Mengulas Bisnis Perlengkapan Haji dan Umroh

Bagi umat islam menjalankan ibadah haji dan umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat didambakan, pasalnya tidak semua umat muslim dapat dengan mudah menunaikannya.

Kita tahu untuk menunaikan haji dan umroh dibutuhkan sejumlah biaya yang tidak sedikit, sehingga sangat berbahagia untuk mereka yang mampu menjalankannya.

Biaya yang dibutuhkan untuk berangkat haji dan umroh tidak hanya besar untuk biaya perjalanan saja, kebutuhan lainnya yakni mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk beribadah disana juga nilainya tidak sedikit.

Selain itu, diluar biaya yang diperutukan untuk beribadah meski bukan merupakan keperluan utama, biaya membeli aneka oleh-oleh haji sebagai buah tangan untuk para kerabat juga perlu dipersiapkan.

Dari beraneka ragam kebutuhan-kebutuhan tersebut, terbukalah sebuah peluang bisnis yang bisa kita jalankan. Diantaranya saja yang sudah dikenal menguntungkan yaitu bisnis perlengkapan haji dan umroh.

Bagaimana seluk beluk bisnis yang satu ini ? Berikut ini adalah ulasannya.

Bisnis Perlengkapan Haji dan Umroh

Konsumen Terus Meningkat Setiap Tahunnya

Di Indonesia jamaah yang berminat untuk menjalankan ibadah haji jumlahnya sangat banyak, tentu saja demikian pasalnya negara ini menjadi salah satu negara dengan jumlah umat islam yang paling banyak.

Hingga tidak mengherankan jika kuota untuk berangkat haji setiap tahunnya tidak mencukupi. Bahkan antrian untuk berangkat haji saat ini bisa mencapai bertahun-tahun lamanya.

Dari kondisi tersebut kita dapat simpulkan bahwa pangsa pasar konsumen usaha perlengkapan haji sangatlah melimpah dan terus meningkat setiap tahunnya. Meski moment hajian hanya terjadi setiap setahun sekali, namun karena jumlahnya yang membeludak para pelaku bisnis inipun tidak pernah sepi pelanggan.

Memulai Usaha Perlengkapan Haji dan Umroh

Tertarik untuk menjalankan usaha ini ? Beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :


  • Modal

Karena usahanya berbentuk toko retail, sudah pasti kita akan membutuhkan sejumlah modal untuk memulai usaha ini. Diantaranya yang harus dipersiapkan ialah, biaya untuk sewa toko atau tempat usaha, modal untuk pengadaan barang dagangan dan sebagainya.

Mengenai barang dagangan, untuk bisnis seperti ini umumnya barang yang disediakan seperti aneka mukena, sajadah, baju ihram, peci dan sejenisnya.

Selain itu kitapun dapat melengkapi barang jualan dengan aneka macam oleh-oleh haji seperti kurma, air jamjam, kismis, kacang arab, kosmetik arab dan sebagainya. Oleh-oleh haji seperti ini tak kalah banyak peminatnya pasalnya tidak sedikit calon jamaah yang memilih membeli oleh-oleh di tanah air dibanding harus membawanya langsung dari sana.

  • Promosi

Selesai melengkapi barang dagangan, kitapun harus rajin melakukan promosi agar bisnis dapat dikenal secara luas. Salah satu cara promosi yang efektif di jaman sekarang diantaranya adalah berpromosi melalui internet.

Kita bisa manfaatkan beragam media sosial yang saat ini sangat banyak penggunanya untuk menggaet pelanggan baru.

Untuk meningkatkan penjualan kitapun dapat melakukan penjualan secara online baik melalui toko online ataupun dengan berjualan di marketplace.

  • Jalankan Dengan Niat Ibadah

Karena barang yang kita jual adalah berupa perlengkapan untuk beribadah haji dan umroh, akan sangat lebih baik jika selain berniat mendapatkan keuntungan dengan berjualan kitapun selipkan niat untuk membantu kelancaran ibadah pelanggan. Dengan begitu usaha kita menjadi memiliki nilai ibadah.

Beberapa contohnya ialah seperti dengan memberikan harga yang terjangkau, memberikan bantuan packing barang-barang kedalam koper haji dan lain sebagainya.

Baca Juga Peluang Usaha Travel Haji Dan Umroh

Itulah sedikit ulasan kami mengenai bisnis perlengkapan haji dan umroh, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda yang saat ini sedang berencana akan menjalankannya.