Menghitung Modal Dan Keuntungan Usaha Fried Chicken

Tentu pembaca semua sudah sering menemui jenis usaha fried chicken atau ayam crispy ini di berbagai tempat, memang bisnis ini sedang di gandrungi di mana-mana, baik di daerah maupun di perkotaan. Kuliner yang populer lewat berbagai restoran fast food terkenal kelas dunia seperti KFC, CFC, McDonald dan sebagainya ini, kini di modifikasi sedemikian rupa agar harganya terjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Jika dahulu saat kita ingin menikmati fried chicken ini perlu merogoh kocek yang cukup dalam, karena memang hanya tersedia di restoran-restoran ternama seperti di atas, kini tidak lagi…, di banyak tempat dari mulai pinggir jalan, para pedagang fried chicken kelas grobakan pun sudah pandai membuatnya dengan bandrol harga yang pastinya tidak memberatkan siapa saja.

Meski tentu saja dari segi citarasa dan kualitasnya bisa di katakan berbeda, namun racikan fried chicken ala pedagang ini tetap di minati masyarakat.

modal Usaha Fried Chicken

Modal Menjalankan Usaha Fried Chicken

Tertarik ingin menggeluti bisnis ini, sebenarnya tidak begitu rumit untuk memulainya karena memang fried chicken ini termasuk simple cara pemasakannya. Bahan utamanya berupa ayam hanya di lumuri oleh racikan tepung khusus lalu di goreng dengan suhu yang pas, dan selasai…

Karena pengolahannya yang simple juga membuat kebutuhan modal untuk menjalankan usaha ini terbilang ringan, untuk kelas gerobakan modal 3 hingga 10 juta saja sudah bisa mulai berjualan. Terkecuali jika anda bermaksud membuka usaha ini dengan konsep restoran, tentunya biaya modal untuk menyediakan sarana berjualan menjadi lebih besar.

Terlebih sekarang model usaha fried chicken murah ini juga banyak yang menawarkannya dengan sistim franchise atau waralaba. Segala keperluan dari mulai grobak atau booth untuk berjualan hingga bahan baku berupa racikan tepung khusus serta berbagai perangkat memasak komplit sudah di siapkan, kita hanya tinggal menyiapkan tempat berjualan.

Baca juga peluang usaha 2016 yang berpotensi menguntungkan

Analisa Keuntungan Usaha

Sebelum memulai usahanya anda ingin mengetahui potensi keuntungan dari setiap potong ayam fried chicken yang terjual ? berikut mari kita analisa bersama mengenai keuntungan dari usaha ini.

Di mulai dari bahan baku utama berupa ayam, umumnya untuk satu ekor ayam ini bisa di bagi menjadi 8 potongan atau bahkan lebih. Jika 1 ekor ayam kita ambil rata-rata berharga 28.000 rupiah, artinya untuk setiap potong jika di bagi 8 modalnya adalah 3.500 rupiah per potong.

Selanjutnya bumbu tepung racikan, di pasaran harga sekarang ini untuk tepung racikan khusus untuk fried chicken ini berkisar 3000 rupiah untuk kurang lebih bisa di gunakan pada satu ekor ayam. Itu berarti tidak sampai 500 rupiah untuk setiap potongnya.

Agar memudahkan taruh lah modal setiap potong ayam ini kita bulatkan menjadi 5000 rupiah dengan biaya untuk minyak goreng, sauce tomat, sambal dan sebagainya, meski mungkin saja biaya tersebut masih bisa kita tekan agar lebih hemat.

Baca juga artikel inspirasi strategi bisnis kuliner dari restoran cepat saji kfc

Lalu berapa harga jual…, di pasaran sekarang ini harga satu potong ayam fried chicken rata-rata berkisar mulai 8 atau 9 ribuan per potongnya, artinya dari angka ini keuntungan yang bisa kita dapatkan minimal 3000 rupiah perpotongnya. Namun di luar itu ada juga pedagang yang mampu menjual ayam crispy ini dengan harga di bawah harga tadi, yaitu berkisar sekitar 6 ribuan. Yang membedakan utamanya adalah segi potongan pembagian dari satu ekor ayam yang di jadikan 12 potong fried chicken.

Dari angka taksiran keuntungan di atas, tentunya kita bisa memperkirakan jumlah profit yang bisa di hasilkan dari usaha fried chicken ini.

Baca juga artikel peluang usaha jualan nasi goreng