Mau Menghemat Biaya Mudik, Begini Caranya

Mudik sudah menjadi tradisi rutin tersendiri bagi banyak masyarakat Indonesia, setiap tahun di penghujung bulan ramadhan atau menjelang hari raya idul fitri berbondong-bondong orang yang merantau kembali menuju kampung halaman untuk bertemu sanak saudaranya.

Bagi mereka yang memiliki kampung berjarak cukup jauh, soal biaya mudik mungkin bisa menjadi beban tersendiri.

Belum lagi pulang ke kampung halaman tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk di bagikan di sana.

Sedikit tips dari kami mengenai bagaimana caranya menghemat biaya mudik berikut ini semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat.

Menghemat Biaya Mudik

Manfaatkan Internet Untuk Membandingkan Harga Tiket

Sekarang sudah jamannya serba menggunakan internet, tidak terkecuali untuk keperluan membeli tiket perjalanan.

Hal tersebut membawa sisi positif untuk para konsumen, salah satunya kita dapat dengan mudah membandingkan harga antara para penyedia layanan pembelian tiket perjalanan.

Beragam situs hingga aplikasi penjualan tiket dapat kita temui lewat internet, tak perlu lagi repot harus mengunjungi tempatnya secara langsung sehingga dapat dengan mudah kita mendapatkan harga tiket termurah.

Memesan Tiket di Saat Promo

Karena semakin banyaknya bermunculan perusahaan-perusahaan yang menyediakan penjualan tiket perjalanan, sudah pasti mau tidak mau mereka pun akan saling bersaing demi mendapatkan pelanggan.

Salah satu yang lazim ditawarkan adalah potongan harga atau promo tiket murah yang dapat signifikan memangkas biaya mudik menjadi lebih hemat.

Umumnya program promo seperti ini mereka tawarkan pada sejak jauh hari sebelum musim mudik lebaran.

Ditambah karena ketersediaan tiket yang semakin menipis menuju musim mudik, tak jarang harga pun akan melonjak menjadi lebih tinggi dibanding di awal.


Mengikuti Program Mudik Gratis

Tiada yang lebih hemat lagi selain beruntung mendapatkan program mudik gratis, namun tentu saja program seperti ini sangatlah terbatas sehingga tidak mungkin dapat di nikmati semua orang.

Di musim mudik sering kali berbagai perusahaan mengadakan program mudik gratis yang di tawarkan untuk masyarakat dengan ketentuan tertentu.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba berupaya untuk mengajukan mendapatkan program-program tersebut.

Mempersiapkan Perbekalan Untuk di Perjalanan

Menempuh perjalanan dengan jarak yang cukup jauh pastinya membutuhkan biaya khusus untuk bekal di perjalanan, seperti makan atau membeli jajanan.

Alangkah baiknya untuk menghindari besarnya pengeluaran kita mempersiapkan dari rumah berbagai kebutuhan sebagai bekal di perjalanan.

Pasalnya sudah bukan rahasia lagi para pedagang yang menjajakan kebutuhan pemudik di musim seperti ini mereka menerapkan harga yang lebih tinggi dari pada hari biasa.

Patungan Dengan Teman Untuk Kebutuhan Bersama

Beberapa biaya kebutuhan tertentu yang memungkinkan dapat di gunakan secara bersama-sama dengan teman atau saudara akan jauh lebih hemat jika di biayai secara patungan.

Misalnya saja untuk keperluaan penyewaan kendaraan atau mungkin biaya menginap bagi mereka yang akan menempuh perjalanan mudik lebih dari satu hari.

Sebaiknya rencanakan perjalanan bersama seperti ini sejak jauh-jauh hari sebelum waktu mudik agar masing-masing peserta dapat mempersiapkan diri.

Memilih Perjalanan Di Luar Masa Puncak Arus Mudik

Jika memungkinkan memilih waktu perjalanan diluar masa puncak arus mudik dapat membantu kita lebih menghemat biaya. Pasalnya kepadatan yang sangat tinggi di daerah lalu lintas jalur mudik sudah pasti terjadi di waktu puncak arus mudik.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sudah pasti biaya bahan bakar akan lebih membengkak dikerenakan kemacetan yang terjadi.

Sedangkan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum pun setidaknya harus mempersiapkan tenaga dan biaya ekstra untuk perbekalan menempuh kemacetan.

Baca Juga Peluang Usaha Di Musim Mudik Lebaran

Itulah beberapa tips dari kami mengenai cara menghemat biaya mudik. Satu lagi yang perlu anda perhatikan, tetap selalu utamakan keamanan, keselamatan dan menjaga kesehatan dalam menempuh perjalanan agar dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Semoga Bermanfaat…