Menghitung Modal Dan Keuntungan Peluang Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor tentunya masih bisa memberikan peluang untuk menghasilkan keuntungan, bagaimana tidak jumlah sepedah motor yang terus bertambah dari waktu ke waktu membuat jumlahnya hingga kini semakin banyak. Tidak hanya di perkotaan, begitupun di daerah dan pedesaan motor menjadi transportasi primadona yang di pilih masyarakat.

Secara otomatis karena jumlahnya yang semakin banyak, kebutuhan akan jasa cuci motor ini pastinya terus meningkat. Maka tidak heran dari sekian banyak usaha cuci motor yang ada sekarang ini jarang ada yang kekurangan pelanggan.

Lalu pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah seberapa besar modal yang di butuhkan untuk membuka usaha cuci motor ini dan berapa besar juga perkiraan jumlah keuntungan yang bisa di dapatkan. jika sudah tidak sabar ingin mengetahuinya, langsung saja jika analisa bersama.

Modal Usaha Cuci Motor

Modal yang akan kita hitung di sini tidak termasuk dengan kebutuhan tempat usaha. Untuk tempat ini bisa kita perkirakan sendiri biayanya, baik itu dimiliki dengan cara mengontrak tempat ataupun properti milik sendiri.

Paling awal kita hitung biaya modal untuk pengadaan modal peralatan yang di butuhkan, tentu saja yang harus tersedia adalah steam cuci motor untuk menyemprotkan air dengan tekanan tinggi. Namun untuk lebih praktisnya, kitapun bisa memilih sistim paket peralatan cuci motor yang saat ini sudah banyak yang menawarkan. Kisaran harga di mulai dari 5 jutaan per unitnya, yang sudah berisikan lengkap mulai dari steam, kompresor angin, sprayer, selang high pressure, hingga shampo snow washnya.

Menghitung Modal Dan Keuntungan Peluang Usaha Cuci Motor

Umumnya yang di jual terpisah adalah single post lift atau yang kita kenal juga dengan hidrolik, fungsinya adalah untuk mengangkat sepeda motor agar bagian bawahnya dapat di bersihkan dengan tuntas. kisaran harganya cukup tingga yaitu berkisar 7 jutaan untuk setiap unitnya.

Untuk hidrolik ini sifatnya bisa di katakan optional atau tambahan, artinya kita boleh menyediakannya ataupun tidak. Pasalnya saat ini juga tidak terlalu banyak usaha cuci motor yang memiliki hidrolik ini, karena fungsinya bisa di gantikan dengan membuat lantai tanjakan yang juga akan bisa mempermudah mencuci bagian bawah sepeda motor.

Perkiraan Keuntungan

Saat ini harga untuk jasa cuci motor rata-rata berkisar 7 ribu rupiahan untuk setiap motornya, jika kita hitung dalam satu hari dengan memiliki satu orang karyawan kita sanggup menerima pelanggan hingga 20 motor saja, maka angka 140 ribu rupiah pun bisa di dapatkan.

Tentunya jumlah yang didapat tersebut belum di kurangi lagi untuk biaya gaji karyawan dan pengeluaran listrik, air dan sebagainya. Untuk biaya tersebut jika kita persiapkan 50% nya berarti keuntungan bersih yang didapat adalah 70 ribu rupiah perharinya.

Jika di rata-ratakan dalam satu bulan (25 hari ), maka perkiraan total keuntungannya adalah Rp. 1.750.000. Itu berarti dengan modal awal yang kita keluarkan, tidak hingga satu tahun akan bisa kembali modal.

Tips Menjalankan Usaha Cuci Motor

Perhitungan diatas tentunya hanya berupa perkiraan saja, pada kenyataannya bisa saja mendapatkan angka yang lebih besar atau sebaliknya. Yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pendapatan diantaranya adalah dengan memilih lokasi usaha yang strategis yaitu daerah yang banyak di lalui pengendara motor, seperti di daerah komplek perumahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Setelah lokasi strategis kita miliki kita pun bisa mengupayakan memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan, agar mereka tertarik untuk kembali memakai jasa kita.

Semoga sukses…

Baca juga artikel cuci mobil tanpa air peluang usaha baru yang menjanjikan