Mengintip Potensi Peluang Usaha Budidaya Anggur Brazil

Mungkin ada dari sebagian pembaca merasa baru mendengar nama buah anggur brazil ini, wajar saja karena memang buah yang berasal luar negri ini masih terhitung sangat jarang yang membudidayakannya. Padahal jika kita intip lebih jauh, harga jual dari anggur Brazil ini sangat tinggi di pasaran, terhitung harganya berada di sekitar 100 ribu rupiahan untuk setiap kilogaramnya.

Sedangkan untuk menjalankan usaha budidaya anggur brazil atau ada juga yang menyebutnya kupalanda ini, termasuk kedalam kategori yang tidak terlalu sulit dijalankan. Pasalnya tanaman ini disebut-sebut banyak memiliki kelebihan terutama dalam hal perawatannya karena termasuk kedalam tanaman yang tahan terhadap hama penyakit.

Ditambah juga dengan kemampuannya yang dapat di panen dalam waktu yang sangat panjang. Sebagai contoh pohon anggur brazil yang ada di kota Bogor tepatnya di lokasi Kebun Raya Cibodas di perkirakan umurnya sudah ratusan tahun namun hingga kini masih bisa hidup dan terus berbuah.

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Anggur Brazil

Jika dengan tanaman anggur biasa yang sudah banyak kita ketahui dan beredar sekarang ini, anggur Brazil memiliki banyak perbedaan. Tampak dari jenis tanamannya saja sudah berbeda signifikan, anggur yang biasa kita kenal adalah jenis tanaman merambat, sedangkan anggur yang satu ini jenisnya berupa pohon yang berdiri tegak.

Bagaimana dengan rasanya ? disinilah letak keunikan dari anggur Brazil ini. Tampilan buah yang akan mulai matang dimulai dari warna hijau lalu berubah kehitaman lalu terahir kemerahan. Selama proses perubahan warna tersebut, anggur Brazil ini memiliki rasa yang berbeda-beda jika kita cicipi, dari seperti rasa jambu biji, markisa, manggis dan jika sudah matang sempurna memiliki rasa yang khas dengan aroma yang harum.

Pohon anggur brazil dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 5 hingga 8 meter tergantung dari kecocokan daerah tanam. Meski begitu buah ini juga dapat tumbuh subur di berbagai daerah yang ada di Indonesia baik di dataran tinggi atau pun dataran rendah.

Baca juga potensi pasar usaha budidaya jagung

Potensi Bisnis Anggur Brazil

Melihat beberapa kelebihan serta keunikan paparan anggur brazil di atas, terlihat jelas bahwa potensi bisnis budidaya buah ini bukan tidak mungkin akan terus meningkat. Mengingat saat ini belum begitu banyak pelakunya, maka kita bisa berupaya memulai membudidayakan atau pun membesarkan pohon ini terlebih jika memiliki lahan yang belum di garap. Dengan harapan nanti kedepan, kita sudah siap meladeni permintaan konsumen yang  meningkat.

Sebagai gambaran, selain di konsumsi langsung buah anggur brazil ini juga dapat di serap industri wine, sirup hingga selai. Dengan beberapa kelebihan yang di milikinya seperti waktu fermentasi yang bisa didapat dengan lebih cepat maka buah ini bisa menjadi alternatif lain dari anggur biasa pada umumnya.

Selain itu pada sisi lainnya, anggur brazil ini juga sudah ada yang menanamnya dengan tujuan sebagai tanaman hias yang banyak penggemarnya. Yaitu di tanam dengan teknik pengerdilan atau istilahnya di bonsai, karena ketersediannya yang masih langka, bonsai anggur brazil ini pun di kategorikan kedalam bonsai berkelas dan tentunya memilki harga jual yang tidak murah.

Semoga Bermanfaat…

Baca juga artikel peluang usaha dan cara budidaya buah naga