Menguak Potensi Bisnis Kerajinan Kulit Di Indonesia

Bisnis kerajinan di Indonesia termasuk salah satu yang pertumbuhannya terbilang pesat dari waktu-kewaktu. Banyak diantara masyarakat kita yang memiliki keteramapilan handal untuk menghasilkan kerajinan yang memukau bahkan hingga mancanegara. Sebut saja seperti kerajinan perak, kuningan, kerajinan kain tenun, batik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karya-karyanya selain dipasarkan di negri sendiri, tidak sedikit juga yang diantaranya telah berhasil menembus ke pasar internasional. Salah satunya juga yaitu kerajinan kulit yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Sebagian dari kerajinan kulit yang cukup dikenal luas adalah pada produk fashion seperti jaket kulit, tas kulit, hingga sendal dan sepatu kulit.

Menguak Potensi Bisnis Kerajinan Kulit Di Indonesia

Paling di kenal untuk produk jaket kulit buatan lokal yaitu dari jawa barat tepatnya di daerah Sukaregang Garut. Bahan baku yang digunakan paling banyak dari bahan kulit sapi, kambing atau domba.

Advertisement

Kualitasnya sendiri jaket buatan Garut ini sudah tidak perlu di ragukan, dapat di sandingkan dengan produk buatan eropa dengan brand terkenal. Dan masih memiliki kelebihan lain yang di miliki yakni harganya yang jauh lebih murah. Jika di bandingkan, produk jaket buatan luar negri rata-rata bandrolnya mencapai hingga di atas 5 juta rupiah, sedangkan jaket kulit buatan Sukaregang dengan kualitas yang hampir sama hanya di hargai 600 ribu sampai 1,5 juta rupiah.

Selain produknya, Bahan kulit buatan daerah ini juga telah di percaya memiliki kualitas yang istimewa dari mancanegara. Sehingga tidak sedikit juga bahan kulit buatan kita yang di ekspor kesana.

Begitupun untuk produk tas dan sepatu kulit hasil buatan brand lokal, sudah cukup banyak jumlahnya yang telah berhasil hingga menembus pasar luar negri. Sebagian yang paling di kenal juga terdapat di propinsi Jawa Barat tepatnya di daerah Cibaduyut Bandung.

Daerah ini telah lama menjadi sentra pusat kerajinan dan perdagangan sepatu, tas, sendal, hingga ikat pinggang dari kulit. Dan seiring waktu terus bermunculan para pebisnis baru yang menciptakan produk sepatu kulit handmade berkualitas lainnya.

Melihat beberapa fakta tadi, bisnis kerajinan dari kulit potensinya sungguh besar untuk di kembangkan lagi. Cukup banyak tenaga-tenaga sumberdaya yang berkualitas dan memiliki skill yang memupuni untuk menghasilkan produk unggulan dari kulit.

Baca juga artikel cara bisnis sepatu dengan mudah dan menguntungkan

Meski begitu, bukannya tidak ada kendala yang harus di atasi pada sektor bisnis ini. Salah satunya yang biasa dihadapi adalah keterbatasan bahan baku kulit asli yang kurang mencukupi.

Semoga bermanfaat…