Cara Jitu Menghemat Biaya Pernikahan

Acara pernikahan merupakan sebuah acara istimewa bagi setiap orang, oleh karenanya acara ini seringkali dibuat sangat meriah dan tentunya membutuhkan biaya yang melimpah.

Namun begitu perlu di ingat, pesta pernikahan hanya berlangsung satu hari saja.

Selanjutnya anda dan pasangan akan menghadapi hari-hari yang panjang dan membutuhkan sumber penghasilan untuk biaya sehari-hari.

Jangan sampai pesta pernikahan yang di gelar justru membuat kondisi keuangan kedepan menjadi sulit.

Ada baiknya jika sebelum melakukan acara pernikahan kita perhitungkan biaya dengan bijak, jangan terlalu memaksakan kehendak demi mempersiapkan keuangan di hari selanjutnya.

Berikut ini sedikit masukan, beberapa cara menghemat biaya pernikahan yang bisa diterapkan.

Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Gelar Acara di Tempat Berbiaya Murah

Menyewa gedung atau tempat khusus untuk menggelar acara pernikahan memang sudah lumrah dilakukan dijaman sekarang.

Umumnya sewa tempat tersebut juga memakan biaya cukup mahal dengan waktu penggunaan cukup singkat.

Biaya paling murah untuk tempat tentunya menggelar acara pernikahan di rumah saja, dengan dekorasi yang maksimal rumah pun dapat dirubah menjadi tempat pernikahaan yang layak.

Alternatif lain yaitu dengan menyewa tempat berkonsep outdor seperti taman, pekarangan atau sisi kolam renang.

Menggandeng Teman untuk Jasa Fotografi dan Make Up

Kedua keterampilan tersebut umumnya banyak dimiliki banyak orang, meski mungkin tidak semahir layanan dari profesional.

Kita bisa mencari rekan, teman atau pun saudara yang memiliki sedikit pengalaman dalam bidang fotografi dan make up dan mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari agar dapat mempersiapkan diri.

Dengan begitu biaya untuk kedua layanan tersebut dapat di hemat dibandingkan dengan menggunakan jasa orang lain.

Memangkas Tamu Undangan

Karena dalam rangka menghemat biaya pernikahan, maka jumlah undangan bisa menjadi salah satu yang dapat di kurangi agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.


Dengan memangkas jumlah undangan yang datang kita dapat menghemat pada sisi jumlah porsi makanan yang perlu dihidangkan, jumlah souvenir yang perlu diberikan dan sebagainya.

Prioritaskan undangan untuk saudara, rekan dan teman terdekat terlebih dahulu.

Menggunakan Undangan Online

Jika dahulu undangan untuk acara-acara pernikahan dan lainnya tidak ada pilihan lain selain menggunakan undangan fisik, sekarang tidak lagi.

Pasalnya di internet dapat dengan mudah kita temui situs untuk membuat undangan online sekaligus menyebarkannya ke segala perangkat online seperti komputer, tablet dan tentunya ponsel pintar.

Dengan menggunakan undangan online tentunya biaya yang perlu dikeluarkan akan jauh lebih kecil bahkan gratis karena tidak perlu mencetak secara fisik.

Meski begitu kita mungkin tetap harus membuat undangan fisik untuk beberapa tamu undangan yang sangat dihormati.

Membuat Souvenir Sendiri

Souvenir pada dasarnya hanyalah sebuah cinderamata yang tidak harus mewah dan berharga mahal, fungsinya hanya sebagai pengingat bahwa kita telah melangsungkan pernikahan.

Oleh karena itu untuk menyediakannya kita pun bisa mempersiapkannya sendiri dengan membuat souvenir yang sederhana.

Manfaatkan kreatifitas dan keterampilan tangan untuk membuatnya sejak jauh-jauh hari, dengan mencari ide lewat internet.

Menghemat Biaya Catering dan Dekorasi

Catering dan dekorasi seringkali membutuhkan biaya yang paling besar dalam melangsungkan acara pernikahan.

Namun bukan berarti ini tidak lagi bisa diperkecil, umumnya penyedia jasa untuk kebutuhan ini pun memiliki alternatif paket hemat berbiaya terjangkau untuk dipilih.

Adabaiknya memilih hidangan catering dengan menu masakan sederhana yang diperkirakan layak untuk menu acara pernikahan, begitu pula untuk dekorasi cukup minimalis agar tempat terlihat rapi.

Baca Juga Artikel :

Dapat menggelar acara pernikahan yang serba mewah dengan memaksakan keuangan kritis bahkan hingga berhutang tentunya sangat tidak sepadan dengan kerugian yang harus ditanggung setelahnya.

Lebih baik menggelar acara pernikahan sesuai kemampuan dan selanjutnya anda bersama pasangan dapat menjalankan kehidupan tanpa beban keuangan.