarang ini. Tentu masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, paling jelasnya terkait modal yang harus di persiapkan, pastinya sistim waralaba akan membutuhkan modal lebih besar karena akan ada biaya royalti untuk sang pemilik merk, tapi tentunya juga akan didukung dengan berbagai support demi memaksimalkannya keberlangsungan usaha.

Akan tetapi untuk kedua sistim usaha diatas, yang paling menentukan berjalannya usaha salah satunya adalah lokasi tempat kita berjualan. Jika kita memilki lokasi yang strategis, bisnis ini akan lebih bisa memberikan keuntungan yang besar.

Sebagai langkah untuk memaksimkan pendapatan, anda bisa lakukan layanan antar jemput pergantian aki langsung ke tempat pembeli atau delivery. Langkah ini akan sangat efektif dalam menjaring konsumen yang saat ini banyak yang mendambakan kemudahan untuk berkegiatan sehari-hari.

Tips berbisnis toko aki selanjutnya, ada baiknya juga jika kita persiapkan hanya stok aki dengan merk-merk populer yang sudah memilki nama yang tenar atau yang banyak di gunakan. Dan karena aki untuk setiap kendaraan memilki spesifikasi yang berbeda-beda, maka perlu juga anda perhatikan populasi kendaraan yang paling banyak digunakan, sediakan stok lebih beragam untuk kendaraan ini.

Tidak kalah penting juga harus sediakan aki untuk motor karena jumlah kendaraan ini lebih berlipat di bandingkan mobil. harapannya penjualan bisa terjadi lebih banyak sehingga perputaran keuanganpun akan bisa lebih cepat di dapatkan.

itulah sedikit ulasan mengenai peluang usaha toko aki yang bisa kami uraikan disini, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Jangan lewatkan juga artikel :