Menguak Potensi Bisnis Tepung Mocaf di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai potensi bisnis tepung mocaf di Indonesia, sebelumnya anda perlu mengetahui apa itu tepung mocaf. Tepung mocaf adalah tepung yang terbuat dari singkong, memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tepung terigu. Munculnya tepung mocaf tidak lepas dari banyaknya kebutuhan tepung terigu di Indonesia. Sedangkan gandum yang menjadi bahan baku tepung terigu harus di import dari Negara yang beriklim Subtropis.

Kebutuhan tepung terigu di Indonesia semakin hari semakin meningkat, seiring dengan perkembangan bisnis kuliner yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasarnya. Karakteristik tepung mocaf yang mirip dengan tepung terigu bisa menyubstitusi tepung terigu ke tepung mocaf.

Meskipun tepung mocaf tidak memiliki kandungan glutein, yang merupakan zat makanan yang bisa membuat hasil makanan menjadi kenyal. Jadi untuk olahan-olahan basah, tidak bisa menggunakan tepung mocaf seluruhnya, perlu campuran tepung terigu. Namun untuk olahan kering, seperti kue kering dan makanan lainnya, tepung mocaf bisa digunakan untuk menggunakan tepung terigu.

Menguak Potensi Bisnis Tepung Mocaf di Indonesia

Advertisement

Potensi Besar Bisnis Tepung Mocaf di Indonesia

Tepung mocaf menjadi potensi bisnis yang besar di Indonesia. Karena memang pada dasarnya tepung ini berasal dari bahan baku yang berasal dari Indonesia. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa bisnis tepung mocaf di Indonesia memiliki potensi besar.

  • Bahan Baku Mudah ditemukan

Indonesia memang bukan penghasil gandum, namun Indonesia merupakan Negara yang memiliki berbagai jenis umbi. Salah satunya adalah singkong, untuk menemukan singkong di Indonesia bukanlah hal yang sulit. Bahkan untuk skala besar sekalipun.

Jika anda melakukan bisnis tepung mocaf, anda tidak akan kesulitan mencari bahan baku. Harga bahan baku juga cukup murah, sehingga bisa meminimalisir biaya produksi tepung mocaf itu sendiri.

  • Mampu Bersaing

Seperti yang sudah anda ketahui, tepung terigu saat ini menjadi kebutuhan yang luar biasa untuk masyarakat. Tepung terigu digunakan untuk berbagai olahan makanan, sedangkan harga tpung terigu cukup mahal karena bahan bakunya tidak bisa diproduksi di dalam Negeri.

Bisnis mocaf menjadi sangat potensial karena dari segi rasa, bentuk dan karakteristik tepung mocaf sangat mirip dengan tepung terigu, hanya terdapat sedikit sekali perbedaan. Kemudian harga bahan baku juga sangat murah, hal ini bisa menyaingi dari harga tepung terigu.

Baca juga kuliner kue cubit kembali bangkit

Harga yang lebih murah, sedangkan kualitas hampir sama, membuat bisnis tepung mocaf semakin potensial di Indonesia. Tepung mocaf juga berpeluang masuk ke dalam komoditas ekspor.

Nama tepung mocaf sendiri diambil dari Modified Cassava Flour, proses pembuatan tepung ini juga cukup sederhana dengan memanfaatkan bakteri mikroba. Sehingga biaya produksi bisa diminimalisir karena tidak menggunakan alat khusus.

Demikian adalah ulasan yang sedikit menguak potensi bisnis tepung mocaf di Indonesia.Perlu anda ketahui perkembangan tepung mocaf di Indonesia cukup pesat. Jadilah salah satu diantara orang-orang yang sukses memanfaatkan momen ini.

Baca juga artikel analisa peluang usaha pabrik roti rumahan